Subsrcibe

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Software Absensi Online, Solusi Tepat Pantau Jam Kerja Karyawan
Software Absensi Online, Solusi Tepat Pantau Jam Kerja Karyawan | Hadirr
Absensi

Software Absensi Online, Solusi Tepat Pantau Jam Kerja Karyawan

Siapa yang menyangka bahwa kegiatan work from home (WFH) atau remote working menjadi “new normal” saat ini? Terutama bagi karyawan dan perusahaan yang terbiasa bekerja di kantor nine-to-five. Pandemi COVID-19 mengakibatkan perusahaan harus tetap berkegiatan secara online.

Namun, permasalahan yang sering terjadi di perusahaan yaitu monitoring jam kerja. Kekhawatiran akan sulitnya memantau karyawan yang benar-benar bekerja hingga yang suka “curi-curi waktu” membuat perusahaan ragu untuk memberlakukan WFH atau remote working

Baca Juga: Aplikasi Absensi di Perusahaan BUMN?

Tidak hanya perusahaan, para karyawan juga mengeluhkan hal yang sama, khususnya mengenai kepastian jam kerja. Walaupun pada awalnya merasa nyaman, WFH bisa memberikan dampak negatif juga, yaitu ketidakjelasan waktu kerja. Karyawan berpotensi overwork dan kelelahan. Apalagi jika masih menggunakan absensi manual, WFH jadi tidak nyaman lagi, bukan?

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan software absensi online. Bagaimanapun, dalam era digitalisasi dimana semua bisnis bersaing secara ketat, perusahaan dituntut untuk menjadi unggul dalam segala hal. Dua diantaranya adalah menjadi unggul dalam menggunakan teknologi dan dalam mengurus sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

Software absensi online didukung teknologi terkini, yaitu menggunakan teknologi cloud. Selengkapnya, simak kelebihan menggunakan software absensi online berikut.

5 Kelebihan Software Absensi Online

Efisien memantau jam kerja karyawan 

Saat karyawan remote atau WFH, sangat sulit untuk memantau aktivitas yang mereka lakukan. Keputusan mengenai penugasan pun tidak bisa diambil dengan cepat apabila tugas yang sedang dikerjakan karyawan tidak terlacak.

Fitur timesheet online yang dimiliki software absensi online membantu HR dalam monitoring waktu kerja karyawan, mulai dari memantau pekerjaan harian, menghitung jam lembur, dan melacak lokasi absensi karyawan. Rekap absensi pun tidak perlu lagi dibuat, karena aplikasi absensi online menyajikan data absensi kapanpun saat dibutuhkan.

Kepastian jam kerja karyawan

Dengan sistem absensi online, karyawan dapat mengetahui pembagian jam kerja mereka meliputi jam masuk, jam istirahat dan jam pulang. Mereka bisa melakukan absensi kehadiran dimana saja secara online memanfaatkan fitur e-absensi. Absensi online sangat bermanfaat bagi karyawan yang bekerja WFH dan remote.

Disamping itu, karyawan bisa mendapatkan informasi mengenai kehadiran rekan kerja mereka meskipun berada di lokasi yang berbeda-beda, sehingga komunikasi, pembagian tugas dan kolaborasi dapat lebih mudah dilakukan.

Praktis memantau shift kerja karyawan

Biasanya perusahaan menerapkan sistem full time, namun ada juga perusahaan yang menggunakan sistem shift. Selama pandemi pun, perusahaan mengatur jam kerja dengan pola shift sebagian hingga bergiliran.

Aplikasi absensi online akan memudahkan HR perusahaan dalam pengelolaan kehadiran karyawan shift. Fitur absensi digital memungkinkan absen tercatat secara real-time. Kesalahan salah hitung kehadiran karyawan pun dapat dihindari. 

Baca Juga: Aplikasi Absensi Online Selama WFH

Fleksibel ketika digunakan dan hasilnya akurat 

Meskipun di rumah saja, absensi tetap bisa dilakukan hanya melalui telepon genggam saja.  Karyawan dapat mencatatkan clock in dan clock out dari rumah mereka masing-masing, tanpa harus pergi bolak-balik ke kantor.

Karyawan hanya perlu melakukan absensi selfie pada titik-titik yang disetujui sebagai lokasi absen karyawan, dimanapun di seluruh dunia. Satu aplikasi bisa menjangkau semua karyawan. Intervensi manual yang minim membuat data digital absensi akurat dan lebih cepat ditampilkan dalam aplikasi.

Lebih aman dan minim kecurangan

Aplikasi absensi online lebih aman dan minim kecurangan. Karyawan bisa mencatatkan kehadiran online mereka dengan melakukan absen selfie. Teknologi Global Positioning System (GPS) akan melacak informasi lokasi detail mereka dan teknologi biometrik face recognition akan memvalidasi wajah secara otomatis sehingga meminimalisir kecurangan dan manipulasi.

Data personil, data komponen kehadiran, dan foto karyawan untuk face recognition absensi terenskripsi secara aman. Back-up data kehadiran pun tersimpan dalam beberapan server di data center sehingga tidak perlu khawatir kehilangan data.

Software absensi online terbaik di Indonesia adalah Hadirr. Hadirr merupakan aplikasi absensi berbasis web (e-absensi) dan reimbursement online untuk memantau kinerja karyawan jarak jauh dan pekerja work from home (WFH). Fitur absensi online yang dimiliki Hadirr memudahkan pekerjaan HR dalam melakukan monitoring kehadiran, jam kerja dan aktivitas karyawan.

Baca Juga: Aplikasi Sales Tracking Ini Tingkatkan Produktivitas Bisnismu

Dikutip dari Google Report (2020), Hadirr berperan sebagai aplikasi penunjang WFH selama pandemi. Hal ini membuktikan bahwa Hadirr menjadi terobosan dalam era digital saat ini.

aplikasi wfh

Sumber : Dokumen Google Report, 2020 (hal 27)

Hadirr juga dipercaya oleh lembaga dan institusi pemerintah. Perusahaan BUMN yang sudah menggunakan Hadirr yaitu Bio Farma, Pelindo 1, Rekind dan Pertamina. Dengan menggunakan aplikasi absensi digital Hadirr, pemantauan jam kerja karyawan dari jarak jauh akan jadi lebih mudah. Produktivitas perusahaan dan karyawan pun akan meningkat.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *