Wabah pandemi di tahun 2020 membuat tatanan perekonomian dunia berubah. Dampaknya, para pemilik perusahaan pun berlomba-lomba mengubah strategi bisnis mereka agar dapat bertahan.

Perubahan strategi tidak hanya dilakukan oleh perusahaan swasta, tetapi juga perusahaan milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu cara efektifnya adalah beralih menggunakan absensi pegawai berbasis web dari absensi manual.

Baca Juga: Efisiensi Kerja, Ini Aplikasi Absensi di Instansi Pemerintah

Aplikasi absensi Hadirr dapat menjadi solusi di tengah krisis akibat pandemi yang dihadapi perusahaan. Hadirr sebagai sistem absensi pegawai lebih tepatnya, karena selama pandemi perusahaan harus memberlakukan sistem work from home (WFH). Meskipun demikian, sistem ini juga sangat bisa digunakan untuk pegawai yang masih harus bekerja di kantor atau work from office (WFO).

Absensi online pegawai Hadirr banyak diminati oleh perusahaan. Selain itu, Hadirr juga digunakan sebagai aplikasi WFH instansi pemerintah. Beberapa keunggulan aplikasi ini adalah tidak membutuhkan biaya operasional karena bisa dilakukan menggunakan smartphone masing-masing karyawan. Karyawan remote ataupun WFO dapat ambil absen di manapun berada, serta pencatatan kehadiran dilakukan secara real-time dan otomatis.

Berikut beberapa perusahaan BUMN yang telah menggunakan Hadirr, di antaranya:

1. Bio Farma

aplikasi absensi pegawai bio farma

Perusahaan farmasi, Bio Farma harus bekerja lebih keras selama masa COVID-19. Perusahaan ini akhirnya sudah dapat memproduksi vaksin Sinovac, setelah sebelumnya menyelesaikan uji klinis pada kandidat vaksin tersebut. Hal ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Indonesia, di mana kehadiran vaksin menjadi solusi ampuh untuk mengakhiri pandemi.

Kinerja pegawai di perusahaan farmasi BUMN ini pun juga harus tetap terjaga agar semua perencanaan dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Di sisi lain, Bio Farma memberlakukan sistem bekerja dari rumah untuk sebagian karyawan, juga demi alasan kesehatan.

Hadirr dipercaya oleh Bio Farma dalam mengelola absensi hingga memantau kinerja karyawannya dengan fitur absensi digital dan fitur timesheet online. Mereka pun dapat bekerja dengan lebih baik dari rumah ataupun bekerja secara higienis di kantor. Pekerjaan lancar, kesehatan pun tetap dapat terjaga.

 

2. Pertamina

aplikasi absensi pegawai pertamina

Fokus utama dari PT Pertamina adalah memastikan pasokan ketersediaan energi secara nasional. Perusahaan pelat merah ini menyediakan energi untuk seluruk pelosok daerah di Indonesia dan beberapa wilayah di luar negeri.

Masa pandemi tidak menjadikan hambatan pada sistem presensi karyawan Pertamina. Sebab, perusahaan ini mempercayakan Hadirr untuk meminimalkan kontak antar karyawan. Mereka pun dapat menjalankan pekerjaan seperti biasanya secara higienis di lingkungan kerja.

 

3. Pelindo 1

aplikasi absensi pegawai pelindo 1

PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan maritim yang terintegrasi dengan kawasan industri. Salah satu visinya yaitu menjadi gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik internasional. Peran perusahaan ini dalam mencukupi kebutuhan logistik di Indonesia begitu sangat penting, terlebih saat masa pandemi. 

Untuk mendukung karyawan dalam bekerja terutama selama COVID-19, Pelindo 1 sudah menggunakan fitur absensi online Hadirr. Selain fitur ini, Hadirr juga memiliki fitur timesheet untuk mencatat pekerjaan harian karyawan cukup di smartphone. Dengan demikian, HR perusahaan dapat memantau kinerja karyawan dengan lebih mudah.

 

4. Rekind

aplikasi absensi pegawai rekind

PT Rekayasa Industri (Rekind) bergerak di bidang desain industri atau lebih dikenal dengan engineering, procurement, construction, and commissioning (EPCC). Perusahaan BUMN yang bergerak bidang jasa ini sudah berdiri selama 38 tahun. Selama itu pula Rekind sudah menyelesaikan berbagai proyek berskala besar, seperti proyek minyak dan gas, pabrik pupuk, serta pabrik biofuel.

Begitu pentingnya Rekind, sehingga selama pandemi pun kegiatan operasional harus tetap berjalan. Perusahaan ini memilih aplikasi Hadirr yang memiliki fitur utama absensi digital untuk mencatat presensi karyawan dari berbagai lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Aplikasi absensi pegawai di BUMN ini dapat dengan mudah mengetahui lokasi karyawan yang disajikan secara real-time. Aplikasi absensi selfie ini juga dilengkapi validasi menggunakan wajah, sehingga tingkat keakuratannya lebih tinggi.

Baca Juga: Transformasi Digital HR di BUMN

Dengan sistem deteksi lokasi berbasis GPS dari Hadirr, validasi pengenalan wajah karyawan dan faktor higienitas terbukti sangat penting digunakan oleh sebagian besar perusahaan, termasuk sebagai aplikasi absensi pegawai di BUMN.

Hadirr adalah aplikasi absensi yang digunakan oleh beberapa perusahaan BUMN di atas. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk perusahaanmu yang mengalami kesulitan memonitor kinerja ataupun produktivitas karyawan. Selain itu, sistem absensi online Hadirr bisa menjadi solusi dalam pengoptimalan pembiayaan operasional perusahaanmu.

aplikasi absensi karyawan