Penjualan produk dan jasa merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat harus diperhatikan karena memengaruhi berhasil atau tidaknya proses penjualan yang karyawan sales Anda lakukan. Salah satu teknik penjualan yang dapat dilakukan yaitu sales canvassing.

Apa Itu Sales Canvassing?

canvassing
Cara Memaksimalkan Canvassing dalam Penerapan CRM | Hadirr

Sales canvassing adalah sebuah kegiatan terencana yang dilakukan untuk meningkatkan minat calon pelanggan terhadap produk yang perusahaan Anda tawarkan secara langsung, tanpa membuat perjanjian terlebih dahulu. Dalam hal ini, calon pelanggan tidak memiliki riwayat interaksi dengan brand atau bisnis Anda sebelumnya. 

Cara kerja sales canvassing untuk membuat kontak dengan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Seperti mengunjungi tempat pelanggan potensial (door-to-door), mengirimkan penawaran perjualan tertulis melalui surat pos atau e-mail. Selain itu, juga bisa menelpon pelanggan potensial yang belum pernah ada riwayat kontak dengan sales (cold-call).

Baca Juga: Cara Membuat KPI Karyawan dan Contoh Perhitungannya

Untuk mengenali kegiatan canvassing, terdapat ciri-ciri yang mempermudah Anda mengenali kegiatan ini. Contohnya penggunaan mobil box perusahaan, pengenalan produk baru kepada pengecer, penetapan harga yang lebih rendah daripada sales motoris, dan pemusatan perhatian pada outlet semi grosir. 

Metode penjualan langsung ini memungkinkan sales bekerja langsung terjun ke lapangan. Peran mereka lebih besar sebab bertanggungjawab memasarkan dan mendistribusikan produk. Tim sales yang melakukan kegiatan canvassing disebut canvasser.

Pentingnya Metode Sales Canvassing bagi Perusahaan

sales canvassing adalah
Sales canvassing adalah | Hadirr

a. Membangun basis pelanggan perusahaan

Penjualan dengan cara canvassing membantu perusahaan memperoleh barisan pelanggan untuk mengembangkan potensi pasar. Canvasser bertugas mendata informasi terkait dengan calon pelanggan, seperti alamat, luas toko, dan informasi lainnya. 

Data yang diperoleh dimanfaatkan untuk optimalisasi penjualan dengan menargetkan calon pelanggan potensial.

b. Mempercepat penetrasi dan daya saing produk di pasar

Kegiatan canvassing bergerak dalam cakupan sebuah area atau wilayah, sehingga menghemat waktu untuk penetrasi produk di muka pasar. Proses penawaran, distribusi, dan penjualan bisa dilakukan secara langsung dalam waktu bersamaan. 

Selain itu, produsen juga bisa menempatkan canvasser di tempat distributor agar memudahkan distribusi barang, menghemat biaya operasional perusahaan, meningkatkan daya saing produk, dan memperluas area pasokan.

c. Meratakan distribusi sebuah produk

sales canvassing
Sales Canvassing Melalui Penerapan CRM | Hadirr

Melalui sales canvassing, produk akan terdistribusi secara merata ke semua wilayah sehingga pelanggan potensial dapat memperoleh produk secara cepat dan tepat. 

Kadangkala, ada distributor yang sudah merasa cukup setelah mencapai target keuntungan hanya melalui sedikit pembeli saja. Padahal jika area pasokan pemasaran dimaksimalkan, perusahaan berpeluang meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Fakta Penting Seputar Sistem CRM

Cara Kerja CRM untuk Memaksimalkan Sales Canvassing

crm sales
Cara Kerja CRM untuk Memaksimalkan Sales Canvassing | Hadirr

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Anda sebaiknya mempertimbangkan kelemahan metode canvassing, sebab jika tidak dilakukan dengan strategi yang tepat justru tingkat keberhasilan penjualan jadi rendah. 

Perlu diketahui, canvassing kurang disukai oleh pelanggan karena membuat mereka jenuh oleh penawaran terus menerus. Hal ini membuat proses canvassing panjang dan melelahkan, serta berpotensi mengakibatkan pembengkakan biaya operasional.

Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa memanfaatkan teknologi Customer Relationship Management (CRM). Penggunaan CRM sales mampu merampingkan urutan sales cycle sehingga membantu canvasser memperoleh closing deals lebih cepat.

Dengan CRM, laporan aktivitas canvasser menjadi lebih mudah. Canvasser tidak perlu melaporkan keberadaan mereka setiap saat kepada sales manager, sebab CRM didukung fitur pelacak lokasi otomatis yang bisa diperiksa sendiri oleh sales manager lewat sistem.

Baca Juga: Pemanfaatan CRM Salesman untuk Keberhasilan Penjualan Anda

Selain itu, canvasser juga bisa menambahkan informasi terkait kunjungan dan kontak pelanggan ke dalam sistem CRM. Data ini memberikan sales akses cepat apabila calon pelanggan tertarik membeli produk yang ditawarkan. 

Setiap menyelesaikan kunjungan dan kontak pelanggan, CRM mampu melakukan update laporan secara real time, sehingga canvasser tidak direpotkan lagi oleh urusan administratif. CRM akan mengukur dan memaksimalkan tingkat KPI sales karyawan Anda.

Aplikasi Hadirr, Solusi Tepat Memaksimalkan Sales Canvassing Anda

Canvassing adalah teknik penjualan untuk meningkatkan penjualan langsung kepada calon pelanggan Anda. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa memanfaatkan Hadirr, aplikasi manajemen karyawan yang dilengkapi oleh sistem CRM

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Fitur client visit Hadirr memudahkan sales manager melakukan monitoring aktivitas canvasser selama berada di lapangan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk melacak keberadaan canvasser lewat teknologi GPS, menyimpan dokumen meeting klien yang berisikan informasi terkait klien sebagai calon pelanggan, dan menyimpan tanda tangan digital.

Baca Juga: Ulasan Aplikasi GPS untuk Sales Terbaik di Indonesia

Pemantauan canvasser bisa dilakukan secara real time dan laporan aktivitas sales tersedia otomatis tinggal klik unduh saja. Aplikasi sales Hadirr menjadi solusi CRM terbaik untuk memaksimalkan tim sales perusahaan Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA