Peran sales manager sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Ia berperan mengatur sales untuk mencapai target tertentu yang diinginkan. Merekalah yang memimpin tim penjualan dan mengatur strateginya.

Sosok manajer penjualan dianggap penting juga karena merekalah yang dianggap mampu meningkatkan profit perusahaan. Posisi sales manager juga bertanggung jawab terhadap gagal atau berhasilnya penjualan dalam perusahaan.

Rata-rata manajer penjualan memiliki gelar sarjana dengan pengalaman sebagai staff sales selama beberapa tahun. Hal ini dikarenakan posisi sales manager harus memiliki pengetahuan yang luas akan strategi penjualan perusahaan yang bertujuan akhir menguntungkan perusahaan.

Baca Juga: 7 Rahasia Keberhasilan Kunjungan Salesman, Wajib Dicoba!

Peran Sales Manager

Sales manager memiliki peran sebagai berikut:

  • mengatur kuota dan target dari sales 
  • membuat rencana penjualan perusahaan
  • analisis data penjualan
  • melakukan pelatihan tim penjualan
  • proses rekrutmen tim sales
  • mengawasi tim penjualan
  • menangani keluhan pengguna
  • membuat anggaran tim sales
  • melakukan monitoring customer
  • menentukan jadwal promosi
  • menciptakan keuntungan pada perusahaan

Kemampuan yang Diperlukan Manajer Penjualan

sales manager
Skill sales manager yang diperlukan | Hadirr

Karena banyaknya tanggung jawab yang diemban oleh Manajer Penjualan, maka pengalaman serta kemampuan yang dimiliki oleh posisi ini harus mumpuni serta memenuhi kriteria perusahaan.

Pada dasarnya beberapa kemampuan yang harus dimiliki Sales Manager adalah sebagai berikut:

  • Kepemimpinan
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Planning
  • Budgeting
  • Rekrutmen untuk tim sales
  • Organisasi
  • Pelatihan
  • Social selling
  • Public Speaking
  • Ketahanan diri
  • Kolaborasi
  • Problem solving

Tentunya melakukan interview sales manager dengan posisi lainnya juga berbeda. Bagi HR yang hendak melakukan interview dengan kandidat sales manager ada pertanyaan khusus yang diperlukan untuk diketahu.

Salah satunya, yaitu apakah kandidat tersebut memiliki banyak pengalaman dalam bidang penjualan serta cocok dalam budaya perusahaan atau tidak.

Baca Juga: Pentingnya Sales Management bagi Perusahaan

Tips Ampuh Interview Kandidat Sales Manager

interview sales manager
Pertanyaan interview sales manager | Hadirr

Proses rekrutmen terhadap Sales Manager harus benar-benar menggali latar belakang dan kemampuan kandidat tersebut karena banyaknya tanggung jawab yang ia pikul. 

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya ditanyakan saat interview posisi manager penjualan yang diadaptasi dari buku berjudul “The Hard Thing About Hard Things”. Simak, yuk!

1. Profil perusahaan saat tempat bekerja saat ini

Pertanyaan tentang pengalaman bekerja di perusahaan tempat ia bekerja saat ini bertujuan untuk melihat apakah kandidat benar-benar paham tentang produk yang ia jual, strategi penjualan, cara kerja, tantangan yang dihadapi, dan solusinya.

Pertanyaan ini juga dibuat agar mengetahui cara berkomunikasi kandidat tersebut saat berhadapan dengan orang.

2. Proses penjualan di perusahaan saat ini

Untuk melakukan interview dengan sales manager tanyakan proses penjualan di perusahaan tempat ia bekerja sekarang. Tujuannya yaitu melihat apakah kandidat Sales Manager ini mampu berpikir secara sistematis melalui kalimat dan caranya menjelaskan.

Lihat juga caranya membangun relasi dan kemampuan berkomunikasinya dengan bawahan dan klien.

3. Cara merekrut tim sales yang baik

Sales manager kelak akan memimpin tim sales dan bekerja sama dengannya. Kompetensi dan kualifikasi karyawan di bawahnya juga sangat penting agar kerja sama tim tetap terjaga.

Pertanyaan ini ditujukan untuk melihat apakah kandidat sales manager ini mengetahui karakter tenaga penjual, kualifikasinya, dan cara kinerja yang dibutuhkan perusahaan Anda.

4. Siapa penyusun strategi penjualan di perusahaan saat ini

Pertanyaan interview sales manager selanjutnya yaitu menanyakan siapa penggagas sistem proses penjualan yang ia lakukan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah mengetahui apakah kandidat memiliki kompetensi membangun sistem sales yang baik atau tidak.

Baca Juga: Seputar Sales Pipeline : 6 Tahapan dan Cara Membangunnya

5. Pengetahuan tentang sistem kompensasi sales yang tepat

Sistem kompensasi, bonus, dan insentif tim sales penting untuk meningkatkan motivasi anggota tim. Pertanyaan ini ditujukan untuk melihat apakah kandidat mengerti dan memahami hal ini.

6. Cara melatih (training) tenaga sales

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kandidat pernah membuat program training sales apa belum. Selain itu, pertanyaan ini juga untuk melihat apakah kandidat lebih berfokus pada training teknis atau training sales.

7. Cara bekerja sama dengan tim marketing

Bekerja di perusahaan berarti harus memiliki kerja sama yang baik antar divisi. Biasanya divisi sales dan divisi marketing selalu berkaitan serta menjalankan program yang hampir sama.

Sales manager harus mampu memahami fungsi dari kedua divisi ini dan berkoordinasi dengan baik.

8. Sistem CRM yang digunakan

Saat interview kandidat manajer penjualan tanyakan system Customer Relationship Management atau CRM apa yang sedang digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui teknologi penjualan yang digunakan dalam proses penjualan.

9. Segmen pasar yang dilayani

Segmen pasar memengaruhi strategi penjualan. Oleh karena itu, sales manager harus paham karakteristik segmen pasar yang sedang ia tangani. Tanyakan segmen pasar mana saja yang pernah ia layani, strategi yang digunakan, dan apa saja tantangannya.

Nah, sekarang Anda sebagai rekruter sudah tahu hal apa saja yang harus ditanyakan kepada calon kandidat Sales Manager saat melakukan interview.

Selain kualifikasi di atas, seorang manajer sales juga harus tahu teknologi sales yang sedang berjalan saat ini sehingga dapat memantau kinerja sales dengan efisien. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan aplikasi Hadirr.

Aplikasi Monitoring Sales dengan Fitur Terlengkap

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Apabila tim sales di perusahaan Anda belum menggunakan sistem CRM, yuk mulai dengan mencoba demo gratis Hadirr untuk meningkatkan sales perusahaan Anda!

Aplikasi Hadirr merupakan solusi praktis menjalankan sistem CRM. Aplikasi ini bisa menjadi monitoring salesman sekaligus CRM salesman. Fitus monitoring sales dalam aplikasi Hadirr dapat memantau pekerjaan kunjungan klien secara efisien dan memberikan viabilitas di setiap proses.

Setiap data dan dokumen dapat tersimpan secara otomatis dan dapat diakses oleh pihak yang berkaitan sehingga dapat dikoordinasi di mana pun dan kapan pun, khususnya oleh manajer penjualan.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Performa Tim Sales Lapangan

Selain itu, dalam Aplikasi Hadirr juga terdapat fitur pantau canvassing tim sales sehingga dapat termonitor dari jauh. Ditambah lagi fitur reimbursement online dapat mencatat keuangan yang lebih baik sehingga dapat menekan kecurangan, lebih hemat, dan lebih mudah. Fitur tersebut didukung dengan Hadirr Sales yang dapat memantau pipeline dan kinerja sales perusahaan Anda. Aplikasi Hadirr dapat membuat atasan dan tim sales merasakan kenyamanan dalam bekerja. 

Yuk, tingkatkan produktivitas perusahaan Anda sekarang dengan Aplikasi Hadirr! Semoga informasi di atas bermanfaat.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ANIS

Annisa Nur I.
Content Writer at Hadirr