Apakah Anda adalah seorang karyawan atau pemilik perusahaan?

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan beragam sistem absensi seperti menggunakan id-card, fingerprint atau dengan mencatatkan nama dan membubuhkan paraf pada kertas form kehadiran.

Sayangnya, deretan metode absensi tersebut masih memiliki sejumlah kekurangan, seperti rawan terhadap kecurangan, tidak efisien waktu dalam perekapan dan juga tidak efisien dalam biaya pengadaan hingga pemeliharaan.

Baca Juga: Solusi Digital HR Bantu Perusahaan BUMN

Baik dan buruknya sistem absensi menjadi sebuah pertimbangan penting karena menjadi alat kontrol kedisiplinan karyawan, mencegah penyimpangan hasil evaluasi akhir kinerja dan memantau produktivitas karyawan. Yang paling penting, perhitungan upah karyawan sangat bergantung dengan rekapitulasi jumlah kehadiran.

Nah, perkembangan teknologi ternyata mendorong lahirnya sistem absensi online. Penerapan metode absen online belakangan ini semakin merebak, terutama sejak adanya pandemi yang membatasi aktivitas karyawan di kantor.

Perusahaan bertanggung jawab penuh untuk mengembalikan produktivitas kerja karyawan seperti saat berada di kantor, meski sedang diberlakukannya kebijakan WFH. Ini bukanlah hal mudah, sebab pemantauan karyawan dari jarak jauh lebih sulit dilakukan.

Menyiasati hal tersebut, maka kini diperkenalkanlah sistem absensi digital dalam bentuk aplikasi absensi online. Sudahkah Anda menggunakannya?

Mengenal Absensi Online dan Keuntungannya

Sesuai dengan namanya, absensi karyawan online mengandalkan sambungan internet untuk beroperasi. Absensi online membantu Anda untuk mencatatkan kehadiran dengan sistem cloud yang terhubung pada database perusahaan secara real-time

Absensi online termutakhir telah hadir dalam bentuk aplikasi absensi face recognition atau dikenal juga sebagai aplikasi absensi wajah, dimana Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di ponsel pintar, lalu melakukan absensi selfie dan mengirim titik keberadaan Anda via GPS kepada pengelola absensi. Data kehadiran akan akan dicatat otomatis oleh sistem dan bisa diakses kapan pun.

Inilah yang menjadi daya tarik absensi online, yaitu memudahkan pengelolaan karyawan mencakup pencatatan kehadiran, mengatur shift hingga menyinkronkan alur kerja. Tugas HR dalam bidang administrasi pun bisa berkurang karena sudah dibantu sistem dalam perekapan hingga perhitungan.

Pandemi memang menuntut perubahan metode kerja bagi perusahaan, namun apabila pandemi berakhir, metode kerja yang tetap bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama adalah sistem absensi online. Kerja remote, kerja di lapangan atau kerja di rumah tidak masalah!

Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui pentingnya beralih menggunakan absensi online, sekarang giliran Anda untuk memilih aplikasi online yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda masih merasa bingung karena ingin mendapatkan sistem yang memiliki fitur lengkap dan terbukti mudah digunakan, maka Hadirr adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Hadirr merupakan aplikasi absensi karyawan terbaik di Indonesia yang telah dipercaya oleh banyak pengguna, mulai dari UMKM, perusahaan swasta hingga instansi pemerintahan atau BUMN. 

Berikut instansi pemerintahan dan BUMN yang telah mengandalkan Hadirr dalam pencatatan kehadiran karyawan, seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Lembaga Sensor Film (LSF), Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD-RI) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Hadirr dilengkapi fitur absen selfie dengan teknologi face recognition yang sudah teruji. Karyawan hanya perlu melakukan potret “selfie” dengan ponsel pintar mereka, lalu sistem akan memindai wajah karyawan tersebut untuk nantinya akan diverifikasi oleh HR. 

Digabungkan dengan teknologi GPS, Hadirr menjadi sebuah paket lengkap absensi jarak jauh yang praktis. HR bisa mengetahui spot absen karyawan. Lalu, bagaimana dengan risiko kecurangannya? Tidak perlu khawatir! 

Foto selfie karyawan tidak bisa dimanipulasi karena sistem sudah menyimpan data wajah mereka sejak awal diaktifkan. Hal ini juga berlaku untuk lokasinya juga. Jika ada karyawan yang mencoba melakukan kecurangan lokasi, aplikasi Hadirr tidak akan bisa terbuka di ponsel mereka. 

Apa Kata Mereka tentang Aplikasi Hadirr?

Banyak manfaat telah dirasakan oleh banyak pengguna Hadirr. Berikut kami sajikan beberapa testimoni aplikasi absensi Hadirr :

Lebih Mudah Kelola Karyawan di Banyak Lokasi

Eiger Coffee Tropical adalah mitra Hadirr yang bergerak di bisnis coffee shop dan sudah memiliki cabang pada beberapa kota seperti di Jakarta, Bogor dan Bandung. Untuk manajemen pengelolaan karyawan cabang, terlebih pada masa pandemi yang taat protokol, Eiger Coffee Tropical menggunakan Hadirr untuk memudahkan pengontrolan kehadiran karyawan.

Aplikasi Hadirr sangat membantu menjadi alat controlling absensi untuk karyawan-karyawan yang berada di luar kota.” – Elies, HRD Eiger Coffee Tropical

Absensi Terpantau Secara Real-Time

Noms Kopi dengan menu andalan kopi klotok sukses menjadi brand kopi ternama yang menyajikan menu yang disukai pecinta kopi tradisional. Noms Kopi berhasil mengembangkan bisnis mereka pada dua sayap bidang usaha lain, seperti mendirikan pabrik pengolahan biji kopi dan jaringan kedai kopi yang telah diwaralabakan. 

Aplikasi Hadirr mendorong karyawan untuk datang lebih tepat waktu ke outlet, karena data kehadiran dapat dipantau secara real-time oleh manajemen.” – Michael pegawai Noms Kopi

Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kopi Ala Noms Kopi Hingga Sukses Buka Banyak Cabang

Ciptakan Budaya Kerja yang Lebih Baik

Hadirr dapat digunakan untuk mengatur tingkat kedisiplinan karyawan, seperti yang dilakukan oleh mitra Hadirr, QnC Laundry. Sebagai usaha franchise laundry yang ingin mengedepankan kualitas pelayanan, QnC Laundry sangat mengandalkan teknologi, mulai dari menggunakan sistem tracking progress cucian kepada pelanggan dan menggunakan Hadirr untuk operasional karyawan.

Dengan Hadirr, pengelola dapat mengawasi dan mengontrol tingkat kedisiplinan karyawan tanpa memerlukan investasi yang besar. Selain itu, Hadirr membantu manajemen untuk mengetahui karyawan yang tidak produktif dan tidak disiplin serta membantu perusahaan dalam meningkatkan dan menumbuhkan budaya kerja yang lebih baik.” – Jonathan, Marketing Manager of QnC Laundry

Kelola Data Absensi Secara Praktis dan Akurat

Menjalani bisnis kafe dan restoran tidak mudah, terutama dalam mempertahankan sumber daya manusianya agar tetap produktif seiring jam operasional resto yang cukup lama. Karena itu, Piro Restaurant & Cafe menggunakan Hadirr untuk memantau dan mengelola shift karyawan, termasuk untuk meminimalisir kontak fisik antar karyawan pada masa pandemi.

Dengan aplikasi Hadirr, membuat shift karyawan dan memantau kedisiplinan karyawan jadi lebih mudah. Pengelola tidak harus berada di tempat untuk memastikan karyawan datang tepat waktu, karena semua data tersimpan di cloud dan bisa di akses di mana saja, dan ini sangat cocok untuk pengelola yang mau bekerja di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Selain itu, fitur ini juga sangat cocok untuk perusahaan mempunyai banyak karyawan atau mempunyai cabang di berbagai tempat.” – Alvin Solihin, Head of Business Development Piro Resto & Cafe

Tingkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan 

Sebelum menggunakan Hadirr, Yuliana Fresh Juice (YFJ), sebuah usaha yang menyuplai jus buah, mengaku bahwa banyak hal yang harus dikontrol dan terdapat pemborosan dari segi biaya maupun waktu. Dengan Hadirr, pemantauan karyawan yang bertugas di lapangan jadi lebih mudah.

Sekarang dengan adanya aplikasi Hadirr, kemampuan pengelolaan kinerja karyawan menjadi sangat akurat dan terjadi peningkatan yang signifikan terutama pada kinerja karyawan-karyawan front line kami. Hadirr membantu meningkatkan kinerja karyawan terutama untuk karyawan yang bertugas luar.” – Antonius Lim, Direktur Yuliana Fresh Juice

Cocok untuk Remote Working atau Karyawan WFH

Mulia Mega Makmur adalah dealer resmi kendaraan Toyota dengan brand JD Toyota. Perusahaan ini mempercayai dalam mengelola absensi karyawan.

Monitor absensi karyawan jadi lebih efisien dengan Hadirr dan sekaligus mengurangi kontak di masa pandemi.” – Achmad Fauzi, Service Manager PT. Mulia Mega Makmur

Mudah Digunakan untuk Semua Kalangan 

Instansi pemerintahan pun tak ketinggalan beralih metode absensi pada masa pandemi, contohnya Komnas HAM RI. Hadirr terbukti mudah digunakan dan bisa digunakan oleh semua kalangan.

Aplikasi Hadirr memudahkan kami bekerja fleksibel dengan fitur-fitur unggulannya dan dapat digunakan oleh semua usia karena memiliki user interface yang informatif.” – Dr. Henry Silka Innah, S. Hut., M.T., Kepala Biro Umum Komnas HAM RI

Baca Juga: FAQ Aplikasi Absensi Hadirr

Demikian beberapa testimoni dari pengguna yang telah memercayakan Hadirr untuk memudahkan pekerjaan mereka. Sekarang giliran Anda!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf