Salah satu peluang usaha di masa pandemi yang paling banyak diminati adalah bisnis online. Adanya himbauan untuk meminimalisir kontak fisik dan anjuran untuk tetap di rumah menyebabkan jumlah keberadaan bisnis online semakin meningkat dengan berbagai pilihan produk dan jasa yang ditawarkan.

Masyarakat menjadi semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan. Hanya perlu duduk dan melakukan klik transaksi di ponsel, lalu tinggal menunggu pesanan diantarkan. 

Baca Juga: 3 Ide Bisnis Waralaba yang Paling Menjanjikan

Apakah Anda berencana untuk merintis usaha bisnis online? Penggunaan aplikasi untuk bisnis online merupakan syarat utama dalam memulai usaha Anda. Meningkatnya jumlah bisnis online di masa pandemi belakangan ini berdampak pada munculnya banyak aplikasi pendukung bisnis online dengan fitur yang berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan para pelaku usaha.

Pentingnya menggunakan aplikasi pendukung bisnis online adalah untuk mengoptimalkan pekerjaan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, sehingga akan memengaruhi peningkatan pendapatan Anda. Apabila Anda masih kebingungan memilih software ritel apa saja yang Anda butuhkan untuk usaha Anda?

Hadirr merangkum 7 rekomendasi aplikasi online shop berikut ini untuk Anda.

Aplikasi Marketplace

Aplikasi marketplace adalah aplikasi wajib untuk online shop, sebab kegiatan transaksi jual-beli usaha Anda dilakukan disana. Kemudahan dalam pembuatan akun serta keamanan transaksi menjadikan aplikasi marketplace banyak mewarnai Indonesia saat ini. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Anda akan dimanjakan oleh fitur unggulan keren setiap aplikasi.  

Aplikasi Catatan Digital

Aplikasi Google Keep Notes dapat Anda gunakan untuk memudahkan Anda mencatat secara cepat dan aman. Baris tag “Capture what’s on your mind” menggambarkan uraian Keep secara keseluruhan, yaitu dirancang sebagai pengingat cepat. Fitur yang dimiliki adalah memo, drawing memo, voice, image, dan checklist. Anda bisa memilih warna tema dan melabeli catatan Anda sendiri.

Aplikasi Desain Grafis

Untuk membuat profil bisnis yang menarik, Anda bisa mengandalkan aplikasi Canva yang bisa diakses di perangkat mobile dan dekstop. Aplikasi ini mudah digunakan untuk pemula sekalipun karena menyediakan berbagai template desain yang tinggal Anda sunting sesuai kebutuhan. Anda juga bisa membuat desain logo, background, katalog dan brosur promosi usaha menggunakan Canva. 

Aplikasi Alat Bantu Manajemen Media Sosial

Agar bisnis Anda dapat berkembang dan dijangkau calon pelanggan, Anda perlu membuat konten brand awareness dan melakukan promosi di media sosial. Hootsuite hadir untuk mempermudah marketing digital Anda dengan cara memantau dan mengatur semua saluran media sosial dari satu tempat, membuat jadwal konten dan mendapatkan statistik data keyword populer sekaligus kinerja media sosial Anda.

Aplikasi Cek Tarif Ongkir

Ada banyak jasa pengiriman di Indonesia, semuanya menawarkan layanan dan harga yang kompetitif. Apabila distribusi produk Anda menjangkau semua wilayah, Anda bisa menggunakan aplikasi Raja Ongkir untuk cek tarif ongkos kirim dan cek resi semua jasa pengiriman. Paket biasa, kargo, dalam hingga luar negeri pun bisa Anda lacak. Aplikasi ini gratis dan hanya perlu koneksi internet.

Baca Juga: Cuan! 5 Rekomendasi Bisnis Franchise Makanan dan Minuman untuk Milenial

Aplikasi Absensi dan Timesheet

Aplikasi pendukung bisnis online yang tak kalah penting adalah pencatatan kehadiran dan timesheet digital. Aplikasi absensi Hadirr memungkinkan Anda untuk mengelola karyawan, dimulai dari pencatatan kehadiran, manajemen proyek dengan cara kolaborasi dan bagi tugas, memonitor waktu produktivitas kerja sekaligus melakukan perhitungan kompensasi yang adil dan tepat bagi karyawan.

Aplikasi Payroll

Apabila Anda memiliki usaha online dengan jumlah karyawan yang banyak, kegiatan administratif untuk penggajian akan merepotkan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi payroll Gadjian yang membantu Anda untuk mengelola perhitungan dan pengiriman upah karyawan secara online. Selain itu, Anda juga bisa mengatur jadwal shift kerja karyawan serta menganalisis kinerja mereka.

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

Dua rekomendasi aplikasi terakhir mungkin masih belum familiar bagi Anda. Dampak pandemi menyebabkan banyak bisnis online mengalami penurunan pendapatan. Setiap pelaku usaha tentu ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis online. Hal mendasar yang perlu diatur sebelum fokus meningkatkan profit adalah pengelolaan operasional sumber daya manusia yang dimiliki.

Aplikasi mobile absensi Hadirr dan aplikasi HRIS Gadjian akan bantu mengelola SDM bisnis Anda agar menjadi lebih mudah. 

Hadirr merupakan aplikasi absensi berbasis web yang bisa Anda akses hanya melalui ponsel saja. Fitur unggulan yang dimiliki Hadirr yaitu absensi digital yang memungkinkan karyawan melakukan absen online GPS sekaligus absensi biometrik face recognition untuk memvalidasi kehadiran. Fitur lain yang dimiliki Hadirr adalah timesheet online yang mempermudah manajemen tugas karyawan secara online.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Aplikasi Hadirr bisa terintegrasi dengan aplikasi Gadjian untuk pengelolaan upah karyawan dalam bentuk data kehadiran berbasis online. Fitur terbaik yang ditawarkan Gadjian yaitu perhitungan gaji online, pembuat shift kerja, dan analisis kinerja karyawan.

Coba Gadjian Sekarang

Hadirr dan Gadjian sangat cocok untuk Anda gunakan dalam mengelola SDM bisnis online Anda. Keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah jaminan kemudahan, keterjangkauan dan keamanan sehingga dapat mendorong peningkatan usaha Anda. 

 

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf