Sales harus mencari calon pelanggan yang akan menjadi konsumen. Mereka juga wajib melaporkan proses dan hasil penjualan secara terperinci dan teratur.

Dengan lokasi kerja yang tidak menentu, memungkinkan sales tidak produktif. Para sales bisa saja menghabiskan waktu untuk hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Pastinya hal ini bisa berpengaruh pada target dan keuntungan perusahaan. 

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan perusahaan dalam memantau kinerja sales-nya adalah dengan menggunakan teknologi aplikasi untuk tim penjualan. Tidak hanya memantau, aplikasi ini juga bisa membuat administrasi lebih mudah dan rapi.

Baca Juga: Siklus Penjualan (Sales Cycle) Bisnis Distribusi

Mengenal Aplikasi untuk Tim Penjualan

Aplikasi sales merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk melacak dan mengelola aktivitas sales. Data aktivitas sales dapat tersaji secara akurat melalui teknologi Global Positioning System (GPS). Selain melacak lokasi, aplikasi ini juga dapat langsung membuat laporan statistik dari pekerjaan sales di lapangan.

Jadi, tidak akan ada lagi sales nakal yang menggunakan waktu kerja untuk keperluan pribadi. Mereka bisa mencatat seluruh kegiatannya dengan aplikasi penjualan. Anda akan langsung mengetahui ke mana saja mereka pergi selama jam kerja. 

Aplikasi sales telah terintegrasi dengan sistem Customer Relationship Management (CRM). Sistem ini mampu mendeteksi keberadaan sales selama jam kerja. Bahkan bisa klaim reimbursement secara online.

Software untuk tim sales memungkinkan mereka melakukan reimbursement secara digital hanya dengan memotret dokumen tagihan lalu mengirimkan ke bagian keuangan. Cara ini lebih praktis dan meminimalisir risiko hilangnya dokumen.

Adapun manfaat menggunakan aplikasi sales lapangan, di antaranya: 

  1. Memudahkan dalam penyediaan informasi. Dengan menggunakan aplikasi penjualan, Anda akan lebih mudah mendistribusikan tugas kepada sales serta melihat hasil komunikasi antara sales dengan pelanggan.
  2. Memangkas biaya operasional. Selain membuat irit karena tidak perlu membeli mesin absensi, juga akan memangkas biaya closing deal. Transaksi akan lebih cepat dan juga irit biaya.
  3. Mengoptimalkan sales cycle. Aplikasi penjualan juga dapat membantu sales menavigasikan rute kunjungan klien dengan GPS.
    Data yang dibutuhkan telah tersedia di aplikasi yang akan mengoptimalkan jam kerja hingga dapat meraih closing deal sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Tips Sales Canvassing Agar Pasti Cuan

Fitur-fitur Penting Aplikasi Kunjungan Sales

Berikut fitur wajib yang dimiliki aplikasi penjualan agar dapat digunakan secara optimal:

a. Terintegrasi dengan sistem CRM

Aplikasi CRM berfungsi untuk mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan. Aplikasi ini dapat mendorong peningkatan layanan sehingga penjualan bisnis meningkat dan perusahaan menjadi profit. 

Sistem CRM dapat menyimpan dan mengelola semua informasi pelanggan dalam suatu sistem terpadu. Data ini bermanfaat untuk berbagai keperluan. Seperti melacak minat calon pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. 

b. Dilengkapi sales pipeline

Aplikasi penjualan mestinya dilengkapi dengan sales pipeline untuk melihat tahapan prospek yang sedang ditangani. Hal ini memastikan tidak ada transaksi yang terlewatkan oleh tim sales.

Dengan demikian, Anda dapat mengelola secara rinci seluruh data pelanggan. Sistem ini berguna untuk memanajemen ataupun melacak kinerja dan penjualan sales.

c. Akses mobile

Selain adanya sales pipeline, aplikasi sales lapangan hendaknya memiliki fitur akses mobile agar dapat mempermudah sales dalam melakukan pekerjaan. Fitur akses mobile memudahkan sales dalam melakukan absensi dan mengelola data pelanggan secara otomatis.

Baca Juga: FAQ Aplikasi Absensi Hadirr

d. GPS Tracking

Fitur penting lainnya adalah GPS yang berfungsi sebagai sales tracking system. Anda bisa memantau kinerja sales di lapangan secara jarak jauh. Fitur ini akan menginformasikan waktu dan lokasi check-in dan check-out tiap sales di lapangan.

e. Bisa melacak pencapaian KPI

Aplikasi tim penjualan juga harus ada fitur pelacakan Key Performance Indicator (KPI) sales. Perusahaan akan mudah mengukur kinerja sales dengan KPI yang akan menguntungkan perusahaan. Anda akan selalu terhubung secara akurat dengan kondisi dan lokasi salesman di lapangan.

Hadirr, Aplikasi Sales Lapangan dengan Fitur Terlengkap

aplikasi sales canvassing
Aplikasi sales canvassing Hadirr | Hadirr

Anda dapat memilih aplikasi Hadirr untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan performa tim sales perusahaan. Hadirr telah dilengkapi dengan fitur sales canvassing untuk mengetahui aktivitas di lapangan.

Anda juga dapat mengakses langsung dokumen yang dibagikan tim sales secara online. Ada juga fitur timesheet online, sales Anda bisa mencatat daftar pekerjaan harian mereka di ponsel dan seketika langsung dapat Anda lihat.

cta aplikasi sales

Baca Juga: Referensi Form Reimbursement Excel Karyawan Lapangan

Fitur selanjutnya ada reimbursement online yang akan memudahkan sales dalam mengklaim biaya transportasi, konsumsi, dan biaya lainnya yang bersangkutan dengan kunjungan sales ke klien.

Aplikasi sales lapangan, Hadirr, juga dilengkapi fitur presensi sales. Mereka tidak perlu repot datang ke kantor untuk mengisi form absensi manual. Absensi cukup dilakukan melalui aplikasi yang telah terintegrasi dengan teknologi GPS dan face biometric system. Hadirr juga memiliki fitur Hadirr Sales yang dapat memantau pipeline dan kinerja sales perusahaan Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: HF

author-tim-sales-hadirr
Tim Sales Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group