Monitoring pekerjaan sales penting untuk efisiensi sales cycle dan meningkatkan penjualan. Masalah yang sering dikeluhkan oleh pebisnis adalah keterbatasan dalam monitoring pekerjaan sales. Kurangnya visibilitas terhadap proses penjualan menimbulkan trust issue antara tim sales dengan manajemen. Berikut beberapa problema yang dialami pebisnis terkait tim sales dan solusi teknologi digitalnya:

Baca Juga: Strategi Mengelola Karyawan Remote Saat Pandemi Corona

 

Korupsi Waktu

“Pak, saya meeting dulu ya di kafe A.” Meeting yang hanya satu jam dijadwalkan dua jam untuk “bersantai” dulu. Tidak dipungkiri bahwa integritas sales dipertanyakan secara umum. Berdasarkan hasil polling Gallup, firma konsultasi global analytics menyatakan bahwa integritas dari seorang sales termasuk paling rendah, setara dengan politikus. Aplikasi monitoring sales Hadirr dapat membantu mencatat meeting sales secara otomatis. Anda tidak dipusingkan dengan masalah kejujuran dan tim sales pun terbantu karena catatan meeting dapat dilihat kapan saja 

 

Mobilitas yang Tidak Efisien

Beberapa kantor menerapkan kebijakan untuk absen masuk pagi dan absen pulang sore di kantor bagi semua karyawan. Jika sales harus bolak-balik untuk absen ketika ada meeting di pagi dan sore hari, tidak efisien dari segi waktu dan biaya bagi perusahaan Anda. Teknologi yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk monitoring sales adalah aplikasi absensi sales Hadirr. Tim sales Anda dapat mencatat kehadiran dan meeting mereka melalui smartphone. 

 

Deal Closing Terlalu Lama

Sales cycle yang terlalu Panjang dapat menghambat revenue bagi perusahaan Anda. Untuk melakukan monitoring proses dan menganalisis loophole dari tahapan sales perusahaan Anda dapat mengimplementasikan sistem CRM (Customer Relationship Management). Sistem ini menggabungkan proses, teknologi dan manusia, sehingga mampu menganalisis hubungan kebutuhan dan perilaku pelanggan. Beberapa pilihan CRM terbaik antara lain Salesforce, Zoho CRM dan Pipedrive.

 

Budget Bengkak

Proses sales membutuhkan waktu dan uang. Perusahaan biasanya mengalokasikan budget bagi tim sales untuk closing deal. Administratif reimbursement sales yang tidak rapi menyebabkan bengkaknya budget jika dibandingkan dengan COGS (Cost of Goods Sold) sehingga margin yang dihasilkan tipis. Mengurangi risiko tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi sales online Hadirr. Bukti pembayaran dan reimbursement lainnya disimpan melalui aplikasi yang terintegrasi sehingga bagian keuangan dan Anda pun dapat mengaksesnya.

Baca Juga: 5 Solusi Digital New Normal Buatan Indonesia untuk Bisnismu

Problema dalam monitoring sales dialami oleh banyak perusahaan dan menjadi masif apabila tidak diatasi dengan solusi teknologi yang tepat. Hadirr dengan fitur Client Visit dan reimbursement membantu Anda untuk monitoring pekerjaan sales secara efisien dan memberikan visibilitas dalam prosesnya. Anda dapat mengimplementasikan Hadirr secara simultan dengan sistem CRM dan HRIS (Human Resource Information System) untuk mengoptimalkan proses bisnis. Bebaskan kekhawatiran pada sales Anda dengan Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Haunina K. Sari