Absensi kehadiran karyawan saat ini yang paling ideal adalah aplikasi absensi digital. Seiring berkembangnya era digital, sistem absensi karyawan berbasis aplikasi atau software HRIS, semakin populer di Indonesia.

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi HRD Berbasis Web di Era Digital

Banyak perusahaan yang mengganti sistem absensi karyawan dari absensi karyawan excel, menjadi sistem digital. Sebab, dinilai lebih mudah, praktis, dan sangat membantu HRD dalam membuat laporan.

Fitur-Fitur Wajib di Aplikasi Absensi Kehadiran

Absensi kehadiran karyawan saat ini populer di Indonesia yang memiliki beragam fitur. Berbagai fitur inilah yang wajib ada di aplikasi absensi untuk memudahkan HRD, di antaranya:

Fitur pencatat kehadiran

Ini fitur utama pada aplikasi absensi kehadiran karyawan. Karyawan dapat melakukan pencatatan kehadiran dari mana pun mereka berada. 

Cara ini sangat memudahkan, terlebih saat ini sedang berlangsung sistem kerja work from home (WFH). Karyawan tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga datang ke kantor hanya untuk melakukan absensi. 

Pihak HRD pun dapat melihat atau mencetak hasil pencatatan kehadiran ini kapan pun, tidak perlu menunggu akhir bulan. Fitur ini akan memudahkan pekerjaan administrasi HR.

Fitur monitor karyawan

Fitur ini sangat efektif untuk memantau karyawan yang pekerjaannya lebih banyak di luar kantor. Misalnya, monitoring karyawan sales

Aplikasi HRD ini terintegrasi dengan GPS. Oleh karena itu, bisa digunakan untuk memantau karyawan sales yang sedang meeting di luar, mengunjungi kantor klien, mencari klien baru, atau melakukan kunjungan ke kantor cabang. 

Dengan fitur ini, kemungkinan karyawan menggunakan waktu untuk keperluan di luar pekerjaan, akan bisa diminimalkan. 

Fitur reimbursement 

Fitur ini juga sangat penting untuk karyawan yang mendapat fasilitas transportasi dan akomodasi. Tanpa datang ke kantor, karyawan bisa melakukan reimbursement online. Cara ini bisa menghindarkan dari hilangnya data atau dokumen penting yang harus diserahkan ke kantor. 

Fitur reimbursement pada aplikasi ini juga memungkinkan karyawan lebih cepat mengirimkan data, serta mendapatkan hasil reimburse.

Fitur lend app

Fitur lend app melengkapi absensi kehadiran digital yang populer di Indonesia. Fitur ini membuat karyawan bisa melakukan absensi menggunakan ponsel lain. 

Jadi, karyawan tetap bisa melakukan absensi, meskipun karyawan tidak membawa ponsel pribadinya atau sedang kehabisan baterai. 

Perusahaan yang memiliki cabang atau outlet seperti usaha franchise, cukup menyediakan satu unit ponsel, untuk digunakan melakukan absensi seluruh karyawan. 

Fitur ini membuat aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis.

Hadirr, Aplikasi Absensi Terpopuler di Indonesia

Semua fitur-fitur di atas bisa kamu dapatkan di aplikasi absensi Hadirr. Aplikasi ini menyediakan semua kebutuhan perusahaan. Perusahaan atau tim HRD akan lebih mudah dalam membuat laporan kehadiran karyawan

Hadirr adalah aplikasi HRIS (human resources information system) yang memungkinkan pekerjaan administrasi HR dilakukan secara digital. Software HRIS yang digunakan pada aplikasi Hadirr juga memudahkan kedua belah pihak, baik HRD maupun karyawan. 

Baca Juga: Aplikasi Monitoring Salesman untuk Tingkatkan Omzet Bisnismu

HRD tidak perlu lagi membuat absensi karyawan xls secara manual. Sebab, Hadirr sudah menyediakan fitur laporan secara digital, lengkap, sesuai kebutuhan laporan HR. Dengan aplikasi ini, tugas utama HR akan cepat selesai. 

Aplikasi absensi karyawan ini tidak begitu saja populer. Terkenalnya aplikasi ini di kalangan pengusaha dan HRD, utamanya adalah karena memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, Google pun menyebut aplikasi Hadirr dalam report ASEAN tahun 2020, sebagai aplikasi yang juga sangat efektif digunakan saat WFH di masa pandemi.

Aplikasi Absensi Online Hadirr