Pandemi COVID-19 memaksa sebagian besar karyawan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Jika diamati, absensi mempengaruhi evalusi kinerja karyawan. Tapi tahukah Anda, dampak dari penerapan sistem absensi yang buruk dalam perusahaan?

  • Job evaluation atau performance evaluation pada setiap periode akan menjadi bias
  • Dapat meningkatkan fixed cost perusahaan untuk membayar gaji karyawan

Seringkali terjadi kesalahan dan ketidakakuratan data absensi karyawan yang dapat merugikan perusahaan. Selain itu, dalam menjalankan bisnis tentunya prinsip efektif dan efisien dalam manajemen haruslah selalu dilakukan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Baca Juga: Solusi THR Karyawan di Masa Pandemi COVID-19 (Infografis)

Era teknologi saat ini tidak hanya menghasilkan internet cepat atau robot. Tapi juga memberikan sebuah inovasi dalam hal pencatatan absensi karyawan dan menggeser sistem absensi tradisional yang tidak efektif dan efisien.

Seperti munculnya aplikasi absensi Hadirr App yang muncul pertengahan tahun ini sebagai sebuah terobosan inovasi pengembangan teknologi untuk perusahaan. Menggunakan sistem terkini yang membuat data absensi semakin akurat dan meminimalisir kecurangan. Tidak hanya itu, aplikasi absensi Hadirr App juga tidak memerlukan lagi biaya maintenance atau ruang besar untuk meletakkan mesin. Mari kita bahas sistem absensi Hadirr App.

Aplikasi absensi Hadirr App menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) dan Biometrik sebagai sistem operasional aplikasi. Teknologi berbasis GPS memungkinkan perusahaan mencatat banyak titik kehadiran bagi karyawan, dimanapun di dunia. Sedangkan teknologi berbasis Biometrik menggunakan face recognition sebagai komplementer dari sistem GPS, dan membuat aplikasi absensi Hadirr App lebih akurat dan mencegah karyawan melakukan kecurangan.

Baca Juga: Strategi Perusahaan Bertahan Selama Corona

Tidak sekedar absensi karyawan, aplikasi Hadirr App memiliki beberapa fitur yang semakin memberikan kenyamanan perusahaan dalam mengelola karyawan. Apa saja fiturnya:

  1. Mencatat kehadiran karyawan di beberapa lokasi yang tersebar
    Monitor kehadiran karyawan di manapun dan kapanpun dengan menentukan spot lokasi bagi karyawan untuk melakukan absensi.

     

  2. Memantau kinerja karyawan dengan mobilitas tinggi
    Menyediakan real-time report langsung dari perangkat karyawan sehingga membantu pengukuran kinerja karyawan yang memiliki mobilitas tinggi dengan lebih objektif.

     

  3. Mengelola reimbursement dengan mudah
    HR dan divisi keuangan serta karyawan dapat mengelola reimbursement dalam satu tempat: solusi untuk menggugah bukti pengeluaran atau tanda terima, persetujuan, dan update status pembayaran.

     

Bagaimana cara kerjanya?

Karyawan hanya perlu melakukan ‘selfie’ dengan perangkat handphone yang dimilikinya. Foto ‘selfie’ tersebut tidak dapat dimanipulasi, karena saat pertama kali mengaktifkan aplikasi Hadirr App karyawan harus meng-upload foto dan sistem akan mempelajari wajah karyawan tersebut yang kemudian akan di verifikasi oleh HR perusahaan.

HR adalah orang yang dapat menyetujui foto apakah sesuai dengan karyawan tersebut atau tidak. Selain itu, karyawan hanya dapat absen ‘selfie’ saat berada di titik (spot) yang telah ditentukan oleh admin portal atau HR sebagai titik absen. Tentunya hal tersebut mencegah karyawan melakukan kecurangan dengan melakukan absen di rumah atau di perjalanan.

Wah seru dan mudah bukan? WFH dengan absensi sambil ‘selfie’! 🙂

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia