Aplikasi Human Resource Information System (HRIS) untuk mengelola karyawan terus berkembang mengikuti permintaan pasar. Dalam sepuluh tahun terakhir aplikasi HRIS bertransformasi menggunakan teknologi cloud, yaitu teknologi yang memungkinkan integrasi antar perangkat dan digunakan secara online. Salah satu contoh aplikasi HRIS adalah Gadjian payroll system dan Hadirr mobile attendance. Berikut sepuluh manfaat aplikasi HRIS berbasis cloud:

Baca Juga: Software HR Cegah Dampak Pandemi Berujung Resesi pada Perusahaan

 

  1. Hemat biaya

Kelebihan aplikasi berbasis cloud adalah lebih hemat biaya. Penghematan cloud disebabkan oleh biaya pemasangan awal yang tidak terlalu besar, juga tidak perlu di-upgrade dan tidak melibatkan vendor ketiga dalam lisensi software. Skema pembayaran yang ditawarkan adalah pay per use sehingga pembayaran dilakukan oleh pengguna hanya pada saat digunakan. Untuk pemakaian absensi online Hadirr, perusahaan hanya perlu membayar satu kali dalam setahun ketika berlangganan.

 

  1. Update otomatis

Proposition value dari aplikasi cloud adalah tidak perlu software update. Penyedia aplikasi secara berkala akan melakukan update dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada di pasar. Hadirr mengikuti perkembangan pasar dengan selalu update dengan fitur terbaru seperti timesheet dan contact tracing. Pengguna dapat langsung menggunakan dua fitur terbaru tanpa perlu manual update.

 

  1. Handal

Software cloud secara umum menggunakan internet untuk mengoperasikannya. Ketika jaringan internet mati, user experience akan terganggu jika tidak ada protokol data recovery. Penyedia software cloud yang terpercaya memiliki protokol data recovery dan Service Level Agreement (SLA) yang baik. Kehandalan dari aplikasi Gadjian sudah teruji karena menggunakan teknologi cloud dengan brand internasional.

 

  1. Hemat waktu

Waktu implementasi yang cepat adalah salah satu keuntungan menggunakan software cloud. Dalam periode seminggu sampai kurang dari sebulan, software cloud sudah go-live. Waktu paling cepat yang dibutuhkan untuk implementasi Hadirr sampai go-live kurang dari seminggu, sedangkan Gadjian dua minggu.

 

  1. Mudah diadopsi

Aplikasi dapat berfungsi secara optimal jika fitur-fiturnya dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna. Aplikasi cloud yang bersifat user friendly lebih mudah diadopsi dan pengguna lebih cepat memaksimalkan fungsi fitur di dalamnya. Gadjian dirancang user friendly untuk memudahkan HR di suatu perusahaan menghitung payroll.

 

 

  1. Aman

Cloud computing digunakan oleh perusahaan dari berbagai macam bidang usaha dan skala. Secara fisik dan teknis, standar keamanan dasar yang ditetapkan tinggi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang paling kompleks. Risiko pencurian data dari Gadjian minimum karena menggunakan standar keamanan Amazon Web Service (AWS) dan SSL.

 

  1. Kepatuhan terhadap standar (Compliance)

Kepatuhan terhadap standar atau compliance penting untuk menyetarakan dengan standar terbaru yang ditetapkan secara nasional maupun internasional. Aplikasi cloud akan selalu di-update untuk memenuhi compliance dengan perkembangan standar pada industri. Regulasi pada bidang HR setiap tahun ada yang  berubah atau update. Tim Gadjian memastikan sistem comply dengan regulasi terbaru.

 

  1. Mudah dikonfigurasi

Konfigurasi dalam aplikasi cloud memudahkan pengguna untuk melakukan setting sesuai kebutuhan perusahaan. Berbagai macam fitur yang terdapat dalam Hadirr dapat dikonfigurasikan sesuai kebutuhan. Jika ada perusahaan yang tidak membutuhkan fitur Break untuk mencatat waktu istirahat, fitur dapat dinonaktifkan.

 

  1. Scalable

Jika suatu perusahaan berencana untuk ekspansi bisnis ke beberapa area dan menambah jumlah karyawan, software cloud lebih mudah untuk eskalasi tanpa menurunkan performa sistem. Misalkan ada penambahan 2 cabang baru dengan 50 karyawan, Hadirr dengan mudah eskalasi sesuai jumlah karyawan dan dapat dioperasikan di semua kantor cabang sekaligus.

 

  1. Integrasi

Perusahaan yang sudah menggunakan software payroll dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi kehadiran untuk mempermudah proses data. Gadjian dan Hadirr bisa dapat saling terkoneksi dan menarik data secara otomatis. Data kehadiran pada Hadirr langsung terbaca di Gadjian untuk mempermudah perhitungan tunjangan kehadiran.

Baca Juga: 5 Fakta Sistem Keamanan Data Absensi Karyawan

Aplikasi HRIS berbasis cloud dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan dalam skala yang lebih luas. Berbagai manfaat akan didapatkan perusahaan Anda menggunakan software berbasis cloud, Gadjian dan Hadirr. Gadjian memudahkan perusahaan Anda untuk mengelola karyawan dan proses penggajian. Sedangkan Hadirr mencatat kehadiran karyawan dengan teknologi face recognition. Pengelolaan karyawan lebih mudah dan cepat dengan Gadjian dan Hadirr.

Coba Gadjian Sekarang

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Haunina K. Sari