mesin absensi Harga Mesin Absensi versus Absensi Wajah Android | Hadirr

Harga Mesin Absensi versus Absensi Wajah Android

Peranan mesin absensi sangat penting untuk mencatat jam kerja hingga memudahkan dalam perhitungan gaji di suatu perusahaan. Sama seperti perangkat lain, mesin kehadiran terus mengalami perkembangan dari zaman ke zaman seiring dengan perkembangan teknologi.

Dahulu absensi dilakukan secara manual, perlahan beralih menggunakan mesin absensi ceklok dengan menggunakan kartu. Karena mesin absensi ceklok terbilang tidak praktis, munculah mesin absensi sidik jari. Mesin ini lebih efektif dalam mencatat kehadiran karyawan.

Kini, sudah terdapat mesin absensi biometrik menggunakan sidik jari, sensor wajah, sensor suara, hingga retina mata. Lalu, dengan perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, absensi bisa dilakukan tanpa menggunakan mesin. Cukup mengunduh aplikasi saja, absensi sudah bisa dilakukan di gawai para karyawan kapan pun dan di mana pun.

Dengan banyaknya pilihan mesin absensi bahkan telah ada aplikasi, Anda mesti perlu tahu harga mesin absensi dari yang termurah hingga termahal. Sebagai pertimbangan untuk Anda sebelum memutuskan membeli mesin absensi atau cukup mengunduh aplikasi saja.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Presensi Android sesuai Kebutuhan Perusahaan

Harga Mesin Absensi Termurah dan Termahal

Harga mesin absensi

Tentunya dengan harga yang beragam, berikut rekomendasi berbagai produk mesin kehadiran dari harga termurah sampai termahal, yaitu:

1. ZKTeco

Mesin kehadiran ZKTeco LX50 ini menggunakan sidik jari dengan sensor optik yang handal. Sensor tersebut memungkinkan respon hanya dalam satu detik. Adanya fitur laporan self-service recorder (SSR) akan memudahkan Anda membuat laporan absensi.

Perangkat ini juga telah dilengkapi layar TFT 2,8 inci yang membuat tampilan antar muka lebih jelas dengan kualitas gambar yang baik. Mesin absensi merk ZKTeco ini dijual mulai dari Rp500.000.

2. Solution P207

Merk solution sepertinya sudah sangat terkenal sebagai produsen mesin absensi. Tipe P207 ini mempunyai beragam fitur, termasuk SSR, SMS, sampai alarm yang dapat diatur sesuai jam masuk dan jam pulang kerja. Mesin kehadiran Solution P207 dijual mulai dari Rp530.000.

3. Amano EX-3500N

Jenis mesin ceklok ini memiliki desain unik, berbentuk jam analog. Bagi Anda pelaku usaha dengan karyawan belum terlalu banyak, produk ini pas Anda gunakan karena cara kerja mesin yang sederhana. Anda bisa mendapatkan mesin kehadiran Amano EX-3500N seharga Rp1.625.000.

4. Biofinger AF-800

Produk dari Biofinger ini mempunyai fitur unggulan yang dapat mengidentifikasi wajah. Color optical system memungkinkan mesin ini mencatat kehadiran hanya dengan mendekatkan wajah dari jarak kurang dari satu meter. Selain itu, ada sidik jari dan bisa sebagai akses kontrol pintu. Produk ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp2.450.000.

5. Fingerspot WFX-2088BNC

Mesin ini dapat menyimpan data sampai 2000 karyawan. Sangat cocok bagi perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang banyak. Produk dari Fingerspot ini menggunakan teknologi mutakhir dengan memadukan tipe biometrik dan RFID.

Selain untuk absensi, juga bisa akses kontrol pintu dengan scan telapak tangan, wajah, kartu, sidik jari, dan password. Perangkat ini dibanderol mulai dari Rp3.800.000, harga yang pantas dengan beragam fitur yang dimilikinya.

Harga Mesin Absensi Versus Absensi Wajah Android

Absensi wajah android

Ada beragam jenis mesin absensi mulai dari segi fitur hingga portabilitas.

a. Mesin absensi sidik jari standalone

Mesin jenis ini dapat digunakan tanpa memerlukan software sehingga lebih mudah dipasang. Proses pemindahan datanya biasa dilakukan manual memakai USB.

Alat ini cocok buat Anda yang baru merintis usaha dengan jumlah karyawan tidak terlalu banyak. Untuk harga, Anda bisa dapatkan mulai dari Rp300.000 hingga Rp2.000.000.

b. Mesin absensi menggunakan software

Berbeda dengan sebelumnya, jenis mesin ini menggunakan software dengan kapasitas yang lebih besar sehingga cocok digunakan untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Harganya mulai dari Rp600.000 hingga Rp4.000.000.

c. Mesin absensi lengkap dengan face recognition

Dengan dilengkapi face recognition, proses absensi karyawan dapat dilakukan lebih aman dibanding sekadar menggunakan sidik jari. Harga jenis ini dibanderol dari Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000.

d. Absensi wajah berbasis aplikasi

Perkembangan teknologi membuat absensi tidak perlu lagi menggunakan mesin. Ada banyak pilihan aplikasi untuk absensi yang dapat diunduh langsung di Playstore. Setiap aplikasi mempunyai fitur berbeda-beda.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda pilih adalah Hadirr yang menggunakan Global Positioning System (GPS) dan biometric face recognition.

Aplikasi ini menawarkan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adapun biaya layanan sejumlah Rp12.500 tiap karyawan dengan minimal enam karyawan.

Baca Juga: 3 Kelemahan Absensi Barcode Berbasis Web Karyawan

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Absensi Secara Umum

Keunggulan:

  1. Dengan menggunakan sidik jari atau face recognition dianggap lebih akurat karena menggambarkan kondisi sebenarnya dari karyawan.
  2. Lebih cepat dan minim error.
  3. Mengurangi risiko kecurangan karena setiap sidik jari maupun wajah karena setiap orang mempunyai ciri otentik masing-masing. 

Kelemahan:

  1. Akurasi perekaman sidik jari bergantung pada kondisi mesin kehadiran.
  2. Terkadang sering error yang menyebabkan sulit mengakomodasi kebutuhan seperti mengintegrasikan kerja remote, payroll, atau menjadwalkan shift kerja.

Keunggulan dan Kelemahan Absensi Wajah Android

Kelebihan dan kelemahan absensi wajah

Keunggulannya, aplikasi absensi selain bisa mengakomodasi proses absensi, tapi juga bisa membantu tugas Human Resources (HR) dalam mengelola data karyawan. Tapi jika Anda telah punya mesin absensi, Anda tidak perlu menggantinya. 

Aplikasi absensi akan memudahkan Anda dalam melakukan time-tracking karena data yang ditampilkan akurat dan komprehensif. Selain itu, pengaturan rekap absensi hingga pembuatan slip gaji karyawan bisa lebih mudah dilakukan.

Pastinya penggunaan aplikasi absensi bakal lebih efisien karena Anda tidak perlu memakan waktu karena semua data karyawan telah terintegrasi berbasis cloud.

Namun, aplikasi absensi bukan berarti tidak punya kelemahan. Adapun beberapa kelemahannya seperti pembuatan aplikasi yang lama, kemungkinan error dalam mengidentifikasi wajah, hingga memerlukan biaya pengembangan. Mengingat teknologi yang digunakan cukup mutakhir, tak heran vendornya membanderolnya dengan harga mahal.

Baca Juga: Fake GPS Android Tak Mempan di Aplikasi Absen Ini

Kelebihan beralih ke aplikasi absensi wajah Hadirr

Absensi wajah online hadirr
Aplikasi absensi online Hadirr | Hadirr

Cara kerja sistem absensi berbasis wajah mirip dengan teknologi face recognition di smartphone Anda. Nah, jika Anda ingin beralih dari mesin absensi ke aplikasi absensi Hadirr menjadi salah satu opsi yang bisa Anda pertimbangkan. 

Aplikasi absensi Hadirr berbasis cloud dapat memudahkan Anda memantau kinerja karyawan secara akurat dan praktis.

cta mesin absensi

Selain dilengkapi face recognition, fitur absensi wajah aplikasi Hadirr juga dilengkapi teknologi GPS. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir kecurangan karyawan.

Jadi, tunggu apa lagi, mulai dari 12 ribuan rupiah/karyawan saja, Anda sudah bisa menghemat waktu dan pastinya lebih efektif dan efisien. Yuk, beralih ke Hadirr sekarang juga!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: HF

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories