Perkembangan suatu perusahaan sangat erat berkaitan dengan disiplin kerja para karyawannya. Karyawan yang disiplin akan menentukan kemajuan perusahaan. Maka, hendaknya perusahaan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara berkala sebab kinerja karyawan adalah kunci keberhasilan perusahaan. 

Untuk mewujudkan hal itu, sebagai Human Resource (HR), Anda harus memastikan kinerja karyawan berjalan baik setiap saat. Anda perlu merencanakan strategi disiplin progresif untuk karyawan. Disiplin progresif adalah tindakan berupa hukuman dengan tingkatan tertentu bertujuan untuk memperbaiki kinerja karyawan.

Kendati demikian, disiplin progresif bukanlah hanya tentang hukuman saja. Melainkan bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawan dan manajemen perusahaan.

Baca Juga: Waduh, 5 Kenakalan Karyawan yang Wajib Diketahui Perusahaan

Sementara itu, disiplin kerja merupakan sikap yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap karyawan. Tanpa adanya disiplin kerja, maka perusahaan tidak bisa bergerak maju menuju tujuan yang hendak dicapai.

Menurut Mangkunegara dan Octorent (2015), disiplin kerja dapat diukur dengan berbagai indikator berikut:

  1. Ketepatan waktu datang ke tempat kerja dan jam pulang ke rumah
  2. Kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku
  3. Penggunaan seragam yang telah ditentukan
  4. Bertanggungjawab mengerjakan tugas sampai selesai

Transparansi dan adil menjadi hal utama yang perlu Anda perhatikan. Jika semua karyawan memperoleh perlakuan yang adil, maka mereka akan termotivasi untuk lebih disiplin. Pun dengan sistem penilaian, penggajian, hingga promosi karyawan yang harus transparan. 

Bagaimana cara membuat karyawan disiplin, mari simak cara berikut ini!

Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Disiplin kerja karyawan

Karyawan yang kurang disiplin bisa disebabkan dari faktor internal maupun eksternal. Maka, seorang HR biasanya akan memberi hukuman.

Namun, itu saja tidak cukup. Sudahkah Anda memenuhi semua hak karyawan? Berikut cara yang dapat Anda gunakan guna meningkatkan kedisiplinan karyawan:

1. Memberi contoh kedisiplinan pada karyawan

Sebelum menuntut karyawan untuk disiplin, Anda harus memberikan contoh yang baik dalam menaati peraturan yang Anda buat sehingga karyawan menjadi segan dan menirukan kebiasaan baik tersebut. Sederhananya, Anda adalah teladan bagi karyawan-karyawan Anda. 

2. Buatlah aturan sewajarnya

Aturan diperlukan untuk mengatur kerja di perusahaan. Namun, jangan sampai kreativitas karyawan terhambat dan karyawan merasa dikekang. Buatlah aturan yang tegas tapi tidak memberatkan karyawan.

3. Menata ruang kerja yang nyaman

Nyamannya ruang kerja akan sangat memengaruhi motivasi karyawan dalam bekerja. Ruang kerja harusnya bisa jadi tempat brainstorming. Sediakanlah ruang kerja dengan suasana lebih cair sehingga para karyawan bisa lebih rileks menciptakan ide-ide baru.

4. Dengarkan ide dan pendapat dari karyawan

Memberikan ruang inovasi kepada karyawan akan membuat mereka merasa dihargai. Hal baiknya akan membuat pekerjaan tidak monoton. Hendaknya Anda bisa mendengarkan saran dan masukan dari setiap karyawan karena ide kreatif mereka bisa jadi inovasi terbaru untuk perkembangan perusahaan.

5. Perlakukan karyawan layaknya teman

Mendengarkan ide dan masukkan dari karyawan bisa didapatkan saat Anda mulai memperlakukan karyawan layaknya teman. Anda harus bisa menempatkan kapan harus tegas dan kapan harus santai. Seperti mengajak karyawan berbincang ringan di luar pekerjaan, makan, bercanda, dan refreshing.

Dengan demikian, karyawan tentunya akan lebih terbuka untuk menyampaikan keluh kesah mereka maupun masukkan untuk perkembangan perusahaan. Namun, perlu diingat, jangan sampai mengambil keputusan berdasarkan tingkat kedekatan. 

Baca Juga: Aturan Pemberian Sanksi Perusahaan terhadap Karyawan

6. Lakukan konseling untuk memahami masalah karyawan

Saat kinerja karyawan menurun, akan menimbulkan dampak negatif apalagi hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Sebagai seorang petinggi, Anda harus peka dalam persoalan setiap karyawan. Sebaiknya, Anda konsultasikan langsung dengan karyawan itu untuk mengetahui dan mencari solusi atas permasalahannya. 

7. Mengadakan pelatihan dan seminar motivasi

Dalam upaya meningkatkan disiplin karyawan, Anda bisa memberikan mereka seminar-seminar motivasi tentang manfaat memiliki sifat disiplin. Kegiatan ini akan menambah semangat mereka dalam bekerja. Selain itu, adakan pelatihan terkait manajemen waktu yang baik yang berguna meningkatkan kemampuan mereka.

8. Melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja karyawan

Evaluasi rutin hendaknya dilakukan secara berkala. Hal ini untuk mengetahui siapa yang mengalami peningkatan, penurunan performa, dan mengecek beban kerja apakah sesuai kepada masing-masing karyawan. 

9. Memberlakukan reward dan punishment 

Karyawan yang disiplin pantas diberikan reward sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan. Hal ini bisa memotivasi karyawan lainnya untuk disiplin. Sebaliknya, karyawan yang tidak disiplin, perlu diberikan punishment atau hukuman sesuai aturan. 

10. Kurangi kerja manual dengan memanfaatkan bantuan teknologi 

Penggunaan teknologi bisa mendukung semua cara di atas. Kecanggihan teknologi saat ini menjadi solusi untuk berbagai masalah yang kerap dihadapi di perusahaan. Misalnya, untuk kehadiran karyawan bisa menggunakan mesin absensi sidik jari atau pemindai wajah.

Lainnya, juga bisa menyediakan sistem komputer termutakhir, pengadaan aplikasi untuk mendukung administrasi, mendukung distribusi payroll yang akurat, dan bahkan bisa memantau kinerja karyawan secara online.

Tegakkan Disiplin Kerja Karyawan dengan Hadirr App

Aplikasi meningkatkan disiplin kerja
Aplikasi absensi online Hadirr | Hadirr

Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan. Kompleksnya pengelolaan karyawan bisa disederhanakan dengan aplikasi Hadirr dan Gadjian. Kedua aplikasi ini bisa membantu Anda dalam menegakkan disiplin kerja karyawan. Bagaimana caranya?

Anda bisa memantau karyawan dari jarak jauh maupun dekat melalui aplikasi Hadirr, sehingga karyawan menjadi lebih nyaman dan tetap disiplin. Aplikasi kehadiran online Hadirr juga bisa digunakan untuk mencatatkan kehadiran karyawan secara digital, membuat pengaturan shift kerja secara otomatis, hingga mempermudah pengajuan klaim reimbursement melalui sistem.

Fitur absensi kerja membuat karyawan bisa melakukan presensi di lokasi yang disetujui cukup dengan menggunakan ponsel. Karyawan tidak perlu lagi antri untuk berbagi menggunakan mesin absensi. Adapun face recognition akan meminimalisir tindak kecurangan dari karyawan.

cta disiplin kerja

Baca Juga: Praktis! Cara Absensi Online bagi Karyawan dan Keakuratannya

Selain itu, aplikasi Hadirr juga membuat berbagi tugas menjadi lebih mudah meski berada di lokasi berbeda. Menariknya, Hadirr juga terintegrasi dengan Gadjian.

Gadjian adalah aplikasi manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa memudahkan Anda dalam menghitung gaji dan pengelolaan jam kerja karyawan. Anda cukup mengimpor rekap absensi karyawan dari Hadirr ke Gadjian dan secara otomatis akan terhitung. 

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Tunggu apalagi, coba Hadirr dan Gadjian untuk memudahkan pekerjaan Anda dari sekarang!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: HF

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group