Sebagian perusahaan mungkin masih bertahan menggunakan absensi fingerprint untuk melakukan pencatatan kehadiran karyawan nya. Walaupun saat ini sistem absensi online sudah populer karena dinilai lebih praktis, efisien dan fleksibel dimana perusahaan tidak membutuhkan investasi lebih untuk perangkat mesin absensinya. Namun ternyata masih banyak perusahaan yang meragukan apakah sistem komunikasi data antar-perangkatnya aman, mengingat  database yang tersimpan berada di server pihak ketiga. 

Baca Juga: 3 Cara Karyawan Mengakali Absen Fingerprint

Salah satu aplikasi absensi online adalah Hadirr. Tak hanya menggunakan teknologi face recognition dan GPS, Hadirr pun menerapkan tingkat keamanan data yang tinggi mulai dari lalu lintas data hingga penggunaan sistem penyimpanan cloud yang terpercaya. Berikut fakta-fakta yang dapat perusahaan Anda pertimbangkan apabila masih ragu menggunakan aplikasi absensi berbasis online Hadirr:

 

Menggunakan Layanan Penyedia Cloud No 1 di Dunia 

Hadirr menggunakan layanan penyimpanan awan (cloud) IaaS (Infrastructure as a Service) dari penyedia cloud nomor satu dan terbesar di dunia, yakni Amazon Web Services (AWS). Dimana AWS telah dipercaya oleh banyak pengguna di dunia, dari mulai perusahaan start-up hingga korporasi raksasa dengan beragam sektor bisnis. AWS menawarkan  lebih dari 120 jenis layanan cloud sesuai kebutuhan bisnis serta dikenal dengan keandalan infrastruktur dan ketangguhan sistem keamanannya.  

 

Sistem Keamanan Web Sekelas Perbankan 

Hadirr menggunakan Security Socket Layer (SSL) 256-bit pada website. Ini merupakan sistem keamanan data yang umum digunakan pada bank untuk perlindungan data sensitif nasabah, seperti data kartu kredit dan nomor PIN.

SSL merupakan protokol keamanan dalam komunikasi data lewat internet untuk menjamin autentikasi data, agar data yang dikirim dan diterima pengguna tetap utuh dan tidak mengalami perubahan (modifikasi) oleh pihak ketiga dalam perjalanannya. Protokol SSL ditandai dengan logo gembok dan nama organisasi berwarna hijau di address bar pada browser, PT Fatiha Sakti [ID].

 

Back-up Data yang Dapat Diandalkan 

Dengan Hadirr, semua data absensi di perusahaan  disimpan di beberapa server yang berlokasi di data center terpisah yang beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Tujuannya sebagai back-up data bagi pengguna. Data center umumnya berlokasi di tempat yang aman dari bencana dan kerusuhan, serta dilengkapi suplai tenaga listrik terus-menerus.

Ketika terdapat  salah satu server di data center down atau mengalami gangguan, server yang lain masih tetap menjalankan fungsinya sebagai database cadangan sehingga perusahaan tetap dapat mengirim dan mengakses data yang dibutuhkan. 

 

Catatan Aktivitas (Log) Akun Pengguna 

Semua akses ke akun perusahaan akan tersimpan dalam catatan aktivitas (log), sehingga perusahaan bisa mengecek jika ada pihak lain yang mengakses Hadirr dengan menggunakan akun perusahaan. Artinya, bahwa bisa dipastikan bahwa login di hari dan jam tertentu dilakukan oleh admin perusahaan atau orang lain yang tak dikenal.

 

Enkripsi Data 

Komunikasi data di aplikasi Hadirr dienkripsi menggunakan algoritma yang rumit, sehingga data teracak dan tidak bisa dibaca oleh siapapun kecuali pengguna/pemilik akun. Enkripsi ini akan melindungi semua data yang diakses dan dikirim melalui aplikasi dari dan/ke server, seperti data perusahaan, data personil, data komponen kehadiran, data komponen reimbursement, dan juga foto karyawan untuk face recognition absensi.

 

Dengan dukungan sistem keamanan berlapis yang andal, perusahaan Anda tak perlu ragu menggunakan aplikasi berbasis cloud Hadirr. Bukan hanya mencatat absensi, Hadirr juga dapat mencatat jam lembur, memantau jadwal kerja karyawan, dan mengelola reimbursement.

Baca Juga: 7 Keunikan Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Perusahaan tak perlu keluar biaya untuk membeli perangkat absensi semacam mesin fingerprint, karena aplikasi Hadirr berjalan di smartphone. Dengan teknologi GPS yang tersemat, aplikasi ini memungkinkan pelaporan data absensi karyawan di banyak titik terpisah. Aplikasi Hadirr pun menyajikan data kehadiran secara real-time. Sehingga perusahaan dapat mengecek data terkini absensi kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi.

Aplikasi Absensi Online Hadirr