Tren Bisnis 2022: Go Digital untuk Profit Maksimal – Menjelang akhir tahun, sebagian orang akan mempersiapkan diri menyambut peluang-peluang yang ada pada tahun berikutnya. Contohnya, menangkap peluang bisnis pasca pandemi

Jika Anda adalah pemula yang tertarik memulai bisnis ataupun pebisnis yang ingin mengembangkan usaha, maka Anda sudah berada pada bacaan yang tepat, sebab selanjutkan akan diulas mengenai tren bisnis 2022 yang cocok untuk Anda coba. 

Mengingat pemanfaatan teknologi meningkat pesat sejak pandemi, tren bisnis 2022 diperkirakan akan bergeser ke arah serba digital. Apa saja peluang bisnis 2022 yang menjanjikan? 

Baca Juga: 3 Ide Bisnis Waralaba yang Paling Menjanjikan

Tren Bisnis 2022 yang Paling Menjanjikan

Berikut sejumlah tren bisnis 2022 digital yang berpeluang besar meraih profit maksimal untuk Anda :

Bisnis dekorasi dan kerajinan tangan

Dekorasi dan kerajinan tangan termasuk produk bisnis yang tak lekang oleh waktu, bahkan oleh pandemi sekalipun. Sebab, Anda bisa memulainya dari bahan yang sederhana, lalu dikreasikan hingga bernilai jual tinggi. 

Contohnya, menyediakan paket dekorasi untuk penyelenggaraan acara pernikahan dan ulang tahun. Paket yang disediakan dapat berupa dekorasi dinding dan meja. Untuk kerajinan tangan, Anda bisa menjual produk rajutan, kerajinan lukisan, totebag unik dan aksesori wanita.

Bisnis laundry kiloan

Prospek Bisnis Laundry
Prospek Bisnis Laundry | Hadirr

Bisnis laundry cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis, karena tidak menuntut banyak keahlian, apalagi jika memiliki mesin cuci otomatis. Anda pun dapat menjalankannya sendiri dan hanya perlu merekrut 1-2 karyawan saja untuk menyetrika dan kerja bergiliran. Karena bisnis ini dimulai dalam skala rumahan, maka menjalankannya pun tergolong mudah.

Bisnis kuliner

Pandemi ternyata tidak mematikan peluang bisnis kuliner untuk berkembang subur. Ide usaha bisnis kuliner milenial yang bisa Anda coba adalah menjual frozen food dan camilan ringan, menyesuaikan masyarakat pasca pandemi yang lebih sering “jajan online”. Anda bisa berkreasi dengan menjual makanan lengkap dengan tempat memasaknya. Menarik, bukan?

Bisnis fashion

Memanfaatkan digitalisasi dalam pemasaran membuktikan bahwa bisnis fashion mampu bertahan di tengah pandemi, bahkan mengalami peningkatan. Anda dapat memulainya dari produk sehari-hari saja, seperti baju kasual rumah, sandal dan hoodie. Maksimalkan potensi marketplace dan jasa layanan antar paket, sehingga menghemat budget Anda untuk membuka toko offline. Lebih cuan!

Bisnis coffee shop

Dengan memanfaatkan peluang bisnis cafe, misalnya membangun bisnis minuman kekinian coffee shop, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan maksimal. Sebab, menikmati kopi menjadi kebiasaan berbagai kalangan masyarakat, mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga kalangan umum. Pasar coffee shop yang luas memungkinkan Anda mendapatkan omzet setiap hari, terlebih di akhir pekan dan hari libur.

Bisnis wedding organizer

pembagian shift kerja
Pembagian Shift Kerja Bisnis Wedding Organizer | Hadirr

Usaha WO sangat menjanjikan di Indonesia karena hajatan akan terus berlangsung. Meski selama pandemi ada batasan jumlah pengunjung, namun tidak akan menghambat Anda berbisnis. Anda bisa berinovasi dengan menyediakan paket intimate wedding bersama keluarga yang harganya terjangkau. Jangan lupa, manfaatkan media sosial untuk promosi usaha Anda.

Daftar Aplikasi Digital untuk Menunjang Tren Bisnis

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda harus mengenal produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Selanjutnya, rencanakan mengenai cara menjangkau konsumen dan menciptakan produk yang unik untuk dipasarkan. Cobalah beberapa aplikasi bisnis online berikut untuk menunjang bisnis Anda :

Aplikasi marketplace

Marketplace merupakan platform yang menghubungkan Anda dengan pembeli. Kelebihannya adalah kemudahan dalam membuat akun, penggunaan dan keamanan transaksi. Itu sebabnya marketplace semakin menjamur di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan sebagainya. Anda bisa punya toko online sendiri dan memasarkan produk ke semua wilayah.

Baca Juga: 4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Bagi Perusahaan

Aplikasi catatan digital

Untuk mencatat dengan cepat dan aman, Anda bisa gunakan aplikasi catatan digital seperti Google Keep. Fitur yang disediakan pun cukup komplit, seperti memo, drawing memo, suara, gambar dan checklist. Anda bisa mempercantik tampilan catatan dengan mengatur warna tema dan memberi label untuk mengelompokkan memo.

Aplikasi desain grafis

Salah satu langkah awal untuk menarik awareness calon pembeli terhadap produk Anda adalah tampilan unggahan dan poster produk yang menarik. Anda tak perlu khawatir menggunakan jasa desain karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengunduh aplikasi desain grafis yang ramah pemula, misalnya Canva. Tinggal menyunting template yang ada sesuai kebutuhan, maka jadi deh!

Aplikasi manajemen media sosial

Jika Anda memasarkan produk di banyak media sosial, tentu akan kerepotan karena buka tutup setiap aplikasi sepanjang waktu. Namun, dengan menggunakan aplikasi manajemen media sosial, misal Hootsuite, Anda bisa mengelola semuanya hanya dalam satu dashboard saja! Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur jadwal konten dan memantau keyword populer sekaligus performa media sosial Anda.

Aplikasi absensi dan timesheet digital

aplikasi WFH
Aplikasi absensi karyawan | Hadirr

Anda akan membutuhkan aplikasi absen digital dan timesheet digital seperti Hadirr untuk mengelola karyawan, seperti pencatatan kehadiran, manajemen kolaborasi dan berbagi tugas dalam proyek, monitoring produktivitas karyawan serta melakukan perhitungan kompensasi yang adil untuk karyawan.

Baca Juga: Contoh Pembagian Shift Kerja di Restoran

Aplikasi payroll

Jika Anda sudah memiliki banyak karyawan, pekerjaan administratif untuk penggajian akan merepotkan Anda, sehingga gunakan aplikasi payroll seperti Gadjian sehingga perhitungan dan pendistribusian upah karyawan dilakukan secara otomatis dan online

Dua aplikasi terakhir terbilang naik daun selama masa pandemi dan membuka mata banyak pihak bahwa otomatisasi pengelolaan karyawan ternyata mampu membuat operasional bisnis berjalan lebih efisien. Aplikasi Hadirr dan Gadjian sangat direkomendasikan untuk Anda. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Hadirr app memiliki fitur-fitur unggulan, salah satunya absensi digital untuk validasi kehadiran karyawan. Anda tak perlu khawatir dengan karyawan yang mungkin bertindak curang atau merugikan bisnis Anda.
Anda bisa fokus mengembangkan bisnis.

Hadirr terintegrasi dengan software payroll Gadjian, sehingga perhitungan gaji, cuti, BPJS, dan pajak serahkan saja pada Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Yosie Rizkha Amaf