Sebagai pemilik perusahaan atau tim HRD, Anda pasti membutuhkan laporan HRD excel. Tugas utama HR memang wajib membuat laporan kehadiran karyawan, setidaknya satu bulan sekali. 

Pekerjaan administrasi HR berupa laporan HRD excel ini bukan sekadar laporan. Hasilnya pun bisa digunakan untuk mengevaluasi karyawan. Sebab, dari sini HRD bisa melihat kinerja masing-masing departemen. Secara lebih luas, laporan ini juga bisa meninjau kinerja dan perkembangan perusahaan secara umum.

Baca Juga: Saatnya Beralih ke Laporan Kehadiran Karyawan Otomatis

4 Laporan HRD Excel yang Harus HRD Siapkan Setiap Bulan

Laporan Kehadiran

Ini adalah laporan paling utama pada perusahaan. Laporan kehadiran karyawan bisa dijadikan tanda bahwa karyawan sedang atau sudah melakukan pekerjaan. Di sinilah informasi kontribusi  mereka akan terlihat. 

Laporan kehadiran berupa laporan HRD excel sangat penting. Terlebih ketika ada insentif atau tunjangan lain yang nilainya berbeda-beda antara karyawan yang satu dengan yang lain. Dengan adanya laporan HR, bisa terlihat, karyawan mana saja yang daftar hadirnya selalu penuh setiap bulannya. Laporan ini juga bisa mengukur prestasi dan produktivitas karyawan.

Laporan kehadiran ini bisa dibuat dalam bentuk laporan HRD excel. Inilah contoh laporan HRD excel untuk mencatat kehadiran karyawan: 

Contoh laporan kehadiran karyawan

Laporan Ketidakhadiran

Laporan ketidakhadiran dibuat apabila ada karyawan yang sakit atau izin karena ada keperluan mendesak, sehingga tidak dapat masuk kerja. 

Dari laporan izin atau sakit ini, HRD bisa tahu karyawan mana saja yang sering izin atau sakit. Selain menjadi tolok ukur kinerja dan kedisiplinan karyawan, di sisi lain HRD juga bisa mengetahui kebutuhan personal karyawan sehingga mereka butuh izin. 

Laporan izin atau sakit ini harus dibuat secara rutin, kapan pun, setiap hari. Sebab, jika data tidak diinput setiap hari, di akhir bulan akan sangat mungkin terjadi kekacauan. Pekerjaan administrasi HR yang satu ini memang agak merepotkan. Bisa saja tim HR lupa waktu itu karyawan A izin tanggal berapa, dan sebagainya.

Silakan melihat contoh laporan HRD excel untuk data karyawan yang izin atau sakit di sini:

Contoh laporan izin sakit karyawan

Laporan Cuti

Membuat laporan cuti bisa dikatakan harus dilakukan setiap saat. Sebab, setiap hari ada saja karyawan yang mengajukan cuti. HRD harus memberikan izin, karena cuti adalah hak karyawan. Konsekuensinya, laporan ini harus diperbaharui secara berkala. 

Data cuti karyawan harus tersusun rapi dan teratur. Jadi jika sewaktu-waktu ada karyawan yang meminta data tersebut, HRD bisa langsung memberikannya. 

Ketika ada karyawan yang resign, data cuti karyawan juga diperlukan untuk melihat masih ada atau tidaknya hak cuti karyawan. Jika masih ada, akan diperhitungkan dan diganti dengan uang panggantian hak, sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Ingin membuat laporan cuti dalam bentuk absensi karyawan xls? Ini contohnya:

Contoh laporan cuti karyawan

Laporan Gaji

Laporan ini tidak kalah pentingnya. Di sinilah data hak para karyawan. Laporan penggajian pun dibuat setiap bulan, sehingga HRD harus membuat slip gaji setiap menjelang akhir bulan. 

Laporan gaji ini tidak hanya disampaikan kepada seluruh karyawan, tetapi juga harus dilaporkan kepada pemerintah. Hal ini terkait dengan penghitungan pajak penghasilan. 

Laporan gaji juga dapat dibuat dalam bentuk absensi karyawan excel seperti contoh ini:

contoh slip gaji karyawan

Lebih Praktis dengan Aplikasi Absensi

Begitu banyaknya laporan yang harus dibuat oleh tim HRD dalam satu bulan. Akan lebih baik jika semua laporan ini menggunakan sistem payroll HRIS & absensi karyawan, seperti Gadjian dan Hadirr.

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi HRD Berbasis Web di Era Digital

Aplikasi Gadjian & Hadirr adalah aplikasi Human Resource Information System (aplikasi HRIS) yang praktis untuk mencatat seluruh kegiatan karyawan. Laporan kehadiran, laporan izin atau sakit, serta laporan cuti dapat dibuat dan dikelola secara online.

Coba Gadjian Sekarang

Contoh laporan HRD excel memang dibutuhkan. Namun, dengan aplikasi Hadirr dan Gadjian, laporan HR akan lebih mudah. Tim HRD akan dapat bekerja lebih optimal, sehingga operasional perusahaan pun semakin lancar.

Aplikasi Absensi Online Hadirr