5 Contoh Aplikasi CRM yang Banyak Digunakan Perusahaan – Bagaimana cara menjaga loyalitas pelanggan agar terus melakukan pembelian terhadap produk yang tim sales perusahaan Anda tawarkan? Strategi bisnis yang tepat untuk hal ini adalah sistem CRM (Customer Relationship Management).

CRM mengelola dua hal, yaitu pelanggan dan penjualan. Sistem ini mulai populer digunakan perusahaan karena menggabungkan teknologi dan aktivitas manusia.

Keberadaan CRM sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Selain itu, sistem CRM dapat menjangkau informasi yang memungkinkan penjualan dan pelayanan lebih baik, serta memaksimalkan produktivitas sales.

Baca Juga: Ingin Mengoptimalkan Aktivitas Sales Anda? Coba 5 Tips Ini

Bagaimana Fitur Aplikasi CRM Membantu Perusahaan?

contoh aplikasi crm
Contoh aplikasi CRM tim sales | Hadirr

Menggunakan CRM sangat membantu dalam mengidentifikasi pelanggan perusahaan Anda. Karena Anda bisa memahami apa saja permasalahan dan kebutuhan pelanggan, serta mengetahui semua potensi yang ada untuk mendapatkan peluang.

CRM memiliki beragam fitur manajemen hubungan dengan pelanggan. 

Beberapa di antaranya ialah fitur manajemen data lead dan kontak (calon pelanggan), manajemen data pelanggan, dan manajemen aktivitas penjualan (menelepon, mengirim pesan, kunjungan klien).

Ada juga fitur berbagi dan kolaborasi dokumen, sales pipeline (pembagian tahapan penjualan), alur kerja sales otomatis, sales tracker, hingga analitik penjualan.

Fitur aplikasi CRM mendorong meningkatnya rasa percaya pelanggan terhadap produk dan layanan yang perusahaan Anda tawarkan. Pemanfaatan CRM dapat dilakukan dengan cara menjaga pelanggan yang sudah ada, tetap menarik prospek, melayani pelanggan dengan cepat, dsb.

Baca Juga: Aturan Pemotongan Gaji Berdasarkan Absensi

Contoh Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia 

Banyak contoh aplikasi CRM yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk perusahaan. Ada aplikasi CRM gratis, ada juga yang memerlukan biaya berlanggan dengan harga terjangkau.

Berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi CRM terbaik di Indonesia :

1. Sugar CRM

Contoh Aplikasi CRM

Aplikasi Sugar CRM menawarkan beberapa layanan, yaitu otomatisasi pemasaran, otomatisasi tenaga sales, layanan customer support, dan penerapan CRM in building. Aplikasi ini juga dapat membuat kampanye pemasaran dan menghasilkan laporan analitik penjualan.

Interface Sugar CRM dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis. Namun, beberapa layanan masih dilakukan manual dan cukup rumit untuk berintegrasi dengan saluran lain.

2. SAP CRM

Contoh Aplikasi CRM

SAP CRM memungkinkan terhubungnya data dan sinyal bisnis real time untuk meningkatkan loyalitas, retensi pelanggan, dan pendapatan. Fitur-fitur SAP CRM adalah otomatisasi sales dan marketing, hingga pelacakan dan perkiraan penjualan. 

Aplikasi ini memberikan dukungan bisnis yang berfokus pada pelanggan. 

3. Oracle

Contoh Aplikasi CRM

CRM tools yang dimiliki aplikasi Oracle adalah fitur transaksional, analitis, dan pengelolaan aktivitas pelayanan pelanggan. Dengan Oracle, proses lead to cash jadi lebih ringkas serta kinerja penjualan meningkat.

4. Copper

Aplikasi Copper membantu bisnis mengelola kontak, file, penawaran, e-mail, dan hampir semua alur bisnis dalam satu panel otomatis. Fitur yang dimiliki aplikasi ini ialah manajemen sales, manajemen pipe line dan laporan analitis.

Untuk otomatisasi alur kerja masih memiliki keterbatasan, cukup rumit dioperasikan, serta kurang kuatnya fungsi analisisnya.

5. Hadirr dengan Sistem CRM

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Aplikasi Hadirr adalah solusi praktis menjalankan sistem CRM dengan baik. Aplikasi ini berfungsi sebagai monitoring salesman sekaligus CRM salesman. 

Dengan fitur monitoring sales, Hadirr membantu Anda untuk memantau pekerjaan kunjungan klien secara efisien dan memberikan viabilitas di setiap prosesnya.

Data dan dokumen meeting tersimpan secara otomatis di cloud dan dapat diakses oleh pihak yang berkaitan secara cepat, seperti manajer penjualan.

Dengan cepatnya akses data, maka manajer penjualan dan sales bisa saling berkoordinasi jarak jauh untuk menarik minat prospek dan membuat pelanggan merasa puas oleh pelayanan perusahaan Anda.

Baca Juga: Referensi Form Reimbursement Excel Karyawan Lapangan

Saat memantau sales menggunakan Hadirr, Anda tak perlu turun ke lapangan, melainkan bisa tetap berada di kantor atau di rumah saja.

Hadirr memberikan layanan sales management dengan fitur client visit, reimbursement online dan absensi sales, sehingga membuat atasan dan tim sales sama-sama merasakan kenyamanan dalam bekerja. 

Aplikasi monitoring sales Hadirr bisa terintegrasi dengan sistem CRM dan HRIS perusahaan Anda, sehingga hubungan pelanggan dapat meningkat seiring meningkatnya produktivitas bisnis Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA