6 Pilihan Software Sales yang Terkenal di Indonesia – Jika ditarik ke belakang saat dunia dilanda pandemi, Anda tentu mengetahui sulitnya bisnis yang terpaksa menghentikan pertemuan secara langsung dengan prospek dan pelanggan dan harus beralih melakukan pekerjaan jarak jauh agar bisa terus menjual. 

Dengan adanya kejadian tersebut, setiap bisnis memikirkan ulang nilai yang dimiliki, meninjau kembali konten yang ada, serta meningkatkan kolaborasi bagian pemasaran dan penjualan untuk mendongkrak penjualan. 

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah perangkat lunak yang mampu membantu bisnis mencapai tujuannya seperti menggunakan software sales.

Software salesman menawarkan otomatisasi proses penjualan, alat pelacakan dan pelaporan kinerja.

Alat ini membantu sales mencapai target penjualan harian, memperbesar peluang mengubah prospek menjadi pelanggan setia, serta membuat laporan dan analisis penjualan dalam satu kali klik.

Baca Juga: Aplikasi Monitoring Salesman untuk Tingkatkan Omzet Bisnismu

Rekomendasi Software Sales untuk Bisnis Anda

Sebelum memilih aplikasi sales lapangan untuk diterapkan di perusahaan Anda, mari mengenal apa saja daftar aplikasi sales terkenal di Indonesia beserta fitur-fitur unggulannya. Selengkapnya dirangkumkan dalam uraian berikut.

1. Canvasser

software sales

Canvasser membantu sales dalam pencatatan data penjualan pada ponsel secara langsung. Data tersebut langsung diterima oleh tim lain yang berada di kantor dan pesanan langsung diproses. 

Melalui aplikasi Canvasser, Anda bisa cek ketersediaan stok, membuat orderan, mengetahui status pesanan, hingga menyimpan informasi pelanggan. 

Aplikasi ini mempercepat penetrasi produk ke pasar sekaligus mendapatkan market feedback lebih akurat. Namun, kontrol stok dan setoran penjual menjadi kurang baik dan membuat distributor lebih malas.

2. SugarCRM

Aplikasi sugar crm

Aplikasi ini menawarkan fitur otomatisasi sales force, marketing, customer support dan pelaporan analitik. Data pelanggan terkonsolidasi dalam satu tempat, termasuk manajemen prospek dan pelanggan. 

Kelebihan SugarCRM untuk bisnis ialah kemudahan penggunaan aplikasi sesuai apa yang Anda butuhkan. Promosi pemasaran pun mudah diterapkan. 

Sayangnya, beberapa item masih membutuhkan cara manual sehingga diperlukan peningkatan fungsionalitas fitur pendukung agar sistem otomatisasi berjalan baik.

3. Aplikasi Sales Hadirr

Software tracking sales hadirr

Software sales Hadirr menyediakan layanan sales terbaik di Indonesia. Hadirr membantu perusahaan Anda dalam mengelola dan melacak tim sales, termasuk aktivitas pemasaran di lapangan.

Fitur unggulan yang dimiliki Hadirr adalah sebagai berikut.

(a) Fitur sales visit. Fitur ini membantu dalam memantau rute kunjungan sales secara real-time. Informasi mengenai jadwal, tugas, dan update laporan pencapaian harian dapat dilihat online di dashboard Hadirr.

Hal ini memudahkan manajer penjualan mengevaluasi sekaligus menyusun strategi untuk meningkatkan performa tim sales.

(b) Fitur absensi sales. Fitur ini menggabungkan teknologi GPS dan face biometric yang mampu memvalidasi wajah dan memindai kecocokan keberadaan sales meski tidak berada di kantor.

Absensi sales dapat dilakukan di mana saja, jadi sales bisa langsung pergi mengunjungi pelanggan dan mencatatkan kehadiran mereka secara bersamaan.

(c) Fitur reimbursement online. Saat sales mengeluarkan dana pribadi untuk sementara demi keperluan proses penjualan, maka mereka wajib mengajukan reimbursement disertai dokumen bukti transaksi, contohnya nota pembayaran, invoice, struk, dan kuitansi.

Biasanya, pengajuan manual membutuh waktu yang lama untuk diproses, oleh karena itu Hadirr membantu prosedur klaim cepat lewat reimbursement online.

Baca Juga: Begini Contoh Form Lembur Karyawan dan Perhitungannya

4. Sales Screen

software sales

Ingin menjadikan kinerja bisnis Anda lebih kolaboratif dan menarik? Sales Screen bisa dicoba. Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem CRM yang menampilkan dashboard berbasis web namun dikemas sebagai mobile app yang mudah digunakan.

Anda bisa memanfaatkan fitur report untuk mengukur progress pencapaian tim sales secara real-time, bahkan menampilkan karyawan berprestasi pada layar TV di kantor juga.

Sales Screen masih sulit melakukan perubahan besar saat set up dan sulit melihat penjualan berdasar nama pelanggan.

5. Copper

Aplikasi Copper membantu tim sales untuk mengelola aktivitas penjualan seperti manajemen kontak, email, file, dan lainnya dalam satu panel. Alur kerja tim sales menjadi lebih optimal dan ada kemudahan dalam pengintegrasian dengan berbagai saluran bisnis.

Copper juga mampu menyajikan laporan analisis data yang akurat dan menggambarkan aktivitas prospek Anda melalui sales funnel yang tersedia. 

Fitur otomatisasi Copper terbatas. Anda masih perlu memasukkan data manual agar analisa yang diperlukan dapat ditindaklanjuti.

6. Bitrix24

Fitur yang dimiliki Bitrix24 berupa pengelolaan mitra/dealer, otomatisasi pendistribusian prospek, pembuatan alur kerja khusus, hingga menganalisis keberhasilan penjualan dan program bisnis. 

Semua fitur Bitrix24 dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Bagi pengguna baru, aplikasi ini cukup membingungkan di awal dan tidak ada dokumentasi yang lengkap untuk membantu pengguna mempelajari fitur.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Software Sales Hadirr?

cta software sales

Pada dasarnya, Hadirr menawarkan sebuah paket lengkap dan praktis dalam manajemen karyawan Anda hanya dalam satu aplikasi. Anda berkesempatan mengelola seluruh tim sekaligus.

Hadirr membantu Anda menyederhanakan alur bisnis yang kompleks. Hal ini memberikan dampak positif bagi bisnis, karena karyawan bisa bekerja lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: 7 Rahasia Keberhasilan Kunjungan Salesman, Wajib Dicoba!

Otomatisasi ini juga menghemat lebih banyak waktu, memangkas biaya, dan menghasilkan lebih banyak penjual, karena karyawan terdorong meningkatkan produktivitas saat terlepas dari tugas administratif yang merepotkan.

Anda pun terhubung dengan anggota tim, calon pelanggan, dan pelanggan dengan dokumen digital yang dapat diakses kapan saja.

Sofware sales Hadirr telah dipercaya oleh lebih ribuan perusahaan, mulai dari UMKM, bisnis franchise, instansi pemerintahan, hingga enterprise. Sekarang giliran Anda untuk menjadi salah satunya.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA

author_hadirr_yosie
Yosie Rizkha A.
Content Writer at Fast-8 Group

Freelance content writer on HR and people management topics.