software crm Pentingnya Software CRM dalam Bisnis | Hadirr

Pentingnya Software CRM dalam Bisnis

Pentingnya Software CRM dalam Bisnis – Di era digital ini, ada banyak strategi bisnis yang bisa diterapkan untuk menambah pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. CRM atau Customer Relationship Management adalah salah satu strategi bisnis yang kerap digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Dalam meningkatkan kualitas bisnis dengan cara mengedepankan layanan-layanan yang menguntungkan pelanggan, perusahaan perlu menggunakan software CRM.

Yuk, ketahui serba serbi sistem CRM berikut ini:

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Canvassing Melalui Penerapan CRM

Apa Itu Software CRM?

Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Customer Relationship alias hubungan dengan pelanggan. 

Untuk bisa mendapatkan kepuasan pelanggan, penggunaan software CRM bisa dibilang menjadi strategi yang ampuh dalam peningkatan kualitas bisnis Anda. Bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, software CRM adalah perangkat lunak yang digunakan sebuah perusahaan untuk mengelola data pelanggan.

Data yang diolah melalui software CRM pun beragam. Seperti riwayat pembelian pelanggan dan transaksi apa saja yang telah dilakukan pelanggan pada tahap dan jangka waktu tertentu.

Peran Penting Software CRM pada Perusahaan

Software CRM
Peran Penting Software CRM pada Perusahaan | Hadirr

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menerapkan strategi CRM pada perusahaan. Peranan software CRM yang bisa membantu Anda mengintegrasikan data pelanggan sekaligus mempererat hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Penggunaan sistem CRM memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan customer relationship, karena software CRM bisa memonitor produk apa saja yang dikonsumsi oleh pelanggan Anda.

Dengan kelebihan tersebut, Anda jadi bisa mengevaluasi produk atau jasa yang Anda tawarkan serta memahami apa yang menjadi kebutuhan target pasar. Sehingga konsumen pun akan betah menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Lalu, software atau website CRM juga akan menyuguhkan Anda data informasi pelanggan yang pastinya sangat berguna untuk strategi pemasaran. Jika Anda mengetahui apa yang pelanggan minati, maka kegiatan promosi pun akan semakin mudah dilakukan.

Yang paling penting adalah CRM mampu memberikan Anda data-data seputar apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen, apa yang diinginkan konsumen pada jangka waktu tertentu, dan apa saja produk yang sedang happening di kalangan target pasar.

Dengan mengetahui semua itu, komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan pun akan terjalin baik.

Baca Juga: Pemanfaatan CRM Salesman untuk Keberhasilan Penjualan Anda

Tips Memilih Software CRM yang Tepat

software crm
Tips Memilih Software CRM Gratis | Hadirr

Sampai sini apakah Anda sudah memutuskan menggunakan CRM? Jika sudah, Anda bisa memilih software CRM yang tepat untuk perusahaan. Ada banyak software CRM gratis bertebaran di internet.

Tapi, memilih software CRM untuk perusahaan tidak bisa sembarangan, lho. Lalu, bagaimana menentukan software CRM yang baik? Simak uraian di bawah ini:

a. Tentukan tujuan menggunakan aplikasi CRM

Pahami apa yang menjadi tujuan Anda menggunakan sistem CRM. Apakah Anda ingin meningkatkan profit, mempererat hubungan dengan pelanggan, atau meningkatkan kinerja bisnis?

Dengan tujuan yang jelas, Anda akan mudah memilih software CRM yang tepat.

b. Ketahui cara mengimplementasikan sistem CRM

Beberapa developer CRM memberikan pelatihan khusus untuk pemanfaatan sistem yang maksimal. Namun, contoh aplikasi CRM yang baik adalah sistem dengan fitur yang mudah untuk digunakan. Sehingga Anda pun bisa memahami cara implementasinya dengan cepat, mudah dan akurat.

c. Lakukan sosialisasi seputar sistem aplikasi

Sebelum menggunakan sistem CRM, ada baiknya Anda mensosialisasikan aplikasi CRM kepada karyawan. Contoh aplikasi CRM pada perusahaan yang tepat biasanya akan meningkatkan efisiensi, sehingga penugasan bagi karyawan pun bisa saja berkurang.

d. Perhatikan tingkat mobilitas sistem CRM

Umumnya, CRM akan meningkatkan mobilitas tim sales perusahaan Anda. Ada banyak CRM Software Indonesia yang memberikan berbagai fitur menarik dan praktis untuk dioperasikan.

Tetapi, untuk mendapatkan yang cocok, Anda harus benar-benar memperhatikan tingkat mobilitas yang diberikan oleh sistem.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kalkulator Pajak Gaji Karyawan

e. Kompatibilitas perangkat

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa sistem CRM kompatibel dengan bisnis Anda agar nilai gunanya tidak berkurang dan memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan.

f. Pastikan software memiliki fitur laporan

Ini dia yang paling penting. Jenis aplikasi CRM yang ampuh meningkatkan penjualan adalah yang memiliki fitur laporan. Dengan fitur ini, semua data pelanggan hingga penjualan akan tercatat dan di-update secara otomatis oleh sistem.

Jadi, penerapan strategi pemasaran untuk target yang selanjutnya akan mudah untuk diwujudkan.

g. Kustomisasi aplikasi yang praktis

Menemukan aplikasi CRM yang cocok untuk perusahaan Anda memanglah bukan perkara yang mudah. Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi CRM yang praktis dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Gunakan Aplikasi Sales dengan Sistem CRM

Meningkatkan kualitas perusahaan melalui pendekatan customer relationship bisa dilakukan dengan pengoperasian aplikasi CRM yang optimal, seperti menggunakan aplikasi sales. Salah satu aplikasi sales yang mempunyai sistem CRM adalah aplikasi Hadirr.

Teknologi GPS berbasis web pada Hadirr memberikan Anda kemudahan dalam memantau aktivitas penjualan, karena segala bentuk kegiatan tim sales akan tercatat secara otomatis di dashboard CRM.

Solusi CRM Cerdas Bersama Aplikasi Hadirr

cta software crm

Pemanfaatan sistem CRM yang tepat sasaran sangat mungkin Anda wujudkan bersama Hadirr. Dengan aplikasi sales call, Hadirr, Anda bisa menciptakan customer relationship perusahaan yang berkualitas dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Fitur monitoring sales dari Hadirr adalah fasilitas berupa rekaman sales visit bersama klien, perekaman data meeting, dan aktivitas client visit lainnya. Dengan begitu, tujuan Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan pun akan semakin mudah dicapai.

Teknologi face biometric dan GPS dari Hadirr juga selalu bisa menjadi solusi absensi sales yang cerdas dengan pelacakan lokasi yang akurat. Selain itu, untuk kemudahan tim sales dalam melakukan klaim pengembalian dana, di aplikasi Hadirr juga tersedia fitur reimbursement online.

Yuk, ciptakan SDM berkualitas untuk menggandeng lebih banyak pelanggan bersama Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ADR

Alfi Dini R.
Content Writer at Hadirr

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *