Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi mapping sales pada perusahaan Anda? Jika belum, bacalah artikel ini sampai selesai, agar tahu pentingnya penggunaan aplikasi mapping sales sebagai sales performance management

Apa itu Aplikasi Mapping Sales?

Secara garis besar, aplikasi mapping sales adalah aplikasi yang digunakan untuk melacak dan memantau keberadaan karyawan bagian sales. Aplikasi ini diperlukan, karena jam kerja dan lokasi kerja sales berbeda dengan karyawan lain. 

Baca Juga: Fakta Seputar Aplikasi Sales Tracker

Sales harus melakukan kunjungan ke klien, mengadakan pertemuan dengan klien atau calon klien perusahaan, melakukan survey ke beberapa tempat, serta pekerjaan lainnya. Tentu saja pekerjaan ini tidak bisa dilakukan di kantor. Kalaupun dilakukan di kantor, tidak bisa setiap hari.

Dengan jam dan lokasi kerja seperti ini, sangat mungkin sales tidak produktif. Mereka bisa saja menghabiskan waktu di luar untuk hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Akibatnya, sales berpotensi tidak mencapai target. Hal ini jelas berpengaruh pada profit perusahaan.

Sekarang sudah ada aplikasi mapping sales, untuk mencegah hal-hal di atas. Aplikasi ini juga bukan hanya berfungsi melacak atau memantau sales, tetapi membuat administrasi menjadi lebih mudah dan rapi

Aplikasi Mapping Sales Dibandingkan Sistem Manual

Sudah tidak zamannya lagi menggunakan sistem manual dalam memantau kinerja tim sales. Anda sudah harus menggunakan aplikasi mapping sales untuk sales monitoring dan menjaga produktivitas sales. Berikut beberapa kelebihan aplikasi mapping sales:

Mengurangi biaya operasional

Sistem absensi manual membuat Anda dan HRD harus memasang mesin absensi di kantor. Selain membeli perangkat tersebut, Anda juga harus menyediakan biaya perawatan rutinnya. Sementara, menggunakan aplikasi mapping sales, Anda hanya mengandalkan ponsel milik sales masing-masing. Hal ini dapat mengurangi biaya operasional kantor. 

Melakukan absensi di mana pun

Dengan menggunakan aplikasi sales, tim sales bisa melakukan absensi di mana pun, tanpa harus datang ke kantor terlebih dahulu. Mereka bisa melakukan absensi menggunakan ponsel, bahkan jika tidak terkoneksi internet. 

Mencegah korupsi waktu

Kendala yang biasanya dihadapi oleh perusahaan adalah karyawan bagian sales biasa menggunakan waktu kerja untuk keperluan pribadi atau keperluan lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Dengan aplikasi monitoring sales, mereka bisa mencatat seluruh kegiatannya. Misalnya, “datang” atau saat mulai bekerja, ke kantor klien A, atau meeting dengan klien B. 

Bisa dipantau menggunakan GPS

Mobilitas tim sales sangat tinggi. Jika tidak dipantau, mereka bisa saja tidak produktif. Aplikasi memantau sales bisa digunakan untuk memantau tim sales, dengan mengandalkan GPS. Anda dan HRD akan tahu, ke mana saja mereka pergi, selama jam kerja. 

Berfungsi sebagai CRM

Aplikasi mapping sales juga berfungsi sebagai software CRM atau Customer Relationship Management. Sistem CRM ini mampu mendeteksi keberadaan tim sales saat kunjungan ke klien secara real-time dan dapat klaim reimbursement secara online.

Bisa mengirim reimbursement

Sistem manual hanya memungkinkan pengiriman berkas reimbursement secara manual juga. Sebaliknya, menggunakan aplikasi monitoring sales, sangat memungkinkan tim sales melakukan reimbursement secara digital. Mereka hanya perlu memotret dokumen tagihan, lalu mengirimnya ke bagian keuangan. Cara ini jauh lebih praktis dan meminimalkan risiko hilang atau tercecernya dokumen. 

Memudahkan kedua belah pihak

Menggunakan aplikasi sales akan memudahkan tim sales dan HRD. Tim sales bisa menghemat tenaga, waktu, dan pikiran, karena bisa melakukan berbagai aktivitas pencatatan harian di mana pun dan kapan pun. HRD juga tidak perlu mengambil laporan secara manual, karena bisa mendapatkan laporan performa tim sales, secara otomatis, kapan saja. 

Hadirr, Aplikasi Monitoring Sales untuk Meningkatkan Produktivitas Sales

Anda masih bingung bagaimana mendapatkan aplikasi pemetaan sales? Silakan menggunakan aplikasi Hadirr.

Hadirr bisa digunakan untuk mencatat kehadiran tanpa form kunjungan sales, melakukan reimbursement online, serta monitoring kunjungan sales. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas sales.

Baca Juga: Tanpa Form Kunjungan Sales, Monitor Salesman Jadi Lebih Mudah

Aplikasi inilah yang Anda perlukan dan menjadi solusi untuk meningkatkan profit perusahaan, dengan fokus pada sales management. Hadirr juga menjadi aplikasi sales lapangan yang sangat bisa diandalkan.

Jadi, tunggu apa lagi?

Aplikasi Absensi Online Hadirr