Perusahaan yang berkembang pesat dan lama mampu mengelola sales management dengan baik. Mengapa? Sebab, manajemen penjualan menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan mampu mengembangkan performa tim sales mereka sehingga bisa mencapai target penjualan secara teratur.

Dalam manajemen penjualan, ada tiga pihak yang terlibat, yaitu supervisor/manajer penjualan, tim sales dan klien. Aktivitas tim sales saat mengunjungi klien kerap sulit dipantau manual oleh supervisor/manajer perusahaan. 

Baca Juga: Fakta Seputar Aplikasi Sales Tracker

Pemantauan dengan cara lama tidak efektif, sebab masih banyak keterbatasan seperti lokasi sales yang umumnya lebih banyak di lapangan sehingga tidak bisa dipantau setiap saat dan kurangnya visibilitas dalam proses penjualan.

Saat ini, sudah tersedia sebuah sistem yang memudahkan pemantauan dan koordinasi Anda dengan tim sales secara online, akurat dan ekonomis : aplikasi monitoring salesman. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Mengenal Aplikasi Monitoring Salesman

Aplikasi monitoring sales adalah sebuah sistem berbentuk perangkat lunak mobile yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan sales dengan mudah.

Melalui aplikasi monitoring salesman, Anda bisa membagikan dan mengetahui jadwal kegiatan kunjungan tim sales saat bertugas di luar kantor. Tidak hanya itu, Anda dapat melacak mereka secara real-time karena aplikasi sales lapangan ini terintegrasi dengan sistem GPS (Global Positioning System). 

Jadi, meskipun Anda tidak sempat memantau langsung secara offline, Anda masih bisa memantau tim sales langsung dari tempat duduk Anda. 

Kemudahan ini juga dirasakan langsung oleh tim sales. Sebelumnya, tim sales harus melakukan absensi langsung ke kantor. Sekarang, pencatatan kehadiran mereka sudah bisa dilakukan melalui aplikasi, sehingga bisa fokus menganalisis rute kunjungan klien secara efektif dan meningkatkan produktivitas untuk mencapai target mereka.

Tim sales bisa mengetahui tugas dan rencana kunjungan yang akan mereka lakukan dan yang sudah diselesaikan. Bahkan, sales tidak lagi direpotkan dalam reporting penjualan dan pengajuan reimbursement online, sebab aplikasi monitoring sales memungkinkan sales untuk mengunggah data/dokumen digital yang bisa langsung diakses oleh supervisor/manajer penjualan.

Baca Juga: Aplikasi Absensi di Perusahaan BUMN?

Sampai penjelasan ini, sekarang tentu Anda sudah menyadari bahwa aplikasi monitoring salesman hadir untuk memudahkan semua pihak. Aksesnya pun terjangkau. Hanya memerlukan ponsel dan koneksi internet. Jaman sekarang, hampir semua orang memiliki kedua hal tersebut, bukan?

Keunggulan Aplikasi Monitoring Salesman

Setelah mengetahui ulasan singkat mengenai fungsi yang dihadirkan oleh aplikasi monitoring salesman, sekarang simak keunggulan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan aplikasi ini.

Menekan Biaya Operasional

Anda bisa mengurangi biaya operasional perusahaan dalam mengadakan unit mesin absensi dan perawatannya, karena absensi bisa dilakukan dengan selfie di ponsel masing-masing. Hemat waktu, tenaga dan juga kertas, karena reporting penjualan bisa dilakukan tanpa form kunjungan sales. Sales bisa mengurangi sebagian waktu mereka yang habis karena administrasi rutin, lalu fokus pada kegiatan penjualan.

Mengoptimalkan Sales Cycle

Sistem dalam aplikasi monitoring sales membantu sales untuk menavigasikan keberadaan mereka dan rute kunjungan klien dalam sistem GPS. Semua yang mereka butuhkan dapat diakses di aplikasi sehingga mereka bisa fokus memanfaatkan jam kerja secara optimal dan memperoleh deal closing sebanyak-banyaknya. 

Mencegah Praktik Manipulasi

Pengelolaan tim sales yang buruk memungkinkan terjadinya fraud seperti manipulasi kehadiran dan jumlah kunjungan klien, korupsi waktu dengan bersantai di saat jam kerja dan ketidaksesuaian klaim reimbursement. Semuanya dapat diatasi dalam satu aplikasi.

Mencatatkan Kehadiran Tanpa Internet

Bagaimana jika sales melakukan kunjungan klien ke wilayah yang sulit terjangkau internet? Jawabannya, data performa mereka tetap tercatat melalui sistem GPS. Pekerjaan monitoring sales tetap bisa dilakukan secara real time tanpa perlu membuat laporan kunjungan sales. Semua sudah terekam otomatis dan tinggal Anda unduh saja!

Mengapa Aplikasi Monitoring Salesman Penting Bagi Perusahaan?

Alasan utama banyak perusahaan mulai beralih menggunakan aplikasi monitoring salesman adalah karena memantau sales yang bekerja jarak jauh dan melacak produktivitas mereka bukanlah hal yang mudah. Terdapat peluang kesalahan komunikasi, perbedaan prioritas dan perbedaan zona waktu.

Sales monitoring penting bagi perkembangan bisnis Anda, karena tidak hanya sekadar melacak posisi tim sales melalui GPS, tapi juga untuk meningkatkan performa dan penjualan perusahaan. Anda bisa mengandalkan aplikasi monitoring salesman sebagai sales performance management

Anda memiliki kendali yang besar untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan dalam memantau tim sales dan aplikasi monitoring salesman menyediakan laporan secara berkala dalam statistik yang mudah untuk dipahami.

Aplikasi monitoring salesman tentu memengaruhi perubahan strategi manajemen penjualan perusahaan. Perusahaan akan fokus menyusun alur kerja yang cerdas dan menganalisis dengan baik ketertarikan calon klien. Kompetisi kerja yang sehat akan tercipta dan pemberian apresiasi kinerja akan tepat sasaran.

Lantas, apa dampak akhirnya? Pertumbuhan perusahaan Anda akan meningkat. Sebab, semua potensi untuk meningkatkan pendapatan bisa dimanfaatkan dengan optimal. Perusahaan Anda pun bisa fokus menjadi yang terunggul dalam mengutamakan kepuasaan klien jangka panjang.

Memilih Hadirr sebagai Aplikasi Monitoring Salesman Anda

Semua manfaat dari aplikasi monitoring salesman dalam memudahkan pekerjaan sekaligus meningkatkan performa tim sales secara keseluruhan dapat Anda dapatkan pada aplikasi Hadirr, software monitoring sales terbaik.

Keunggulan aplikasi Hadirr adalah mencegah korupsi waktu, mengatasi mobilitas sales yang tidak efisien, mencegah deal closing yang terlalu lama dan mengatasi pembengkakan budget akibat administrasi yang tidak rapi.

Problema yang terjadi dalam monitoring sales dapat menimbulkan dampak yang besar apabila tidak ditangani dengan teknologi yang tepat. Hadirr memiliki fitur absensi sales untuk mencatatkan kehadiran menggunakan gabungan sistem GPS dan biometrik face recognition. Kesalahan perhitungan dan manipulasi absensi bisa dicegah.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Software Absensi Karyawan Bagi Perusahaan

Hadirr juga dilengkapi fitur client visit untuk mengetahui jadwal kunjungan klien dan fitur reimbursement online untuk memudahkan klaim pengajuan reimbursement. Ketiga fitur unggulan yang dimiliki Hadirr ini membantu Anda untuk memonitoring pekerjaan sales dan memperjelas visibilitas proses penjualan. 

Terakhir, Anda juga bisa mengintegrasikan Hadirr dengan sistem CRM atau manajemen hubungan pelanggan untuk hasil yang lebih optimal. Meningkatkan performa tim sales sekaligus pertumbuhan perusahaan bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja. Saatnya beralih menggunakan Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf