Subsrcibe

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Pentingnya Sales Management bagi Perusahaan
Mengapa Sales Management Penting bagi Perusahaan? | Hadirr
Sales Management

Pentingnya Sales Management bagi Perusahaan

Divisi sales berperan dalam menentukan bagaimana sebuah perusahaan menjual produk dan jasanya kepada pelanggan. Dulu, kegiatan penjualan difokuskan pada pengarahan sales di lapangan saja. Namun saat ini, dengan ketatnya persaingan bisnis, sekadar mengarahkan sales untuk jualan saja tidak cukup.

Baca Juga: Tanpa Form Kunjungan Sales, Monitor Salesman Jadi Lebih Mudah

Perusahaan yang berkembang  mampu mengelola satu hal ini dengan baik : sales management. Untuk penjelasan lebih jelasnya, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Sales Management

Menurut Geektonight, sales management atau manajemen penjualan adalah proses menyusun dan mengembangkan performa tim sales, mengoordinasi operasi penjualan, serta menerapkan teknik penjualan yang memungkinkan bisnis agar secara konsisten mencapai target penjualannya, bahkan melampauinya.

Anda tentu ingin meningkatkan penjualan dan keuntungan untuk tim sales anda. Konsumen juga ingin memperoleh jasa dan produk berkualitas sesuai dengan value yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, sales management menjadi ‘win-win solution” untuk kedua belah pihak. 

Komponen Penting dalam Sales Management

Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu memerhatikan tiga komponen utama dalam sales management. Dilansir dari Pipedrive, tiga komponen tersebut berupa :

Sales operation

Operasi penjualan meliputi proses menyusun dan membangun sebuah tim yang tidak hanya diisi oleh sales yang hebat, tapi juga hebat dalam memasarkan produk dan jasa. Bukan hal yang mengejutkan lagi bahwa tim sales adalah tulang punggung sekaligus representatif dari perusahaan, sehingga perlu dilatih untuk memaksimalkan performa individu demi hasil keseluruhan yang kolaboratif.

Baca Juga: Fakta Penting Sistem CRM yang Wajib Anda Ketahui

Sales strategy

Strategi penjualan menentukan proses penjualan. Sales manager harus menyiapkan funnel penjualan yang meliputi rangkaian proses dari mengiring calon pelanggan tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan hingga memutuskan melakukan transaksi pembelian. Contoh strategi lainnya adalah customer acquisition, customer retention, personal selling, dan distribution.

Sales analysis

Analisis laporan penjualan dilakukan untuk melihat performa implementasi strategi penjualan. Hasil analisisnya dengan indikator kuantitatif tertentu menjadi acuan dalam melakukan perbaikan dan peningkatan strategi penjualan untuk selanjutnya. Kesuksesan perusahaan bisa dilihat dari hasil sales analysis.

Mengapa Sales Management Penting Bagi Perusahaan?

Sedari awal Anda membaca artikel ini, sudah disebutkan bahwa perusahaan yang bisa mengelola sales management akan berkembang. Perkembangan perusahaan akan berlangsung cepat dan berkelanjutan. Manajemen penjualan melibatkan peran dari tiga pihak, yaitu manajer penjualan, tim sales dan pelanggan.

Implementasi manajemen penjualan yang baik berpengaruh positif terhadap ketiga pihak tersebut. Divisi sales dapat beroperasi maksimal dalam mencapai target dan keuntungan perusahaan pun akan meningkat. Apalagi jika pelanggan merasa senang dengan produk dan layanan yang diberikan, maka mereka secara suka rela merekomendasikan produk dan jasa Anda kepada orang lain.

Jika branding dan keuntungan perusahaan terus meningkat, keberadaan perusahaan akan bertahan lama, bukan? Nah, jika Anda ingin menjalankan sales management yang baik juga, aplikasi monitoring sales Hadirr adalah solusinya

Dalam implementasi sales strategy, masih ada keterbatasan dalam sales monitoring untuk melihat produktivitas sales yang lebih banyak bekerja di lapangan. Trust issue terhadap divisi sales bisa meningkat.

Keunggulan aplikasi Hadirr sebagai aplikasi sales lapangan adalah mengatasi trust issue tersebut. Tidak ada lagi kesempatan untuk “korupsi waktu”. Mobilitas efisiensi sales jadi lebih mudah karena tak perlu ke kantor untuk absensi. Hadirr memiliki fitur-fitur untuk mencatat kehadiran, laporan kunjungan klien dan reimburse invoice secara online. Bisa diakses melalui telepon genggam masing-masing saja, lho!

Tentu saja, Hadirr memiliki fitur absensi sales digital  yang menggabungkan teknologi GPS (Global Positioning Sytem) dan face recognition untuk validasi lokasi dan kecocokan wajah secara real-time. Setiap sales hanya perlu melakukan selfie dan data kehadiran mereka akan terekam dalam sistem dengan aman.

Baca Juga: Inilah Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Sales tracking juga akan menjadi jauh lebih efektif. Sebab, aplikasi ini bisa diandalkan juga sebagai sales performance management. Fitur client visit dan reimbursement online membantu sales melaporkan kunjungan klien tanpa form kunjungan sales serta mempermudah pengajuan reimbursement secara online. 

Selain itu, perusahaan biasanya menerapkan sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk mencegah deal closing terlalu lama. Anda juga dapat mengintegrasikan sistem absensi Hadirr dengan sistem CRM untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda. Fitur-fitur yang dimiliki Hadirr akan memudahkan kedua belah pihak, baik tim sales maupun sales manager itu sendiri. Tertarik mencoba?

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *