program sales Mengenal Berbagai Program Sales yang Paling Efektif | Hadirr

Mengenal Berbagai Program Sales yang Paling Efektif

Tim sales dalam perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Namun, untuk mencapai tujuan itu tentunya dibutuhkan strategi yang baik untuk menyasar target pasar.

Dalam dunia bisnis strategi yang berulang, terkoordinasi, berulang, serta memiliki standar tertentu untuk mendapatkan pelanggan B2B dan B2C ini disebut dengan program sales.

Ada berbagai program sales yang bisa Anda terapkan dalam kinerja tim sales. Hal ini dapat diterapkan berdasarkan jenis dan ukuran yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Hal terpenting dalam memilih dan menerapkan program sales Anda adalah pelanggan atau customer Anda. Namun, hal ini bisa ditentukan oleh berbagai aspek, misalnya targetnya adalah pelanggan baru, mempertahankan pelanggan loyal, atau menyasar target pasar yang baru.

Yuk, bahas lebih lanjut tentang jenis-jenis program sales berikut ini.

Baca Juga: Tips Sales Canvassing Agar Pasti Cuan

Berbagai Program Sales untuk Tingkatkan Penjualan

program sales penjualan
Program sales untuk meningkatkan penjualan | Hadirr

Berikut ini beberapa strategi program sales yang dapat Anda terapkan pada sales plan untuk tingkatkan penjualan:

1. Reward program

Program ini mungkin sudah umum diterapkan oleh banyak brand. Reward program dilakukan dengan cara memberikan poin kepada pelanggan setiap melakukan transaksi pembelian merek perusahaan Anda.

Apabila sudah terkumpul, poin dapat ditukarkan dengan hadiah menarik dengan jumlah tertentu. Tujuan dari program ini yaitu mempertahankan pelanggan untuk tetap menggunakan barang atau jasa yang Anda jual.

2. Promosi

Promosi sales merupakan cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan jumlah konsumen dalam jangka waktu tertentu. Bentuk promosi sales biasanya diskon saat-saat tertentu yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda, cashback, buy 1 get 1, buy 1 get 2, dan masih banyak lagi.

3. Sampel gratis

Ada juga program sales yang bisa Anda gunakan saat mengeluarkan produk baru, yaitu dengan memberikan sampel gratis. Siapa sih orang yang tak suka diberi produk gratis?

Sampel gratis bisa Anda berikan begitu saja kepada konsumen. Harapannya konsumen akan merasa cocok dengan produk tersebut dan menjadi pelanggan loyal. Atau Anda juga bisa memberikan sampel gratis bersamaan dengan pembelian produk tertentu.

4. Giveaway

Program giveaway ini juga banyak dilakukan melalui media sosial. Tujuannya pun beragam, untuk meningkatkan awareness produk, menambah followers media sosial, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan loyal.

Bentuk giveaway juga banyak. Bisa berbentuk kontes, undian, share IG story dengan produk Anda di dalamnya, dan masih banyak lagi. Biasanya semakin tinggi harga hadiahnya akan semakin banyak yang ikut giveaway. 

5. Referral program

Program sales yang satu ini juga sudah banyak digunakan lewat media sosial khususnya untuk produk-produk kecantikan dan kesehatan. Referral program ini dilakukan dengan cara melakukan rujukan kepada orang lain.

Tentunya promosi dari mulut ke mulut merupakan hal yang cukup kuat untuk menjaring pelanggan baru.

6. Product bundling

Program sales lainnya yang dapat Anda terapkan yaitu product bundling. Caranya yaitu dengan menjual produk dalam bentuk bundle. Produk bundle bisa berisi lebih dari satu produk dengan harga satuan yang jatuhnya jadi lebih murah.

Di sisi lain, cara ini juga bisa meningkatkan penjualan dan lebih besar mendapatkan keuntungan.

7. Loyalty program

Loyalty program juga merupakan program sales yang sudah banyak dilakukan oleh beberapa merek. Caranya yaitu dengan menjadikan pelanggan sebagai member kemudian member akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya, harga khusus member, produk gratis khusus member, dan program spesial lainnya.

Dengan menerapkan loyalty program, member akan lebih tertarik membeli barang-barang Anda, setia pada produk Anda, dan merasa diuntungkan.

Baca Juga: 5 Tips Upaya untuk Meningkatkan Retensi Karyawan di Perusahaan Anda 

8. Program inside scoop

Program sales ini juga banyak digunakan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Caranya adalah dengan aktif memberikan informasi tentang berbagai promosi atau keuntungan produk Anda kepada calon pelanggan. 

9. Program afiliasi

Program afiliasi juga merupakan cara yang sekarang banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena caranya yang mudah dan profit yang didapat juga cukup tinggi.

Caranya adalah dengan melibatkan individu atau kelompok untuk melakukan review terhadap produk Anda. Nantinya review tersebut direkam dan dijadikan konten media sosial. Individu atau kelompok tersebut nantinya akan mendapatkan komisi sesuai jumlah pelanggan yang membeli produk Anda lewat mereka. 

Bisa dikatakan cara ini cukup hemat biaya namun dampaknya cukup besar, apalagi bagi produk-produk yang baru masuk pasaran.

10. Program kemitraan

Program kemitraan dilakukan dengan cara produk Anda direkomendasikan oleh vendor lain dengan layanan terkait. Misalnya, Anda menjual produk minuman sehat, Anda dapat melakukan kemitraan dengan gym atau layanan kesehatan lain untuk menjual produk Anda dengan harga spesial.

Perlu diingat, sebaiknya Anda melakukan program kemitraan ini dengan layanan yang terkait agar konsumen merasa lebih dekat, lengkap, dan dilayani dengan baik.

Aplikasi Monitoring Sales dengan Fitur Terlengkap

Aplikasi Hadirr sales
Fitur Hadirr Sales di Aplikasi CRM Hadirr

Nah, itu tadi adalah beberapa program sales yang paling efektif untuk dapat diterapkan dalam meningkatkan penjualan. Untuk memudahkan pencatatan kinerja sales dan meningkatkan profit bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi Hadirr, lho.

Aplikasi Hadirr memiliki fitur yang lengkap. Seperti absensi digital dengan selfie, client visit untuk mencatat kunjungan klien secara real time.

Selain itu, juga ada timesheet online untuk mencatat daftar pekerjaan harian di handphone serta memantau produktivitas tim sales, dan reimbursement online yang mempermudah administrasi karyawan.

cta program sales

Baca Juga: Pentingnya Software CRM dalam Bisnis

Dengan aplikasi CRM Hadirr ini Anda juga mendapatkan fitur Hadirr Sales yang membantu mengelola tahapan-tahapan (pipeline) sales, aktivitas penjualan dan data customer tersimpan dan terdokumentasi. 

Tunggu apalagi? yuk, beralih ke aplikasi Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ANIS

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories