Pada masa kenormalan baru seperti saat ini, aplikasi berbasis android tentu lebih bisa diandalkan. Sistem kerja masih berlangsung secara work from home (WFH) dan work from office (WFO). Apabila menggunakan absensi berbasis web atau aplikasi absen, tentu akan lebih efektif.

Baca Juga: Mengapa Absensi Biometrik Lebih Baik bagi Perusahaan?

Perusahaan Anda masih menggunakan absen fingerprint, magnetic card, atau mesin ceklok? Selain memerlukan biaya lebih tinggi, absensi karyawan model ini juga rentan dicurangi. Sebaliknya, absensi berbasis android lebih aman dan praktis. Jadi, sudah waktunya Anda mengganti sistem absen manual menjadi absen online.

Absensi Berbasis Android Terbaik

Clockify Time Tracker & Timesheet

Ini adalah aplikasi absensi android yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa mengunduhnya di Play Store, melalui smartphone

Aplikasi absensi ini berfungsi sebagai pelacak waktu kerja atau time tracker. Anda bisa melacak jam kerja seluruh karyawan, kapan pun. Selain itu juga sebagai pencatat waktu kerja, sehingga Anda bisa mengetahui lamanya jam kerja seluruh karyawan meskipun tidak berada di satu lokasi. 

Dengan mengaktifkan fitur-fiturnya, Clockify Time Tracker & Timesheet membuat Anda tahu karyawan yang disiplin dan tidak disiplin dalam bekerja. Anda juga mudah memantau kinerja mereka.

Timeclock by Homebase

Anda juga bisa mencoba aplikasi berbasis android yang satu ini, secara gratis. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store. 

Fitur-fitur pada Timeclock by Homebase bisa memudahkan Anda dalam memantau kehadiran dan waktu kerja para karyawan. Ada juga fitur yang membantu memberikan laporan kinerja karyawan, setiap bulan. Dengan bantuan fitur ini, penghitungan gaji setiap bulan akan lebih mudah.

Hadirr – Track Employee Attendances & Sales Call

Selain aplikasi-aplikasi di atas, ada aplikasi Hadirr yang bisa membantu jalannya operasional perusahaan Anda, terutama untuk bagian HRD.

Hadirr adalah aplikasi absensi berbasis android. Bisa dikatakan, Hadirr merupakan aplikasi absensi scan wajah, karena karyawan melakukan pencatatan kehadiran dengan cara berfoto selfie. Absen selfie seperti ini tentu lebih aman dan karyawan tidak mudah melakukan kecurangan.

Sama seperti kedua aplikasi di atas, Hadirr juga berfungsi mencatat waktu kerja dan kehadiran para karyawan. Tidak hanya itu. Hadirr bukan sekadar aplikasi absen, tetapi juga memiliki fitur-fitur penunjang lainnya.

Ada fitur absensi terhubung sistem GPS yang membuat Hadirr memudahkan karyawan saat melakukan absensi di mana pun berada. Sistem absensi yang terintegrasi dengan GPS juga memudahkan Anda dalam memantau keberadaan karyawan. 

Misalnya, karyawan bagian sales, tentu tidak bisa bekerja di satu tempat saja. Mereka perlu berkunjung ke kantor klien, melakukan meeting dengan klien, serta mencari klien baru. Dengan absen face print, karyawan sales bisa melakukan absensi dengan mudah, cepat, dan murah. 

Fitur penunjang lain, yaitu monitoring kunjungan sales. Karyawan bagian sales yang selalu mobile, tentu perlu dilakukan monitoring. Jika tidak, akan sangat mudah terjadi korupsi waktu

Dengan fitur yang ada di aplikasi Hadirr, Anda bisa mengetahui karyawan sales berkunjung ke mana saja setiap harinya. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan laporan kunjungan sales, dari fitur ini.

Data absensi yang ada pada aplikasi Hadirr pun disajikan secara real time. Sebab, aplikasi absensi ini mencatat dan menghitung kehadiran secara otomatis. Anda tidak perlu repot-repot lagi menghitung absensi karyawan setiap menjelang penggajian. 

Baca Juga: Efektifkah Absensi Face Recognition Diterapkan pada Perusahaan?

Dengan data yang tampil secara real time, Anda pun bisa men-downloadnya kapan pun dibutuhkan. Tidak harus selalu menunggu menjelang penggajian.

Selain itu, sebagai absensi berbasis android terbaik, Hadirr juga sudah dipercaya dan digunakan oleh lembaga dan institusi pemerintah. Pertamina, Biofarma, dan Rekind adalah tiga dari banyak perusahaan BUMN yang menggunakan Hadirr sebagai fitur absensi online.

Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Aplikasi Absensi Online Hadirr