7 Rahasia Keberhasilan Kunjungan Salesman, Wajib Dicoba! – Dalam mengelola tim sales, Anda harus menetapkan target dan beban kerja yang hendak dicapai, seperti jumlah kunjungan dalam setahun, siklus kunjungan, dan jumlah kunjungan maksimal setiap sales dalam satu hari. 

Kekhawatiran kerap dirasakan sales saat kunjungan salesman, di antaranya ialah keadaan yang serba tidak pasti. Apakah pelanggan akan tertarik atau justru bersikap tidak acuh. Apakah pelanggan melakukan transaksi atau menolak. Belum lagi harus selalu siap menjawab pertanyaan sulit yang diajukan pelanggan.

Agar tim sales Anda mampu melakukan kunjungan penjualan efektif serta mampu memenuhi target dan beban kerja yang diberikan, persiapkan tim sales Anda untuk menerapkan rahasia tembus penjualan tinggi berikut ini.

Baca Juga: Begini Strategi Sales Call untuk Raih Untung Maksimal

Tips Meraih Keberhasilan Kunjungan Salesman

Inilah hal-hal yang bisa dilakukan oleh tim sales Anda agar meningkatkan keberhasilan penjualan saat kunjungan.

1. Menyusun jadwal kunjungan 

Rahasia seorang sales yang sukses adalah kemampuan mengelola waktu dengan baik. Saat ditempatkan di suatu wilayah, sales menyusun daftar kunjungan sales beserta jadwal agar dapat mengunjungi semua toko dan pelanggan di dalamnya. 

Contoh jadwal kunjungan salesman yang mudah dibuat yaitu tabel rencana kunjungan bulanan berisikan informasi tanggal, nama toko atau pelanggan yang akan dikunjungi, serta target penjualan pribadi yang ingin dicapai. Setelah berkunjung, sales membuat laporan kunjungan salesman seperti di bawah ini.

laporan kunjungan salesman
Contoh laporan kunjungan salesman | Hadirr

2. Melakukan riset mengenai pelanggan sebelum kunjungan

Sales yang profesional dan penuh persiapan melakukan riset terlebih dahulu sebelum berkunjung. Informasi yang bisa ditelusuri yaitu latar belakang pelanggan/perusahaan pelanggan, karakteristik pelanggan dalam bertransaksi, hingga prestasi terbaru perusahaan. 

Kegiatan riset menunjukkan bahwa sales mengenal pelanggan dengan baik dan mampu menyesuaikan karakter pelanggan, sehingga akan meningkatkan minat pelanggan untuk bertransaksi.

3. Mempelajari dan memahami product knowledge dengan baik

jadwal kunjungan salesman
Jadwal kunjungan salesman | Hadirr

Sales wajib berkunjung dengan bekal product knowledge yang baik, sebab pelanggan akan mengajukan beragam pertanyaan. Dengan memahami karakteristik dan spesifikasi produk yang dijual, kepercayaan diri sales akan meningkat dan calon pelanggan pun jadi percaya dengan produk yang ditawarkan

Baca Juga: Ingin Mengoptimalkan Aktivitas Sales Anda? Coba 5 Tips Ini

4. Tidak berkunjung di jam sibuk pelanggan

Jam sibuk pelanggan perlu diperhatikan terutama dalam menyusun jadwal kunjungan, karena memengaruhi kecepatan respon pelanggan. Apabila sales berkunjung di jam sibuk, banyak waktu efektif terbuang untuk menunggu, belum lagi tidak ada kepastian akan kembali dengan transaksi yang berhasil atau malah gagal. Biasanya, waktu nyaman pelanggan adalah pada pagi hari setelah toko dibuka dan sore hari.

5. Aktif menggali kebutuhan pelanggan

Sering terjadi sales terus berbicara satu arah dengan informasi padat yang membuat prospek tidak tertarik bertransaksi. Rahasia agar peluang transaksi meningkat adalah mengajukan pertanyaan untuk mendorong prospek menceritakan masalah dan kebutuhan mereka. Saat itulah sales dan pelanggan bisa saling berdiskusi, lalu jadi kesempatan terbaik untuk memperkenalkan pentingnya produk yang ditawarkan.

6. Menjalin koneksi erat dengan pelanggan

Setiap berkunjung, sales harus mampu membuat pelanggan merasa “dekat” secara personal. Hal ini bisa dimulai dari impresi pertama, yaitu sikap berjabat tangan, tersenyum ramah, dan menanyakan kabar pelanggan yang ditemui. Bahkan, sebaiknya datang dengan membawa sesuatu, seperti hadiah kecil terbungkus rapi yang bisa memicu sisi emosional, sebab pelanggan cenderung ingin bertransaksi dengan sales yang memberi kesan dekat.

7. Melakukan evaluasi rutin

Rahasia terakhir dari penjualan yang tinggi adalah rajin mengevaluasi kunjungan. Setiap selesai berkunjung, sales akan semakin mengenal pola masing-masing toko sehingga bisa menyusun strategi penjualan untuk kunjungan selanjutnya.

Maksimalkan Aktivitas Kunjungan Sales Anda dengan Hadirr

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Sudah kewajiban Anda memastikan tim sales yang kunjungan ke lapangan menerapkan semua tips di atas untuk menembus penjualan tinggi dan mendatangkan lebih banyak lagi keuntungan bagi perusahaan.

Setiap hari, sales akan berpencar sesuai jadwal masing-masing. Bagaimana cara Anda memastikan setiap sales sudah benar-benar menerapkan semua tips di atas?

Baca Juga: Inilah Contoh Laporan Sales dan Cara Membuatnya

Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi kunjungan sales gratis Hadirr. Fitur sales visit Hadirr membantu Anda melacak keberadaan dan aktivitas sales di lapangan, memeriksa dokumen dan tanda tangan digital transaksi yang dilakukan sales dengan pelanggan mereka, serta mengakses cepat laporan kunjungan sales harian.

Sales hanya perlu mengunduh dan meng-install aplikasi hadirr di ponsel masing-masing dan Anda bisa selalu memantau mereka dari jarak jauh. Peluang keberhasilan kunjungan salesman meningkat karena waktu sales untuk urusan administrasi terpangkas dan dialihkan untuk fokus meraih closing deal sebanyak-banyaknya.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA