Pada zaman serba digital seperti saat ini, aplikasi presensi online karyawan tentu menjadi lebih praktis. Saat ini hampir semua instansi seperti kantor, kampus, maupun sekolah, sudah mengubah sistem presensinya dari manual menjadi digital.

Bagi perusahaan, presensi online lebih memudahkan. Divisi human resources (HR) atau payroll tidak perlu bersusah payah melakukan tugasnya secara manual. Hal ini membuat pekerjaan menjadi hemat waktu dan tenaga. 

Fungsi Aplikasi Presensi Online Karyawan

Saat ini sudah banyak instansi yang beralih menggunakan presensi online untuk karyawannya, karena sistem digital ini memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi tersebut adalah:

Baca Juga: Tanya Jawab: Cara Pakai Aplikasi Absen (Presensi) Hadirr untuk WFH

Membantu mengelola kehadiran karyawan

Perusahaan Anda memiliki jumlah karyawan yang banyak? Betapa repotnya jika pencatatan kehadiran para karyawan tersebut dilakukan secara manual. Pasti setiap bulan Anda akan disibukkan luar biasa dalam pekerjaan penghitungan jumlah kehadiran karyawan. 

Hal ini tentu harus dilakukan karena menyangkut penghitungan dan pemberian gaji karyawan. Aplikasi online akan sangat membantu. Sebab, Anda atau bagian HR hanya perlu mengambil hasil laporan presensi karyawan yang sudah tercatat secara digital. Tidak ada lagi kehebohan setiap akhir bulan di bagian HRD.

Meminimalkan kecurangan

Sebagai pemilik perusahaan atau orang yang bertugas di bagian HRD, tentu Anda sudah tahu bahwa ada karyawan yang kerap melakukan kecurangan dalam pencatatan presensi. Ada karyawan yang sering menitip daftar kehadiran pada temannya jika menggunakan presensi mesin pencetak, ada juga yang memalsukan atau menitipkan gambar sidik jarinya.

Menggunakan sistem presensi online akan meminimalkan kecurangan seperti itu. Sebab, pencatatan kehadiran dilakukan melalui aplikasi di ponsel masing-masing karyawan, dengan sistem swafoto (foto selfie). Foto ini akan dicocokkan dengan data foto yang sudah tersimpan di sistem.

Sistem absensi ini juga bisa melacak keberadaan karyawan secara real time karena sudah terhubung dengan GPS. 

Mengatur jadwal kerja karyawan

Aplikasi presensi online sangat memudahkan pengaturan jadwal kerja karyawan, terutama yang kerjanya menggunakan sistem shift. Di sini HRD tidak perlu pusing mengatur jadwal secara manual. Sebaliknya, karyawan juga bisa dengan mudah memeriksa jadwal kerjanya. 

Dengan aplikasi ini, karyawan juga memungkinkan mengganti jadwal kerjanya ke hari lain dan menukarnya dengan jadwal kerja karyawan lain. Tentunya setelah ada kesepakatan dengan karyawan lain penggantinya.

Menampilkan agenda penting

Setiap perusahaan memiliki agenda penting dalam pengoperasiannya. Sistem presensi online memungkinkan perusahaan menampilkan agenda penting tersebut secara digital. Mungkin saja perusahaan sedang mengadakan program training bagi karyawan, secara bergantian. Jadi agenda ini pun dapat dilihat langsung oleh karyawan yang mendapat giliran training.

Baca Juga: 7 Keunikan Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Fitur-Fitur yang Ada pada Aplikasi Presensi Online Hadirr

Hadirr adalah aplikasi presensi online karyawan, yang dapat diandalkan. Dengan menggunakan aplikasi Hadirr, perusahaan Anda bisa mendapatkan fungsi-fungsi yang sudah disebutkan di atas. Anda pun dapat lebih mudah mengelola perusahaan.

Aplikasi Hadirr memang ditujukan untuk memudahkan semua pihak, baik pihak perusahaan maupun karyawan. Aplikasi absensi Hadirr memiliki fitur-fitur penting bagi perusahaan, seperti:

Fitur timesheet online

Fitur ini berguna untuk pemantauan aktivitas karyawan. Tim HRD perlu memantau dan menilai efektivitas kinerja karyawan. 

Fitur timesheet online Hadirr bisa menyajikan data presensi karyawan yang berkaitan waktu kerja, sehingga Anda bisa mengetahui waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing karyawan dalam mengerjakan tugas. Fitur ini juga memudahkan Anda melakukan time tracking, seperti memantau jam keluar masuk karyawan, berapa lama karyawan lembur, berapa hari karyawan mengambil cuti.

Semua ini untuk melihat performa karyawan dan berhubungan dengan kenaikan jabatan atau gaji. 

Fitur shift kerja

Fitur ini digunakan untuk mengatur shift kerja karyawan. Dalam satu shift kerja tentu Anda harus menempatkan karyawan yang sesuai, agar tim kerja shift ini dapat melakukan tugasnya dengan baik. Misalnya, di sebuah restoran, karyawan yang unggul dalam mengelola kebutuhan tamu bisa disatukan shift-nya dengan karyawan yang mampu bekerja di belakang meja. 

Anda tidak perlu berulang-ulang mengatur jadwal. Pengaturan shift kerja karyawan hanya perlu dilakukan satu kali, langsung bisa diterapkan pada karyawan.

Fitur reimbursement

Ini adalah fitur untuk pengajuan klaim online. Dengan menggunakan fitur ini, Anda sebagai pemilik perusahaan lebih mudah melakukan koordinasi keuangan dengan bagian terkait, untuk menunaikan kewajiban memenuhi klaim karyawan. 

Baca Juga: Praktis! Aplikasi Reimbursement Online Tingkatkan Transparansi di Perusahaan

Fitur ini sangat mudah digunakan. Karyawan tinggal memotret dokumen lalu mengunggahnya. Selanjutnya menunggu persetujuan. Anda di pihak perusahaan tinggal melakukan pembayaran melalui aplikasi Hadirr juga. Semua bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Mengerjakan rekapitulasi presensi karyawan tidak lagi serumit dahulu. Sekarang sudah ada Hadirr, aplikasi presensi online karyawan yang memiliki fitur lengkap, mulai dari absensi digital hinggal fitur client visit, sehingga banyak kebutuhan pengelolaan karyawan yang dapat terpenuhi dengan mudah.

Aplikasi Absensi Online Hadirr