Tugas salesman secara umum adalah melakukan aktivitas sales (penjualan) dengan cara menawarkan produk, meyakinkan, dan mengarahkan calon pelanggan agar melakukan transaksi. 

Tim sales Anda memiliki target yang perlu dicapai. Tapi tahukah Anda aktivitas sales mana yang mendatangkan keuntungan dan bagaimana cara mengoptimalkannya?

Mari membahas satu per satu apa itu aktivitas sales, mengapa penting dilakukan, dan tips mengoptimalkan kinerja sales Anda.

Baca Juga: Inilah Contoh Laporan Sales dan Cara Membuatnya

Apa Itu Aktivitas Sales?

Aktivitas sales adalah semua tindakan penjualan, mulai dari strategi hingga praktiknya yang dilakukan oleh tim sales dan manajer penjualan setiap hari agar mampu menggerakkan prospek atau calon pelanggan potensial dan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Titik puncak dari kinerja sales yaitu closing deals (penutupan transaksi) dan pencapaian target, bahkan melampauinya.

Lebih jelasnya, aktivitas sales berupa : (1) menentukan target pelanggan dan strategi yang cocok digunakan; (2) menjadwalkan waktu; (3) melakukan pendekatan, presentasi dan menjawab permasalahan calon pelanggan, (4) Closing the sale, terjadinya transaksi penjualan, dan (5) melakukan pelayanan purna jual seperti konsultasi teknis, diskon, bantuan instalasi, serta pengiriman produk.

Pentingnya Memonitor Kinerja Sales bagi Perusahaan

Pekerjaan sales berdampak positif terhadap laba perusahaan. Salah satu cara untuk melihat aktivitas penjualan ialah melalui sistem CRM atau manajemen hubungan pelanggan perusahaan.

Selain meningkatkan pendapatan, terdapat beberapa alasan mengapa aktivitas sales penting bagi perusahaan, di antaranya :

Meraih target jumlah penjualan tertentu. Agar bisnis dapat berjalan, maka produk terjual harus mencapai titik volume tertentu. Perlu dilakukan aktivitas penjualan untuk memastikan bisnis Anda terus beroperasi dan berkembang skala usahanya.

Meningkatkan brand awareness. Siapa yang tidak mau menjadi pilihan pertama yang diingat oleh pelanggan saat ingin membeli kebutuhan mereka? Nah, itulah fungsi kinerja sales, yaitu menancapkan identitas brand Anda di mata pelanggan.

Memberi gambaran kinerja penjualan. Hasil dari aktivitas penjualan dapat dijadikan pertimbangan dalam mengalokasikan tim sales, mengatur strategi dan metode penjualan selanjutnya, dan merampingkan aktivitas yang tidak efektif.

Membantu dalam penilaian kinerja sales. Aktivitas penjualan memberikan Anda wawasan mengenai performa sales, baik secara individu maupun keseluruhan. Hal tersebut memudahkan Anda mengukur KPI Sales dengan menjadikan aktivitas penjualan sebagai indikator kinerja sales.

Baca Juga: Begini Cara Membuat KPI Sales dan Contohnya

Tips Mengoptimalkan Aktivitas Sales Anda

Apabila Anda menginginkan lebih banyak pendapatan dengan tercapainya target yang lebih baik, maka Anda perlu melakukan sejumlah cara untuk mengoptimalkan kinerja sales pada bisnis Anda. Cobalah beberapa tips berikut ini.

Pentingnya Sales Management bagi Perusahaan | Hadirr

1. Menetapkan tujuan tim

Setiap anggota sales memiliki motivasi yang berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan penyelarasan misi perusahaan dengan target tim sales.

2. Menentukan sasaran yang terukur

Hidup sales bergantung pada jadwal mereka. Karenanya tetapkanlah sasaran kegiatan yang terukur agar mereka dapat menata jadwal sebaik mungkin, seperti membagi waktu untuk meningkatkan prospek dan menjangkau pelanggan.

Volume aktivitas dan target yang terukur memotivasi sales untuk berkontribusi maksimal. Tentu akan memudahkan Anda dalam mengukur kemajuan mereka saat bekerja.

3. Melakukan monitoring sales 

Selain menetapkan sasaran yang terukur, Anda harus rutin mengukur kemajuan kinerja sales dengan melakukan pemantauan. Perhatikanlah bagaimana matriks kemajuan pekerjaan sales.

Monitor sales bermanfaat untuk memastikan sales bekerja sesuai tugas yang diberikan, mengetahui tren perilaku dan minat pelanggan, serta menilai kinerja karyawan yang berkaliberasi tinggi maupun yang mengalami penurunan.

4. Mengadakan evaluasi rutinan 

Pertemuan evaluasi rutin membantu Anda meninjau aktivitas setiap individu di dalam tim. Anda bisa tahu apa yang membuat target tercapai dan terhambat. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan solusi yang tepat untuk penjualan selanjutnya.

Gunakan Hadirr, Aplikasi Manajemen Aktivitas Sales Terbaik

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Sebagian besar waktu tim sales dihabiskan untuk pekerjaan administratif yang mengurangi waktu mereka untuk benar-benar menjual. Hal ini terjadi apabila belum ada sistem penjualan yang jelas. Nah, Anda bisa mengandalkan teknologi untuk mengotomatisasi manajemen kerja tim sales, seperti menggunakan aplikasi sales mobile Hadirr.

Aplikasi ini bisa diunduh pada ponsel masing-masing sales yang membuat mereka senantiasa terhubung dengan Anda sebagai admin

Dengan Hadirr, Anda dapat melacak aktivitas kunjungan sales lapangan. Karyawan sales cukup mengunggah dokumen dan tanda tangan digital meeting dengan pelanggan untuk Anda akses secara langsung. Selain itu, mereka bisa ajukan klaim reimbursement online agar praktis dan cepat prosedurnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Salesman untuk Bisnismu

Adanya aplikasi Hadirr menghapus keraguan karena perbedaan titik lokasi, sebab absensi sales dan monitoring bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Sales memiliki tambahan waktu efektif untuk meraih closing deals sebanyak-banyaknya, sehingga target penjualan dan keuntungan maksimal dapat tercapai.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA