absensi online Aplikasi Absensi Online Sekaligus Hitung Lembur dan Reimbursement | Hadirr

Aplikasi Absensi Online Sekaligus Hitung Lembur dan Reimbursement

Karyawan di seluruh perusahaan pasti sudah familiar dengan software Microsoft Excel, terutama karyawan divisi HR dan finance yang sehari-harinya bekerja baik online maupun offline menggunakan Excel dalam menghitung berbagai data seperti absensi, payroll atau pun laporan keungan perusahaan.

Software numerik ini telah digunakan secara luas selama bertahun-tahun, dari dunia pendidikan hingga kalangan bisnis, untuk mempermudah setiap pekerjaan yang melibatkan perhitungan matematis.

Baca Juga: Inilah Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Mengerjakan Administratif Perusahaan dengan Microsoft Excel

Di perusahaan, Excel digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan administratif, dari mulai mengelola data karyawan, absensi karyawan, data cuti, hingga menghitung gajiSpreadsheet ini juga dipakai untuk perhitungan lembur yang rumit sesuai rumus upah lembur yang diatur oleh pemerintah.

Excel memang sangat membantu dalam menghitung deretan angka yang sulit, terlebih bagi yang sudah mahir, semua rumus telah tersedia dan tinggal menerapkannya. Misalnya, untuk mengalikan deretan angka di dua kolom, bisa memanfaatkan copy and paste formula sehingga tak perlu memasukkan rumus yang sama di setiap sel.

Namun, persoalan sesungguhnya bukan terletak pada software, melainkan manusia yang mengoperasikannya. Sekalipun didukung oleh rumus yang lengkap, mengerjakan perhitungan dengan Excel pada dasarnya tetap merupakan pekerjaan manual yang mana risiko human error selalu ada.

Kesalahan kecil akibat tidak cermat saat menyalin atau memasukkan angka, berdampak pada kesalahan hitung, lebih buruknya bisa berakibat merugikan perusahaan dan karyawan.

Sebagai contoh, saat menggunakan aplikasi perhitungan lembur Excel untuk menghitung upah lembur karyawan perusahaanmu, karena kesalahan kamu yang kurang teliti menerapkan faktor kali upah sejam, misalnya seharusnya menggunakan perhitungan 3 kali upah sejam, tetapi kamu memasukkannya 4 kali upah sejam.

Dampaknya, gaji bulanan yang diterima karyawan juga tidak akurat. Sebab, lembur merupakan komponen penambah upah karyawan, sehingga berpengaruh pada kalkulasi slip gaji.

Dari perhitunganmu, perusahaan harus membayar karyawan lebih banyak dari yang seharusnya, sehingga menyebabkan pembengkakan biaya perusahaan. Tidak hanya merugikan perusahaan, karyawan juga bisa terkena imbasnya apabila kamu melakukan kesalahan sebaliknya, seperti memasukkan pengali yang kurang dari seharusnya.

Baca Juga: Aplikasi Absensi Sales yang Tepat untuk Sales Lapangan

Kamu mungkin dapat meminimalisir risiko salah hitung lembur di spreadsheet, yaitu dengan mengerjakannya hati-hati, cermat, dan tidak tergesa-gesa. Tetapi, cara ini jelas menghabiskan waktu dan tenaga. Padahal, pekerjaan HR bukan melulu tentang administrasi karyawan, tetapi lebih penting lagi adalah mengembangkan kualitas SDM agar karyawan lebih loyal dan produktif.

Aplikasi Absensi dan Hitung Lembur Online

Mungkin kini saatnya kamu membutuhkan cara yang lebih efisien, yaitu perhitungan yang cepat tetapi akurat dengan mencoba menggunakan absensi online Hadirr, sebuah aplikasi absensi yang juga pintar mencatat dan menghitung jam lembur karyawan secara otomatis, sekaligus memasukkan upah lembur ke dalam perhitungan gaji karyawan dengan payroll software Gadjian yang sudah saling terintegrasi.

Kamu tak perlu repot lagi, karena perhitungan lembur yang menguras waktu bisa diselesaikan cepat dengan risiko kesalahan yang sangat minim melalui dua aplikasi dari PT Fatiha Sakti ini. Sistem perhitungan upah lembur HadirrGadjian menggunakan ketentuan mengenai jam lembur dan upah lembur sesuai peraturan pemerintah.

Sistem dan Metode Absensi Online Hadirr

Hadirr merupakan sistem absensi mutakhir yang menggunakan teknologi cloud. Aplikasi yang kompatibel dijalankan di smartphone ini menerapkan cara absensi yang paling menyenangkan, yaitu foto selfie. Cara ini mudah dilakukan, sebab selfie sudah menjadi gaya hidup zaman digital yang meluas ke berbagai kalangan usia.

Metode absen ini juga paling aman dan bebas kecurangan, karena menggunakan verifikasi biometrik pengenal wajah. Sama halnya dengan fitur keamanan smartphone dengan face recognitionaplikasi absensi online Hadirr akan mendeteksi dan mencocokkan garis wajah sesuai dengan data yang tersimpan dalam sistem.

Hadirr memungkinkan HR memantau kehadiran karyawan di berbagai lokasi terpisah secara real-time dengan memanfaatkan teknologi GPS, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang. Jadi, HR tahu karyawan yang tidak hadir saat itu juga.

cta sales cycle

Tidak hanya dapat mengelola lembur dan absensi dengan lebih efektif, aplikasi ini juga memiliki fitur pemantau jadwal kerja karyawan serta reimbursement dengan cara unggah bukti pengeluaran di aplikasi untuk disetujui penggantiannya oleh bagian keuangan.

Karena tidak menggunakan perangkat stationary seperti mesin fingerprintHadirr sangat fleksibel mengakomodasi karyawan remote dan pekerja luar kantor seperti sales atau tenaga marketing. Perusahaan hanya perlu menyetujui lokasi absen dan karyawan bisa melaporkan kehadirannya dari titik tersebut melalui aplikasi.

Baca Juga: Fitur Monitor Waktu Kerja Karyawan yang Wajib Kamu Tahu

Saking praktisnya aplikasi absensi online Hadirr ini juga berarti penghematan untuk perusahaan, karena Hadirr tidak perlu biaya IT, tetapi cukup dengan ponsel Android atau iOS milik masing-masing karyawan. Data absensi tersimpan aman di server cloud dan dapat diakses kapan saja, sehingga kamu tidak membutuhkan database di kantor.

Perusahaan hanya perlu registrasi di website Hadirr, lalu unduh aplikasinya di Google Play atau App Store, dan tinggal pakai. Dengan biaya berlangganan aplikasi yang terjangkau, Hadirr membuat perusahaanmu lebih hemat waktu dan pengeluaran ketimbang menggunakan sistem absensi manual atau fingerprint.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *