Berbagai macam strategi penjualan dilakukan oleh tim sales dengan tujuan meningkatkan jumlah penjualan dan menambah keuntungan perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan sales canvassing

Sales canvassing merupakan salah satu cara efektif dalam meningkatkan penjualan karena mampu meningkatkan minat calon pembeli. Teknik canvassing sales ini dulunya dilakukan dalam pemilihan umum di Amerika.

Namun, kini cara ini banyak digunakan di dunia sales. Penasaran bagaimana cara kerja, kelebihan, dan tips-tips yang harus dilakukan saat melakukan canvassing?

Simak terus ulasannya dalam artikel berikut ini, ya!

Baca Juga: Seputar Sales Pipeline : 6 Tahapan dan Cara Membangunnya

Memahami Sales Canvassing dalam Bisnis

Sales canvassing adalah salah satu kegiatan penjualan melalui berbagai media komunikasi tanpa terlebih dulu mengatur perjanjian dengan konsumen.

Teknik canvassing ini direncanakan dengan baik oleh orang yang disebut dengan canvasser dengan melakukan penawaran, pendistribusian, dan mencari pesanan penjualan pada layanan jasa atau barang. 

Canvasser biasanya akan menggunakan email, telepon, atau yang paling umum adalah dengan langsung melakukan kunjungan ke tempat pelanggan.

Salah satu strategi sales canvassing yang sering digunakan adalah kunjungan langsung atau door to door kepada pelanggan langsung.

Teknik canvassing ini juga melibatkan distributor dalam melakukan pemasaran karena biasanya produk akan dibawa langsung menggunakan kendaraan kepada pelanggan. Target pasar dengan cara ini memang lebih besar daripada target sales pada umumnya.

Kelebihan Sistem Canvassing

 

sales canvassing
Tips cara kerja sales canvassing | Hadirr

 

Bagi perusahaan dengan cakupan kecil, seperti kota atau kabupaten, teknik canvassing door to door lebih cocok diterapkan karena memiliki beberapa kelebihan.

Pertama, perusahaan akan lebih mudah mendistribusikan produk ke daerah pelosok atau daerah yang kurang mampu dijangkau distributor.

Selain itu, waktu yang digunakan pun lebih efisien karena pemindahan barang bisa langsung dari gudang distributor ke pelanggan.

Distribusi produk juga akan lebih merata sesuai dengan rencana penyebaran yang sudah diterapkan sebelumnya sehingga pelanggan pun akan lebih mudah mendapatkan produk.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Canvassing Melalui Penerapan CRM

Dengan menerapkan teknik door to door ini, umpan balik dari konsumen juga lebih akurat. Konsumen pun akan lebih mudah mengajukan saran dan kritik kepada perusahaan. 

Karena kelebihannya inilah banyak perusahaan yang berinvestasi pada sumber daya tenaga penjual untuk melakukan canvassing. Pemilik perusahaan juga sadar akan pentingnya sistem ini dan mencoba memberikan berbagai fasilitas dan bonus yang besar bagi canvasser yang dapat membawa keuntungan yang tinggi bagi perusahaan.

Semua sistem memiliki kekurangan, tak terkecuali sistem canvassing ini. Kekurangan yang paling dirasa ialah besarnya biaya distribusi yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menyalurkan produk ke daerah-daerah pelosok.

Pasalnya, perusahaan harus membawa produk dengan kendaraan roda empat atau bahkan menggunakan truk, terutama bagi produk yang memakan banyak tempat dan berat.

Demi menutupi besarnya biaya distribusi, sebaiknya tim sales memiliki beberapa cara agar kpi atau penilaian kinerja nya berjalan efektif dan efisien, serta perusahaan mendapatkan cuan yang banyak.

4 Tips Melakukan Canvassing bagi Tim Sales

 

sales canvassing
Tips sales canvassing agar perusahaan cuan | Hadirr

 

Untuk melakukan teknik canvassing sales, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Lakukan Riset Pasar dan Pahami Target Market

Dengan melakukan riset pasar, strategi yang akan Anda lakukan akan jauh lebih mudah. Hal ini karena Anda jadi lebih mengetahui apa yang konsumen butuhkan dan cara meyakinkan mereka bahwa produk Anda adalah jawaban dari masalah yang konsumen hadapi.

Anda juga dapat menyempurnakan produk dari kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen.

2. Bawa Sales Kit yang Lengkap

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat/perusahaan sebagai konsumen seringkali merasa tidak percaya pada sales lapangan karena maraknya kecurangan yang terjadi.

Untuk itulah, agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen ada 3 hal yang perlu dipersiapkan sebagai kelengkapan sales kit, yaitu:

a. Seragam perusahaan atau pakaian yang rapi

Seragam perusahaan penting juga dikenakan agar konsumen percaya bahwa Anda datang dari perusahaan yang memiliki birokrasi. Selain itu, penampilan juga harus dijaga, setidaknya mengenakan pakaian rapi dan wangi. Jika memungkinkan, tata rambut Anda dan gunakan deodoran agar bebas dari bau badan.

b. ID tag atau kartu nama

ID tag atau kartu nama ini digunakan untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa tenaga sales adalah orang yang dapat dipercaya dan benar-benar datang dari perusahaan, bukan penipuan.

Sales juga harus memiliki teknik tertentu ketika mengenalkan diri, yaitu dengan menatap mata konsumen, menunjukkan ID card sambil tersenyum.

c. Brosur atau sales kit lainnya

Brosur atau sales kit berguna untuk memudahkan konsumen melihat produk yang hendak mereka beli. Jangan lupa sediakan gambar, harga, dan promo yang sedang berlangsung. Agar konsumen tertarik dan ingin mengenal produk/brand Anda lebih lanjut.

Baca Juga: Menyusun Strategi Sales yang Efektif dengan Aplikasi Monitoring

3. Siapkan Referensi Customer

Penting untuk mengenal lebih dekat dengan pelanggan yang hendak Anda tuju. Ketahui nama dan informasi relevan agar Anda dapat mengubah sudut pandang bahwa produk Anda merupakan kebutuhan mereka. 

Jangan lupa, saat presentasi produk perhatikan bahasa tubuh, dengarkan konsumen dengan saksama, dan bicaralah layaknya seorang teman yang memberikan informasi bermanfaat.

Hindari memberikan nasihat yang menggurui. Dengan begitu konsumen tidak merasa ngobrol dengan orang asing dan ingin membeli produk Anda.

4. Gunakan Teknologi untuk Menghemat Waktu

Bagi para canvasser yang bertugas melakukan kunjungan ke klien, urusan administrasi memang terkadang merepotkan. Terlebih tanggung jawab pekerjaan di lapangan juga menanti. Maka, beralihlah menggunakan aplikasi Hadirr untuk memudahkan pekerjaan tim sales atau sales manager.

Aplikasi Hadirr memiliki fitur monitor waktu kunjungan klien atau client visit agar efektivitas canvassing terpantau dengan baik. Hadirr juga memantau lokasi staff sales dengan GPS, menyimpan tanda tangan digital, dan dokumen karyawan lapangan.

Jadi, canvasser tidak perlu repot-repot memberikan laporan ke atasan.

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Jadi, canvasser tidak perlu repot-repot memberikan laporan ke atasan saat berada di lapangan karena sales manager juga dapat mengakses data-data karyawannya. 

Selain itu, juga terdapat fitur reimbursement online bagi staff penjualan untuk menekan kemungkinan kecurangan, terdokumentasi secara digital, serta memudahkan administrasi dan menghemat waktu. 

Baca Juga: Cara Membuat Skema Komisi Sales Berdasarkan Kompensasi

Nah, sekarang Anda tahu kan kelebihan Aplikasi Hadirr dapat lebih memudahkan aktivitas tenaga sales dalam menjalankan tugasnya. Kini Hadirr juga memiliki fitur Hadirr Sales yang dapat memantau pipeline dan kinerja sales perusahaan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Gunakan Aplikasi Hadirr sekarang juga agar tim sales Anda lebih efektif dan produktif!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ANIS

Annisa Nur I.
Content Writer at Hadirr