Ingin Menggunakan Aplikasi Sales Lapangan? Inilah Ulasannya – Secara umum, tugas sales lapangan adalah mencari calon pelanggan yang akan menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan, menjual produk perusahaan, hingga melaporkan hasil proses penjualan secara terperinci untuk bahan evaluasi manajer sales.

Dalam bekerja, sales lapangan menyebar di banyak titik lokasi. Tugas melacak dan mengukur kinerja sales seringkali dilakukan manajer sales seorang diri, padahal hal tersebut tidak efektif dilakukan.

Lalu, bagaimana cara mengawasi sales lapangan dengan lebih efektif? Itulah alasan hadirnya aplikasi kunjungan sales.

Baca Juga: 7 Rahasia Keberhasilan Kunjungan Salesman

Apa Itu Aplikasi Sales Lapangan?

aplikasi sales lapangan
Apa itu aplikasi sales lapangan ? | Hadirr

Aplikasi sales lapangan adalah sebuah perangkat lunak mobile pendukung penjualan yang membantu Anda dalam melacak dan mengelola aktivitas sales dengan mudah.

Melalui bantuan teknologi GPS di Android atau iOs, data aktivitas sales disajikan secara real time. Sehingga Anda bisa mengamati aktivitas sales lapangan meski Anda berada di kantor.

Aplikasi sales lapangan juga dapat diandalkan sebagai alat meningkatkan performa sales. Sebab, selain melacak berdasarkan lokasi, aplikasi ini juga membuat laporan statistik secara otomatis. 

Hal ini memberikan Anda kendali besar dalam memahami kinerja dan kebutuhan sales. Kemudian membantu Anda dalam menyusun strategi peningkatan penjualan dan performa tim.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Sales Lapangan

tugas sales lapangan
Manfaat dan tugas sales lapangan | Hadirr

Terdapat beberapa manfaat menggunakan aplikasi sales lapangan, di antaranya :

1. Memudahkan dalam penyediaan informasi

Aplikasi sales memudahkan Anda membagikan informasi, mendistribusikan tugas, dan melihat hasil komunikasi sales dengan pelanggan.

Sales manager terhubung dengan timnya sehingga bisa proaktif jika misal dibutuhkan pengadaan stok produk tambahan secara cepat.

Baca Juga: Begini Strategi Sales Call untuk Raih Untung Maksimal

2. Mengoptimalkan sales cycle

Aplikasi sales lapangan membantu sales menavigasikan rute kunjungan klien mereka dengan GPS. Data dan dokumen yang mereka butuhkan tersedia di aplikasi sehingga jam kerja dapat dioptimalkan meraih deal closing sebanyak-banyaknya.

3. Memangkas biaya operasional

Aplikasi sales lapangan memungkinkan pemangkasan biaya operasional perusahaan, terutama biaya closing deal. Semakin cepat mendapatkan deal, maka biaya yang dikeluarkan pun juga semakin sedikit.

Tentu saja kelebihan dari penggunaan teknologi adalah efektivitasnya terhadap keuangan perusahaan Anda.

Kekhawatiran Seputar Aplikasi Sales

Berikut alasan mengapa masih banyak yang khawatir beralih menggunakan software sales lapangan :

  • Kekhawatiran aplikasi gagal diimplementasikan di perusahaan. 
  • Asumsi bahwa menggunakan software justru menambah beban pekerjaan yang ada.
  • Implementasi software yang gagal merugikan perusahaan dari segi tenaga, waktu, dan uang.
  • Cara manual dianggap lebih mudah dibandingkan sistem integrated dari aplikasi.

Fungsi dari aplikasi sales lapangan adalah memudahkan pekerjaan pengelolaan sales di perusahaan Anda. Kemudahan ini sangat mempertimbangkan tenaga, waktu, dan uang yang Anda investasikan.

Kegagalan dalam implementasi aplikasi dapat disebabkan oleh kurang tepatnya aplikasi yang dipilih untuk menjawab permasalahan perusahaan.

Lakukanlah riset mengenai fitur-fitur yang ada di aplikasi, sebab beda bisnis bisa berbeda kebutuhan dalam sistem penjualannya.

Memilih Aplikasi Sales Hadirr dengan Fitur Pengelolaan Sales Lengkap

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Kekhawatiran Anda dapat diatasi dengan memilih aplikasi sales Hadirr untuk membantu dalam memudahkan pekerjaan pengelolaan dan meningkatkan performa tim sales Anda.

Hadirr dilengkapi fitur client visit untuk mengetahui jadwal kunjungan klien dan aktivitas yang dilakukan sales. Anda dapat mengakses dokumen yang dibagikan tim sales secara online

Ada juga fitur reimbursement online yang memudahkan sales dalam mengklaim biaya transportasi kunjungan, konsumsi, serta biaya lain berkaitan dengan kunjungan sales ke klien.

Baca Juga: 6 Pilihan Software Sales yang Terkenal di Indonesia

Terakhir, Hadirr menawarkan fitur presensi sales untuk mencatatkan kehadiran digital melalui perpaduan GPS dan face biometric system. Jadi, tim sales sudah tidak perlu lagi datang ke kantor hanya untuk presensi.

Fitur yang dimiliki Hadirr mudah digunakan. Aplikasi dari Fast 8 Group ini terbukti sudah digunakan ribuan perusahaan mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar. Sudah saatnya Anda juga beralih menggunakan Hadirr agar produktivitas sales dan perusahaan lebih maksimal.

Aplikasi Absensi Online Hadirr