Kemampuan perusahaan untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi menjadi hal yang penting dalam mengembangkan bisnis. Era digitalisasi akan menggilas perusahaan yang enggan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tuntutan zaman membuat para pengusaha mau tidak mau harus beralih dari sistem manual ke sistem online

Dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan juga dituntut untuk unggul dalam segala hal, termasuk urusan sumber daya manusia (SDM). SDM merupakan aset terbesar suatu perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaannya harus dilakukan secara tepat agar produktivitas dan efisiensi kerja karyawan meningkat.

Baca Juga: Absensi dengan Mudah Tanpa Form Absensi Karyawan XLS

Penggunaan teknologi dibutuhkan untuk mengelola SDM secara efisien, misalnya dengan menggunakan software absensi karyawan. Teknologi cloud yang digunakan pada sistem absensi karyawan merupakan solusi yang aman dan fleksibel dalam melakukan pengelolaan karyawan secara online.

Berikut 5 alasan pentingnya software absensi karyawan bagi perusahaan, yaitu:

Kelola karyawan remote atau WFH lebih mudah 

Penggunaan software absensi karyawan akan memudahkan Anda dalam mengelola karyawan remote atau WFH. Karyawan yang memiliki mobilitas tinggi di luar kantor tetap bisa dipantau kinerjanya secara online. Kolaborasi kerja dari berbagai lokasi saat WFH bisa dilakukan lebih mudah menggunakan fitur timesheet. Absensi WFH juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi absensi selfie melalui perangkat smartphone masing-masing karyawan.

Meminimalisir salah hitung tunjangan makan karyawan

Tunjangan makan karyawan biasanya dihitung berdasarkan jumlah kehadiran karyawan. Umumnya, salah hitung tunjangan makan karyawan disebabkan oleh human error saat melakukan rekap absensi karyawan di excel. Kesalahan seperti ini dapat diminimalisir apabila Anda menggunakan sistem absensi online, dimana semua data kehadiran karyawan akan disimpan di database server cloud

Hemat biaya operasional perusahaan

Biaya operasional perusahaan dapat dihemat karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana untuk pembelian dan perawatan mesin fingerprint di banyak tempat. Karyawan cukup melakukan absensi online menggunakan smartphone masing-masing. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan software, tidak perlu melakukan upgrade dan tidak melibatkan vendor ketiga dalam lisensi software.

Return on Investment (ROI) lebih cepat

Software absensi online mengotomatisasi keperluan administrasi karyawan secara digital, karyawan dapat menghemat waktu dan lebih fokus terhadap jobdesk. Dengan sistem online, karyawan tidak bisa berlaku curang dan Anda pun dapat fokus untuk mengembangkan bisnis. Peningkatan produktivitas, efisiensi waktu, penghematan biaya, serta sistem pembayaran pay per use membuat ROI lebih cepat bagi perusahaan Anda.

Tingkatkan produktivitas bisnis

Sistem absensi online membantu perusahaan lebih terorganisir dan meningkatkan produktivitas. Pengelolaan waktu menjadi faktor penting dalam mengembangkan bisnis. Anda dapat menghemat waktu dengan memantau data kehadiran karyawan secara online dan menilai produktivitas waktu kerja karyawan pada aplikasi absensi.

Dengan menggunakan aplikasi absensi online Hadirr, pengelolaan karyawan akan lebih mudah dan Anda dapat berkonsentrasi dalam mengembangkan bisnis. Anda dapat memantau produktivitas waktu kerja karyawan melalui fitur timesheet, selain itu karyawan mangkir juga dapat dipantau dengan absensi digital berbasis GPS dan face recognition

Baca Juga: Aplikasi Pendukung untuk Work From Home (WFH)

Aplikasi Hadirr juga disebut sebagai aplikasi sales tracking karena dapat memantau karyawan lapang seperti tim sales dengan fitur client visit. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam menekan kecurangan karyawan dengan menyediakan fitur reimbursement online, sehingga semua proses pengajuan dilakukan dengan sistem digital. Apakah Anda tertarik untuk mencoba berbagai fitur menarik dari Hadirr?

Aplikasi Absensi Online Hadirr