Tim sales adalah garda terdepan dalam menghasilkan pendapatan di sebagian besar perusahaan. Tugas utama mereka yaitu mencari dan mendapatkan klien baru hingga berhasil menjual produk yang dimiliki perusahaan. Namun, banyak praktisi HR mengeluh bahwa saat ini sulit mencari dan membentuk tim sales yang handal, apalagi dari kalangan milenial. 

Baca Juga: Aplikasi Sales Tracking Ini Tingkatkan Produktivitas Bisnismu

Sebelum merekrut tim sales untuk bekerja di perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar tidak salah memilih kandidat. Simak tips berikut ini:

1. Prioritaskan tabiat (attitude), bukan pengalaman

Banyak perusahaan yang mendahulukan pengalaman ketika merekrut tenaga sales. Padahal, sales adalah kemampuan (skill) yang dapat dibentuk setelah diterima oleh perusahaan. 

Dibandingkan mencari pengalaman, Anda lebih baik merekrut tim sales dengan mengutamakan tabiat-tabiat (attitude) utama, di antaranya:

a. Semangat dan kerendahan hati untuk belajar (curiosity)
b. Kemampuan beradaptasi (adaptability)
c. Sifat pantang menyerah (persistence)
d. Kemampuan mendengarkan dengan baik (listening skills)
e. Kemampuan dan keinginan melayani (service attitude)

Anda harus paham bahwa kemampuan berjualan dan pengetahuan terkait produk yang ingin dijual dapat dibentuk. Dengan demikian, perusahaan Anda bisa mendapatkan talenta sales yang lebih junior namun memiliki potensi tinggi untuk berkembang menjadi lebih advance.

2. Terapkan sistem pengukuran performa sales

 Kedisiplinan merupakan kunci utama dalam mengukur performa tim sales. Contohnya, jika calon klien tidak ditindaklanjuti tepat waktu, atau tim sales membuang-buang waktu saat meeting, pemborosan waktu ini akan langsung berdampak negatif ke pendapatan perusahaan. 

Oleh karena itu, betapa pentingnya sebuah perusahaan untuk menerapkan sistem dalam mengukur performa tim sales. Bingung mulai dari mana? Anda dapat memulai dengan menerapkan Hadirr di perusahaan. Fitur Client Visit di Hadirr dapat mengukur performa tim sales yang melakukan kunjungan ke klien sehingga Anda dapat mengukur performa tim sales, kapanpun dan di mana pun.

Aplikasi sales

 

Aplikasi Absensi Online Hadirr

3. Terapkan sistem kompensasi berdasarkan performa

Kompensasi berdasarkan performa akan memacu semangat dan produktivitas tim sales. Hal ini bisa dalam bentuk insentif bulanan atau kuartalan, bonus tahunan, atau benefit tambahan bagi tim yang menunjukkan performa sales di atas rata-rata.

Apabila anggaran perusahaan terbatas, bingung mau mulai dari mana? Solusi yang tepat untuk Anda adalah platform Payuung. Dengan platform ini Anda bisa menawarkan berbagai benefit yang menarik bagi karyawan. 

Pilihan benefit yang tersedia di Payuung beragam dengan harga terjangkau bagi perusahaan skala kecil maupun besar, seperti:

a. Mulai dari voucher belanja harian di Alfamart dan Indomart untuk sales terbaik
b. Voucher makan-makan di restoran untuk mentraktir tim sales Anda
c. Benefit pinjaman karyawan untuk kebutuhan darurat karyawan
d. Benefit asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk perlindungan ekstra karyawan

payuung benefit karyawan

Platform Payuung dapat digunakan secara gratis oleh perusahaan Anda untuk menjaga produktivitas tim sales maupun tim-tim lain.

Baca Juga: Panduan Memilih Aplikasi: Gadjian vs Hadirr

Lebih istimewanya lagi, jika perusahaan Anda menggunakan aplikasi Gadjian untuk mengelola penggajian atau menggunakan aplikasi Hadirr untuk mengelola tim sales dan work from home (WFH), Anda bisa langsung bertransaksi di platform Payuung tanpa perlu mendaftar ulang.

payuung benefit karyawan

Semoga 3 tips di atas bermanfaat untuk merekrut tim sales andalan di perusahaan Anda!