Adanya keputusan untuk menerapkan remote working ketika new normal membawa dampak signifikan pada efisiensi kerja karyawan dan pemantauan kehadiran karyawan. Perusahaan tak perlu khawatir untuk monitoring jam kerja karyawan karena sekarang sudah ada bantuan perangkat lunak khusus untuk mencatat, menyimpan, dan mengelola data kehadiran karyawan atau yang lebih dikenal sebagai attendance software.

Kehadiran karyawan ketika working from office atau working from home tak lagi diragukan. Hal ini tidak terjadi jika perusahaan masih menggunakan cara lama seperti mesin fingerprint atau dengan mesin ceklok.

Baca Juga: 4 Contoh Laporan HRD Excel yang Wajib Anda Tahu

Dengan attendance software memberikan banyak manfaat bagi HRD dan karyawan perusahaan. Salah satu contohnya adalah membantu untuk memproses data kehadiran yang masuk, merangkai data menjadi laporan, dan mengintegrasikan dengan beberapa proses lain yang dibutuhkan HRD untuk laporan payroll, cuti, monitoring, dll. HRD akan memiliki informasi kehadiran karyawan serta data lain yang dibutuhkan dengan lebih akurat dan cepat.

Hadirr merupakan attendance software yang didukung dengan teknologi terbaru menggunakan cloud yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi absensi online terbaik yang sudah banyak membantu perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawannya.

Lebih dari itu, Hadirr mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh HRD untuk dapat menjalankan HRIS (Human Resource Information System) dengan lebih baik dan efisien. Selengkapnya, berikut ini adalah beberapa alasan memilih Hadirr sebagai pilihan attendance software terbaik bagi perusahaan Anda. 

Alasan Memilih Attendance Software Terbaik di Indonesia

Memudahkan pemantauan kinerja bagi HRD dan karyawan

Cara bekerja yang berubah-ubah menuntut perusahaan harus memiliki sebuah attendance management system yang terpercaya untuk merekam kehadiran karyawan. HRD akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan data kehadiran secara real time karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja karena proses pengumpulan data kehadiran dapat dilakukan secara otomatis dan sangat user friendly.

Kehadiran karyawan adalah salah satu indikator penting untuk mengetahui kinerja dan mengukur kontribusi karyawan pada perusahaan. Tak kalah penting, gaji yang harus dibayarkan setiap bulannya juga mengacu pada jumlah kehadiran karyawan di kantor. Sayangnya, jumlah karyawan yang tidak sedikit dan jenis karyawan yang terus berganti dapat membuat divisi HRD kesulitan untuk memantau kehadiran secara manual.

Hadirr dapat mengelola kehadiran online karyawannya yang bekerja dari mana saja. Sistem aplikasi untuk absen online dari Hadirr tak hanya dapat mengakomodasi karyawan WFH tetapi juga karyawan yang sedang melakukan business trip. 

Adanya integrasi sistem yang fleksibel

Ada banyak keperluan HRD yang berkaitan dengan absensi karyawan seperti pengaturan shift kerja karyawan, penggajian, perhitungan upah lembur, BPJS, PPh 21/26, penilaian kinerja, pengajuan cuti, dan lain-lain. Pencatatan secara manual akan membebani tim HRD dan memungkinkan terjadinya human error yang mengakibatkan kesalahan fatal.

Software absensi karyawan terintegrasi dengan software payroll Gadjian yang dapat mengelola dan mengintegrasikan data kehadiran karyawan dengan sistem yang berkaitan dengan kebutuhan HRD seperti di atas. Tak hanya HRD tetapi juga karyawan yang dimudahkan karena tak perlu membuat dokumen seperti slip gaji atau surat izin cuti hanya untuk mendapatkan persetujuan dari atasan.

Sistem yang terintegrasi secara online dan dukungan cloud based server membuat HRD fleksibel untuk mengakses data kehadiran karyawan di mana dan kapan saja melalui perangkat apa pun selama masih terkoneksi dengan internet. Pemilik perusahaan pun juga memiliki akses untuk melihat perkembangan kinerja karyawannya sehari-hari. Dengan demikian, kebutuhan akan data yang akurat, cepat, dan tepat mengenai kehadiran dapat terpenuhi menggunakan aplikasi berbasis cloud seperti Hadirr & Gadjian.

Minimalisir kesalahan data dan salah hitung upah

Selain attendance app, perusahaan juga harus dapat memfasilitasi karyawannya bekerja dari manapun dan berkolaborasi dengan karyawan lainnya. Kebutuhan fitur timesheet yang dapat memonitor produktivitas waktu kerja pastinya dibutuhkan perusahaan dalam memantau waktu yang dihabiskan karyawan dalam mengerjakan tugas kantor dan durasi waktu pengerjaannya. Hadirr yang terintegrasi dengan Gadjian dapat menghitung kompensasi seperti karyawan dengan sistem upah per hari atau per proyek.

Kompensasi upah tambahan diluar gaji pokok juga diberikan perusahaan contohnya seperti tunjangan makan dan lembur. Biasanya upah tambahan tersebut dihitung berdasarkan standar waktu kerja yang dialokasikan karyawan.

Sayangnya, kesalahan perhitungan sering kali terjadi karena human error ketika melakukan rekap absensi karyawan secara manual. Padahal kesalahan seperti ini dapat dikurangi jika Anda beralih menggunakan sistem absensi online Hadirr & software Gadjian yang memanfaatkan database server cloud untuk penyimpanan seluruh data kehadiran karyawan.

Baca Juga: Pentingkah Aplikasi Kunjungan Sales Bagi Perusahaan?

Aman dan minim manipulasi

Selain itu, Hadirr menggunakan aplikasi absensi dengan swafoto yang dapat diakses melalui smartphone karyawan. Hal ini juga akan melindungi karyawan karena mengurangi risiko penularan penyakit karena kontak erat. Selain aman dari segi kesehatan, aplikasi absensi online ini lebih aman dan minim kecurangan. Kehadiran online karyawan tercatat menggunakan selfie dan divalidasi menggunakan teknologi biometrik face recognition.

Selain itu, HRD juga dapat mengecek lokasinya menggunakan teknologi global positioning system (GPS). Seluruh data karyawan, komponen kehadiran, dan foto-foto absensi sudah terenkripsi dengan aman dan back-up datanya juga tersimpan dalam beberapa server. 

Hemat biaya operasional dan menguntungkan perusahaan

Perusahaan dapat menghemat bujet operasional kantor dengan memilih Hadirr sebagai aplikasi absen online karyawannya. Tak ada pengeluaran dana tambahan untuk perawatan seperti; biaya pemasangan software, biaya upgrade untuk mendapatkan sistem terbaru, biaya pihak ketiga dalam pembelian lisensi, dan lain-lain. HRD juga akan dimudahkan melakukan monitoring pekerjaan karyawan karena kecurangan dapat diminimalisir.

Adanya produktivitas yang meningkat, hemat waktu dan biaya, dan juga sistem pembayaran yang menggunakan skema pay per use akan membuat perusahaan dapat mencapai return of investment lebih cepat.

Hadirr, Software Kehadiran Terbaik dan Tepercaya

Hadirr adalah aplikasi absensi online terbaik yang sudah banyak membantu perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawannya. Lebih dari itu, Hadirr mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh HRD untuk dapat bekerja dengan lebih baik dan efisien.

Penggunaan software absensi online akan membantu keperluan administrasi karyawan secara digital. Hal ini sangat memudahkan karyawan karena hemat waktu dan bisa fokus pada jobdesk. Meningkatnya produktivitas menjadi target semua perusahaan agar bisnis dapat terus berkembang. Sudah lebih dari 1.000 perusahaan yang menggunakan Hadirr sebagai software absensi karyawan.

Baca Juga: Software Absensi Online, Solusi Tepat Pantau Jam Kerja Karyawan

Skema pembiayaan yang ditawarkan Hadirr juga menyesuaikan dengan jumlah karyawan yang ada di perusahaan sehingga lebih ekonomis bagi perusahaan. Hadirr, sebuah solusi aplikasi absensi online terbaik untuk perusahaan dan karyawan yang dapat Anda coba. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr