Inilah Contoh Laporan Sales dan Cara Membuatnya – Bagaimana cara Anda memastikan efektivitas pekerjaan sales lapangan dalam meningkatkan penjualan? Alat utama yang bisa Anda gunakan adalah laporan penjualan sales atau sales report.

Laporan penjualan merangkum dengan tepat jumlah kesepakatan yang telah dibuat di setiap proses penjualan, menunjukkan daerah yang memiliki tren positif, dan memudahkan penelusuran kendala yang terjadi di saluran penjualan. 

Laporan ini memudahkan Anda dalam mengelola divisi sales, seperti melacak aktivitas kunjungan klien, mengetahui pendapatan penjualan, menyusun strategi pemasaran, hingga mengambil keputusan.

Baca Juga: Cara Membuat KPI Sales dan Contohnya

Jenis-Jenis Laporan Penjualan Sales

Berikut disajikan template contoh laporan sales sederhana, Anda bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan.

A. Sales Report Berdasarkan Kategori Informasi yang Dimuat

1. Laporan rangkuman

Laporan ini memuat data transaksi yang disajikan secara rinci, termasuk transaksi bernilai kecil, komponen diskon dan pajak, jadi Anda bisa melihat berapa total penjualan dan pendapatan bersihnya.

contoh laporan sales
Contoh laporan sales dan cara membuatnya | Hadirr

2. Laporan per pelanggan

Laporan ini menunjukkan informasi transaksi penjualan pada setiap pelanggan. Jadi Anda bisa mengetahui siapa sales yang menjual produk dan berapa total pendapatan yang diterima.

Laporan ini bisa dijadikan landasan dalam memilih perwakilan sales yang tepat untuk menawarkan produk di penjualan berikutnya.

Contoh laporan divisi sales
Contoh laporan divisi sales | Hadirr

3. Laporan rincian

Pada laporan ini, seperti point of sales, semua informasi dapat terlihat, mulai dari nomor referensi, data produk, nama sales, nama pelanggan, hingga nominal penjualannya. Bisa dikatakan versi lebih terperinci dari laporan per pelanggan. 

laporan sales
Contoh laporan sales dan cara membuatnya | Hadirr

4. Laporan per sales

Laporan ini berfungsi untuk melihat performa masing-masing sales. Memuat berapa jumlah pelanggan yang dimiliki dan closing deals sales setiap harinya.

Anda bisa memanfaatkan contoh laporan sales activity ini untuk menilai kinerja sales dan mengambil tindakan lanjut terhadap sales yang belum sesuai performanya.

membuat laporan penjualan
Cara membuat laporan penjualan | Hadirr

B. Sales Report Berdasarkan Siklus Waktu 

Aturan dan target sales biasanya ditetapkan dalam rentang waktu tertentu, sehingga untuk memantau perkembangannya pun juga perlu data waktu yang nyata. Inilah contoh laporan sales berdasarkan siklusnya  :

Baca Juga: Contoh Data Karyawan untuk HRD

1. Laporan penjualan harian

Laporan ini memuat aktivitas harian sales dan data penjualan hariannya. Data pada laporan ini diperlukan untuk analisis proses penjualan. Misalnya mendiagnosa penyebab tidak tercapainya target penjualan pada hari-hari tertentu.

sales lapangan
Sumber: templates.office.com

2. Laporan penjualan mingguan

Laporan sales mingguan disusun berdasarkan hari kerja dalam seminggu. Data target dan realisasinya akan terlihat, jadi Anda bisa memperkirakan strategi agar target bulanan tercapai.

laporan penjualan divisi sales
Sumber: templates.office.com

3. Laporan penjualan bulanan dan tahunan

Fungsi laporan ini mulai berfokus pada matriks hasil, bukan matriks proses lagi. Karena bagaimanapun, Anda bertanggungjawab meningkatkan pendapatan perusahaan, sehingga analisisnya dapat dilakukan melalui laporan penjualan bulanan dan tahunan (per kuarter). Akan terlihat pada bulan apa penjualan tertinggi dan terendah.

laporan penjualan tahunan
Sumber: templates.office.com

Langkah-Langkah Membuat Laporan Penjualan Bisnis

Berikut panduan untuk membuat laporan penjualan sales dan bisnis Anda. 

Contoh Laporan Sales
Inilah Contoh Laporan Sales dan Cara Membuatnya | Hadirr

1) Tentukan tujuan pembuatan laporan

Pertimbangkan siapa yang akan membaca laporan, informasi apa yang dibutuhkan oleh yang bersangkutan, dan periode waktunya. Misalnya, apakah Anda memerlukan laporan yang menyajikan tren penjualan produk atau yang menunjukkan laba rugi penjualan. Sesuaikan format laporan dengan kebutuhan Anda.

2) Kumpulkan semua bukti transaksi

Laporan penjualan merupakan rangkuman dari semua bukti transaksi, sehingga setiap bukti harus ada,, lalu dikelompokkan berdasarkan urutan waktu terjadinya transaksi dari paling awal sampai paling akhir. Hal ini memudahkan Anda merekap datanya ke dalam tabel laporan.

3) Mulailah mengisi template

Setelah mengumpulkan bukti, mulailah input data tersebut ke dalam template catatan penjualan perusahaan. Anda pun bisa menambahkan grafik perbandingan penjualan dari tahun ke tahun, sehingga lebih mudah dianalisis.

Membuat Laporan Sales Otomatis dengan Aplikasi Sales Mobile

Sembari bertanggungjawab atas tercapainya target penjualan, Anda juga diharuskan memerhatikan pengelolaan tim sales. Bukankah hal tersebut tidak mudah dilakukan? 

Waktu Anda bisa habis untuk input data dan mengolahnya, padahal kendala sales di lapangan juga perlu diatasi. Belum lagi risiko kehilangan bukti transaksi dan manipulasi data.

Baca Juga: Kelebihan Aplikasi Mapping Sales Dibanding Sistem Manual

Sudah banyak perusahaan beralih menggunakan aplikasi sales mobile agar lebih praktis dan fleksibel dalam bekerja. Nah, aplikasi Hadirr hadir untuk Anda!

Dengan Hadirr, Anda bisa memantau aktivitas client visit sales di lapangan dari jarak jauh, melihat lokasi karyawan dengan GPS, mengakses dokumen meeting klien dan tanda tangan digital. Data direkap otomatis menjadi laporan visit sales yang tinggal diunduh sekali klik saja. Anti ribet input manual!

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Kemudian, pemrosesan klaim reimbursement juga lebih cepat. Terakhir, Hadirr didukung fitur absensi sales, jadi sales dapat langsung terjun ke lapangan tanpa absen ke kantor dahulu dan punya tambahan waktu untuk meraih lebih banyak closing deals.

Aplikasi Hadirr sangat praktis digunakan, Sebagian pekerjaan akan terkelola otomatis sehingga Anda bisa fokus meningkatkan performa sales demi meraih hasil penjualan maksimal.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA