Absensi berbasis GPS, sudah tersedia. Sistem absensi yang menggunakan Global Positioning System (GPS) ini tentu lebih tepat digunakan di era digital seperti sekarang. Terlebih, saat ini masih masa pandemi, di mana sebagian besar perusahaan menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Sistem Absen Ceklok dan Fingerprint Sudah Tidak Efektif?

Sistem absensi seperti apa yang masih Anda terapkan di perusahaan? Absen “ceklok”?

Absen dengan menggunakan kertas, lalu dimasukkan ke dalam mesin pencatat waktu, tentu sudah tidak efektif dan efisien. Sistem ini mengharuskan seluruh karyawan hadir di kantor. Sehingga sudah banyak perusahaan yang beralih ke sistem absensi digital di era yang serba teknologi seperti sekarang. 

Baca Juga: Inilah Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Sistem absensi manual sangat mudah dicurangi. Karyawan bisa minta “titip absen” pada teman. Data absensi pun tidak sesuai dengan kedatangan karyawan di kantor. 

Belum lagi soal biaya, baik biaya perbaikan atau biaya penyediaan kertas untuk mesin absensi ceklok dan fingerprint setiap bulannya.

Sistem absensi fingerprint pun juga masih mudah dicurangi. Karyawan bisa melakukan pemalsuan sidik jari atau mengakali mesin absensi.

Selain itu, absensi fingerprint sangat berpotensi dalam menularkan virus antar karyawan, misalnya saat masa pandemi COVID-19. Karyawan WFH juga akan kesulitan untuk ambil absen jika mesin fingerprint-nya di kantor. 

Sistem Absensi Berbasis GPS

Kini, sudah waktunya Anda ikut memanfaatkan teknologi terbaru dalam penerapan absensi di perusahaan, yaitu absensi berbasis GPS. Inilah sistem absensi yang tepat. 

Berikut beberapa keunggulan mesin absensi berbasis GPS yang wajib Anda ketahui :

Absensi menggunakan face print

Alih-alih menggunakan mesin fingerprint, absensi GPS ini menggunakan teknologi yang dapat melakukan scan waja karyawan. Jadi, dapat disebut sebagai absen selfie, absen face print, atau absensi scan wajah.

Dengan demikian para karyawan akan kesulitan memalsukan data kehadiran. Sebab, mereka harus menggunakan wajah masing-masing.

Bisa diakses di mana saja

Absensi kehadiran berbasis GPS. Sudah tentu bisa dilakukan di mana saja. Perusahaan dapat memonitor titik absensi karyawan melalui teknologi GPS saat di rumah (WFH), kantor atau saat para tim sales melakukan kunjungan klien. 

Karyawan cukup selfie sambil absen

Biaya perawatan tiap bulan? Menyediakan kertas untuk absensi? Tidak perlu.

Absensi GPS ini menggunakan ponsel masing-masing karyawan. Mereka tidak perlu bersusah payah datang ke kantor untuk melakukan absen. Cukup download aplikasi absensi berbasis GPS di ponsel, lakukan verifikasi wajah dan lakukan selfie pada saat ambil absen. Mudah bukan?

Dapat report secara langsung

Tim HRD juga akan lebih mudah memantau dan memonitor karyawan yang mobilitasnya tinggi. Terlebih karyawan sales yang setiap harinya harus pergi bertemu klien atau mencari klien baru.

Dengan menggunakan absensi berbasis GPS, Anda dan tim HRD dapat memonitor keberadaan sales. Sistem absensi ini bisa memberikan report secara real-time, kapan pun Anda butuhkan.

Kelola reimbursement online

Jangan berpikir bahwa sistem absensi hanya bisa melakukan pencatatan kehadiran karyawan. Absensi dengan sistem GPS ini juga bisa mengelola reimbursement secara digital.

Karyawan di bagian marketing bisa mengirim tagihan-tagihan transportasi dan akomodasi, melalui aplikasi ini. Mereka hanya perlu memotret struk tagihan, lalu mengirimkannya melalui aplikasi absensi. Mereka tidak perlu lagi datang ke kantor hanya untuk mengantar tagihan tersebut.

Cara ini tentu sangat memudahkan. Selain itu, dapat meminimalkan risiko hilangnya dokumen penting untuk keperluan reimbursement.

Cegah kecurangan dan pangkas biaya

Secara keseluruhan, aplikasi yang menggunakan aplikasi atau absensi berbasis web ini akan meminimalkan kecurangan di antara karyawan. Biaya operasional perusahaan pun dapat ditekan. Pada akhirnya, produktivitas karyawan semakin tinggi. Performa perusahaan pun dapat meningkat.

Hadirr, Sistem Absensi Berbasis GPS

Anda sudah tahu kelebihan sistem absensi berbasis GPS, kan?

Sistem absensi berbasis GPS bisa Anda dapatkan di aplikasi Hadirr. Ketika perusahaan harus terus berjalan, sementara pandemi mengharuskan sebagain besar karyawan untuk work from home (WFH), Hadirr bisa memudahkan segalanya.

Mengelola kehadiran karyawan, memudahkan karyawan agar tetap produktif, meminimalkan kecurangan, serta membuat rekap harian atau bulanan, Hadirr lah solusinya.

Baca Juga: Aplikasi Pendukung untuk Work From Home (WFH)

Jangan bingung menghadapi pandemi dan sistem kerja selama masa kenormalan baru. Hadirr benar-benar hadir memberikan solusi yang tepat dan mudah, agar operasional perusahaan Anda tetap berjalan dengan semestinya.

Aplikasi Absensi Online Hadirr