Sales representative adalah istilah untuk salah satu bagian yang ada di perusahaan. “Sales” artinya penjual dan “representative” artinya sesuatu yang mewakilkan. Jadi, sales representative yaitu orang atau bagian yang mewakili perusahaan untuk menjual barang dan atau jasa kepada pihak lain.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Merekrut & Membentuk Tim Sales Handal

Hampir sebagian besar perusahaan sangat membutuhkan sales representative. Bagian ini sangat menentukan pemasukan perusahaan. Nasib perusahaan terletak di tangan mereka. Omzet perusahaan tinggi atau rendah, tergantung mereka. Bisa dikatakan, tim sales adalah salah satu ujung tombak perusahaan.

Begitu tingginya peran sales, sehingga mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

Mencari pasar

Seorang sales bertugas mencari pasar agar produk atau jasa perusahaan bisa terjual lebih banyak di masyarakat. Tim sales bisa melakukan berbagai cara dalam mencari pasar. Misalnya, melalui media sosial, canvassing, atau bahkan door to door.

Mengenalkan produk ke masyarakat

Tugas tim sales juga harus mengenalkan produk ke masyarakat. Mereka harus mengenal betul produk atau jasa yang dijual, agar bisa menjelaskan pada masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang tahu tentang produk atau jasa tersebut, akan semakin besar pula kesempatan untuk menjualnya.

Mencapai target penjualan

Sales tidak hanya harus menjual produk, tetapi juga harus mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan. Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tim sales inilah yang harus mencapai tujuan perusahaan dalam menjual produk atau jasanya. Mereka juga diharapkan dapat meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan menjaga nama baik perusahaan

Sales ibarat jembatan antara konsumen dengan perusahaan. Oleh karena itu, salah satu tanggung jawab tim sales adalah harus selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sebab, pelanggan adalah sumber penghasilan.

Selain itu, sales juga harus menjaga nama baik perusahaan. Bagaimanapun, perusahaan adalah tempat bernaung. Sedapat mungkin sales representative harus menggunakan kata-kata yang baik dalam berkomunikasi, serta menjaga sopan santun, baik berkomunikasi secara langsung maupun di dunia maya.

Memastikan semua proses berjalan lancar

Ketika berhasil menjual produk atau jasa, tugas tim sales belum selesai. Mereka masih harus memastikan proses pengiriman berjalan lancar. Begitu pula jika ada retur. Apabila terjadi masalah, tugas sales representative adalah mencari solusi agar masalah dapat diselesaikan.

Memantau Kinerja Sales Representative dengan Aplikasi Hadirr

Jam kerja sales representative sangat fleksibel. Begitu tingginya mobilitas sales representative, sehingga sangat mungkin membuat perusahaan kurang bisa memantaunya. 

Sehari-harinya mereka harus mendatangi banyak tempat. Meeting dengan calon klien, menangani masalah di tempat pelanggan, atau mencari pelanggan baru, membuat banyak perusahaan kehilangan kontrol atas mereka. Tidak jarang tim sales juga korupsi waktu. 

Meeting yang seharusnya cukup satu jam, tetapi kadang-kadang mereka baru kembali setelah dua jam. Ternyata mereka pergi ke café hanya untuk nongkrong-nongkrong. 

Untuk menghindari hal ini, perusahaan bisa menggunakan aplikasi sales lapangan Hadirr, untuk memantau kunjungan kerja para sales. Dengan adanya sales monitoring ini, korupsi waktu dapat dihindari. 

Tim sales wajib menuliskan kunjungan kerja mereka pada aplikasi Hadirr. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan GPS, sehingga bisa digunakan sebagai aplikasi mapping sales

Hadirr adalah aplikasi absensi berbasis android yang sangat membantu pihak sales dan pihak perusahaan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Hadirr memiliki fitur pencatatan kehadiran yang bisa mencatat kehadiran para sales representative dari mana pun berada. Aplikasi absensi karyawan seperti ini tentu saja lebih cocok pada masa seperti sekarang ini. Karyawan tidak perlu membuang waktu untuk datang ke kantor hanya untuk melakukan pencatatan kehadiran.

Aplikasi kehadiran lain seperti aplikasi absen sidik jari, sudah tidak efektif lagi, terlebih untuk sales atau pada perusahaan yang memberlakukan work from home (WFH)

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Performa Tim Sales Lapangan

Sales representative juga perlu fokus bekerja. Produktivitas mereka harus dijaga. Jangan membuat mereka ribet dengan aturan pencatatan kehadiran manual yang membuang energi. Aplikasi face print seperti Hadirr tentu membuat mereka lebih nyaman. Para sales hanya perlu berfoto selfie untuk membuat laporan kehadiran. 

Tim sales tentu saja tidak bisa dipisahkan dari perusahaan. Oleh karena itu, keduanya harus saling memberikan kenyamanan dalam bekerja, agar bisa bersama-sama mencapai tujuan perusahaan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr