Tim sales memiliki peran penting dalam kesuksesan perusahaan. Meskipun kerja sama antar divisi tetap dibutuhkan, namun sales menjadi kunci untuk mengembangkan segmentasi pasar. Untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Anda bisa meningkatkan target penjualan melalui cara tradisional maupun lewat platform digital.

Baca Juga: Aplikasi Sales Tracking Ini Tingkatkan Produktivitas Bisnismu

Namun, perlu Anda ketahui, cara-cara tersebut mungkin takkan berhasil jika tidak diimbangi oleh performa tim sales itu sendiri. Strategi yang telah disusun bisa gagal apabila performa tim sales menurun. Yang dimaksud dengan performa adalah seberapa baik seseorang dalam melakukan sebuah kegiatan. Jika Anda sedang atau ingin membentuk tim sales handal, berikut 5 saran yang dapat diterapkan:

Mengembangkan Skill Tim Sales

Sebagai seorang owner atau pemimpin tim sales, hal ini wajib menjadi perhatian utama Anda. Belasan, puluhan, atau bahkan ratusan orang sales merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda. Meski begitu, tenaga dan skill mereka bukanlah aset yang bisa Anda gunakan terus-menerus.

Ada kalanya mereka kehabisan akal untuk mencapai target. Yang harus Anda lakukan yaitu merangkul serta memberi apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan penjualan. Seperti course digital marketing gratis demi mempertajam kemampuan sales di lapangan.

Mendengarkan & Memecahkan Masalah di Lapangan

Seringkali, manajer sales tidak mau tahu masalah yang dihadapi oleh tim saat melakukan penjualan. Fokusnya hanya kepada keuntungan semata. Padahal, ada kalanya Anda harus bertukar pikiran dan mendengarkan keluh kesah mereka selama ini.

Dengan mendengarkan, secara tidak langsung Anda akan menumbuhkan rasa percaya di antara atasan dan bawahan. Mereka tak segan untuk memberi masukan, saran maupun bertanya langsung kepada Anda cara untuk meningkatkan penjualan.

Memberikan Tantangan

Setiap perusahaan memiliki berbagai target konsumen yang berbeda. Ada yang dari kelas menengah hingga kelas atas. Jangan ragu untuk memberi tantangan kepada tim Anda untuk mendapatkan pelanggan yang potensial. Hal ini membuat mereka terus belajar menghadapi tantangan baru.

Tak perlu takut untuk memperkenalkan calon pelanggan yang potensial. Anda akan melihat seberapa berani tim sales untuk mengambil keputusan.

Belajar dari Kompetitor

Poin keempat yaitu mempelajari seluk beluk marketing yang dilakukan kompetitor. Produk boleh sama, namun eksekusinya mungkin berbeda. Ajak tim sales Anda untuk update dengan perkembangan industri terkini serta platform marketing yang ramai digunakan. 

Tetapi, perlu diingat bahwa Anda tak perlu 100% meniru kompetitor. Amati, pahami, dan jadikan inspirasi bagi kinerja tim sales di masa mendatang.

Hargai Perjuangan Tim Sales

Dalam dunia sales, Anda tentu mengenal istilah sales performance management. Istilah ini diartikan sebagai cara untuk mengelola, menganalisis, memberi kompensasi dan meningkatkan produktivitas tim sales. Sayangnya, di fase ini terkadang Anda terlalu fokus terhadap strategi penjualan tanpa mengingat proses di baliknya.

Pekerjaan sales bukanlah mudah. Oleh sebab itu, hargai setiap waktu dan tenaga yang dikerahkan oleh tim sales Anda. Tak perlu tergesa-gesa, asalkan penjualan stabil dan bisa meningkat sedikit demi sedikit. Bangun suasana kerja yang positif agar sales merasa nyaman bekerja di perusahaan. 

Suasana kerja yang positif dapat diwujudkan melalui monitoring pekerjaan sales yang baik. Tidak jarang ditemui kasus karyawan yang memilih resign dikarenakan birokrasi yang ribet dan kurang transparan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa memulai dengan menggunakan aplikasi absensi sales.

Salah satu aplikasi sales yang bisa Anda gunakan yaitu Hadirr. Aplikasi ini membantu monitoring pekerjaan sales menjadi lebih cepat dan fleksibel. Ada fitur absensi selfie dan reimbursement online yang memungkinkan karyawan untuk ambil absen di ponsel masing-masing dan juga menghemat kertas. Sehingga mempermudah koordinasi antara sales admin, HR dan finance.

Baca Juga: 4 Kelebihan Aplikasi Absensi Online bagi Perusahaan

Hadirr juga dilengkapi dengan fitur client visit untuk mencatat jadwal kegiatan kunjungan sales secara real-time. Tak perlu waswas karena Hadirr mencatat lokasi karyawan dengan GPS, menyimpan tanda tangan digital, dan dokumen meeting tim sales Anda.

Yuk, tingkatkan performa tim sales dengan aplikasi Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr