Aplikasi absensi kehadiran online adalah sebuah sistem pencatatan kehadiran karyawan berbasis web menggunakan perangkat lunak (software) yang terhubung dengan penyimpanan berbasis cloud

Ukuran perusahaan Anda tidak menjadi masalah, sebab aplikasi absensi kehadiran bermanfaat untuk manajemen karyawan secara menyeluruh. 

Contoh bidang bisnis yang akan cocok menggunakan aplikasi ini ialah industri media massa, food and beverage, jasa logistik, customer care, manufaktur, start-up, agensi digital, dsb. 

Saat ini, segudang platform tersedia di pasar, namun tidak semuanya sepadan dengan waktu dan uang Anda. Sebaiknya, pilihlah aplikasi kehadiran online yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Baca Juga: Berikut Contoh Format Absensi Karyawan Terlengkap

Kelebihan Aplikasi Absensi Online

Penggunakan sistem manual dan mesin absensi masih memiliki sejumlah kelemahan, di antaranya ialah memerlukan anggaran yang besar untuk pemeliharaan mesin, rentan dimanipulasi, memakan waktu lama untuk perekapan manual, dan tidak bisa untuk melakukan pemantauan kinerja karyawan secara real-time.

Dibandingkan sistem tersebut, aplikasi kehadiran online lebih menguntungkan perusahaan karena memiliki kelebihan berikut.

1. Meminimalisir potensi kecurangan

Dengan adanya aplikasi absensi online, tidak ada yang bisa mengubah atau manipulasi data absen, termasuk bagian HRD sekalipun. Sebab data tersebut sudah dienskripsi dan disimpan aman dalam server aplikasi. 

Aplikasi absensi didukung teknologi face recognition dan GPS untuk verifikasi wajah dan keberadaan karyawan otomatis, sehingga kecurangan pun dapat diminimalisir.

2. Memudahkan rekapitulasi data kehadiran

Banyaknya jumlah karyawan dan kurang akuratnya data kehadiran mengakibatkan rekapitulasi absensi karyawan jadi terkendala. Aplikasi absensi kehadiran mengotomatisasi perekapan data kehadiran tersebut.

Anda tinggal mengunduh file rekapannya untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan analisa kedisiplinan karyawan dan dasar perhitungan penggajian.

3. Mengefisiensi pengeluaran biaya

Aplikasi absensi kehadiran tidak membutuhkan pengadaan mesin yang menghabiskan banyak biaya untuk instalasi dan pemeliharaan, cukup menginvestasikan uang untuk biaya berlangganan yang terjangkau.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan banyak fitur yang lebih dari sekadar pencatatan kehadiran dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penggunaan biaya di perusahaan pun akan jadi lebih hemat.

Baca Juga: 4 Alasan Menggunakan Aplikasi Attendance Management

Rekomendasi Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan 2022

Aplikasi Absensi Kehadiran
Contoh Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan | Hadirr

Berikut daftar aplikasi absensi kehadiran karyawan terpopuler 2022 di Indonesia dengan penawaran fitur-fitur menarik.

1) Timeclock by Homebase

Aplikasi Timeclock by Homebase menawarkan beberapa fitur secara gratis seperti kartu jam waktu, kehadiran, unggah pekerjaan dan pelacakan pelamar, serta pembuatan jadwal lebih dari 10 hari.

2) Clockify

Aplikasi Clockify menyediakan layanan manajemen waktu yang memungkinkan Anda melacak waktu yang dihabiskan untuk setiap aktivitas.

Fitur time tracker-nya membantu karyawan bekerja tetap produktif sebab bisa mendeteksi kemalasan, mengingatkan untuk istirahat, dan memberi laporan kinerja mingguan tim dalam bentuk timesheet.

3) Waktoo

Aplikasi Waktoo digunakan untuk monitoring karyawan setiap saat. Absensi hanya bisa dilakukan pada lokasi dan koneksi yang sudah ditentukan, lalu divalidasi oleh sistem.

4) Smart Presence

Smart Presence menyasar lingkungan kantoran hingga sekolah/kampus. Aplikasi ini memastikan pengelolaan absensi karyawan yang dilengkapi fitur deteksi ekspresi untuk mengurangi kecurangan.

5) Aplikasi Absensi Hadirr

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Hadirr adalah aplikasi absensi online yang menawarkan multi-fitur untuk pengelolaan karyawan. Fitur absensi online Hadirr membantu pencatatan kehadiran karyawan yang akurat, karena dilengkapi teknologi pengenalan wajah dan lokasi. Aplikasi ini tidak bisa diakali dengan fake GPS, sehingga data yang terekam dipastikan akurat tanpa kecurangan.

Selain itu, terdapat fitur lembur karyawan, di mana proses persetujuan lembur dilakukan terpusat melalui aplikasi. Waktu yang biasanya dihabiskan oleh alur proses, kini menjadi lebih ramping. Rekap lembur pun sudah dibuat otomatis dan siap unduh di portal admin.

Baca Juga: Contoh Form Lembur Karyawan yang Wajib HRD Ketahui

Ada juga fitur timesheet online yang membantu dalam penggunaan jam kerja secara efektif, pengontrolan tugas, dan pengalokasian SDM dengan lebih baik.

Data kehadiran pada timesheet ini bisa diintegrasikan untuk keperluan payroll dan penilaian kinerja. Proses pekerjaan HRD, manajer, hingga pemilih bisnis menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat dengan aplikasi absensi Hadirr berbasis web

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA