Jika Anda memiliki sebuah perusahaan, sistem presensi apa yang akan Anda terapkan untuk karyawan? Jika Anda adalah seorang karyawan, sistem presensi apa yang lebih Anda sukai?

Umumnya, perusahaan menggunakan metode presensi konvensional untuk merekam kehadiran karyawan. Berkat teknologi, terciptalah mesin absensi yang menunjang pencatatan kehadiran karyawan seperti sistem kartu, sidik jari hingga face-biometric

Hanya saja, presensi konvensional memiliki kekurangan pada akurasi data. Tindakan kecurangan karyawan masih kerap ditemukan. Padahal, data presensi karyawan sangat penting untuk menghitung upah mereka setiap periodenya.

Oleh sebab itu, inovasi terus dilakukan hingga saat ini dikenal sistem presensi online dimana karyawan bisa melakukan presensi berbasis mobile

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi Presensi Online Karyawan bagi Perusahaan

Apa Itu Mobile Presensi?

Mobile presensi merupakan sebuah sistem manajemen kehadiran karyawan yang dikelola online dan dapat diakses melalui gawai. Karena berbentuk aplikasi, mobile presensi memungkinkan karyawan untuk mencatatkan kehadiran mereka di berbagai titik, tanpa harus datang ke kantor.

Absensi sendiri sangat penting bagi perusahaan, sebab datanya akan digunakan untuk dasar penggajian karyawan, dasar pemberian cuti karyawan dan sebagai database karyawan selama bekerja. 

Aplikasi presensi berbasis mobile sangat fleksibel untuk digunakan dan sesuai dengan situasi dunia saat ini yang menuntut semua karyawan tetap produktif meski tidak harus berada di dalam kantor.

Dengan menerapkan absen online, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan dalam pengelolaan karyawan, terutama berkaitan dengan kepersonaliaan.

Mengapa Penggunaan Presensi Berbasis Mobile Layak untuk Dipertimbangkan?

Mari mengenal lebih jauh tentang mobile presensi. Anda perlu mengetahui apa yang membuat sistem presensi online harus digunakan. Berikut alasannya :

Memiliki Fitur yang Lengkap dan Anti Ribet

Mobile presensi memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang absen digital. Pada dashboard tersedia fitur unggulan daily attendance di mana karyawan bisa mengunggah selfie dan live spot sebagai bukti kehadiran. Divisi HR selaku admin bertugas memantau dan memberikan approval. 

Jika Anda berpikir aktivitas absen online akan ribet, sama sekali tidak. Fitur yang lengkap bisa dinikmati dalam satu aplikasi yang sudah dirancang ramah pengguna berbagai usia dan berbagai spesifikasi gawai, jadi akan praktis banget!

Cocok Digunakan untuk Berbagai Sistem Kerja

Perusahaan Anda memberlakukan sistem bekerja jarak jauh, sistem hybrid hingga remote working? Tak masalah! Absen online bisa menyesuaikan berbagai sistem yang diterapkan di perusahaan dan instansi Anda. Bahkan bisa mendukung sistem shift juga. Fleksibilitas absen digital sudah tak diragukan lagi.

Data Tersimpan Aman dan Tersaji Akurat

Selain takut ribet, sebagian orang khawatir akan jaminan keamanan data mereka. Aplikasi presensi berbasis mobile didukung sistem keamanan SSL (Secure Socket Layer) yang mampu melindungi data sensitif karyawan. Semua data tersimpan aman dalam cloud tepercaya.

Selain itu, mobile absensi terhindar dari risiko human error akibat salah perhitungan. Rekapitulasi kehadiran karyawan dilakukan otomatis, sehingga Anda bisa langsung mengakses laporan rekapannya di dashboard admin.

Memangkas Budget Operasional Perusahaan

Yang paling menarik dari presensi mobile adalah kemampuannya dalam menghemat biaya perusahaan untuk pengadaan mesin absensi yang tentu tidak murah, apalagi jika Anda memiliki banyak cabang perusahaan. Presensi bisa dilakukan dalam genggaman tangan saja dan budget tersebut bisa dialihkan untuk keperluan lainnya.

Terintegrasi Langsung dengan Sistem Penggajian

Data-data kehadiran yang terdapat dalam mobile presensi terintegrasi dengan sistem payroll, sehingga mempermudah penghitungan dan pendistribusian upah karyawan otomatis. Hal ini akan mempermudah pekerjaan HR dalam administrasi penggajian.

Hal yang Dibutuhkan Sebelum Menggunakan Presensi Online

Apakah Anda sudah mulai tertarik mencoba mobile presensi? Jangan lupa perhatikan hal berikut sebelum melakukan instalasi mobile presensi pada perusahaan Anda :

Menentukan Kebijakan Perusahaan yang Mendukung

Sebelum menggunakan presensi online, pastikan perusahaan Anda sudah mempersiapkan kebijakan yang mendukung. Misalnya bagaimana sistem kerja di perusahaan, kapan jam masuk dan jam pulang, bagaimana sistem lembur dan shift karyawan dan pada titik mana saja karyawan diizinkan untuk melakukan absensi. Absensi mobile akan menyesuaikan kebijakan perusahaan Anda.

Baca Juga: 5 Keuntungan Aplikasi Sales Mobile bagi Perusahaan

Persiapkan Dana dan Data yang Diperlukan untuk Implementasi Sistem

Penggunaan absen online biasanya dikenakan biaya langganan, namun jangan khawatir, dananya lebih terjangkau. Anda bisa menyiapkan data guna membuat akun khusus untuk admin perusahaan seperti user name dan password. Jika mengalami kendala, manfaatkan layanan bantuan dan konsultasi yang tersedia.

Sosialisasikan Kebijakan kepada Karyawan

Berikan pengarahan dan sosialisasi terhadap karyawan setelah semua selesai disusun. Mulai dari sistem presensi terbaru, perekaman wajah, cara penggunaan dan tanya jawab apabila ada yang tidak mereka mengerti. Untuk awal-awal, Anda bisa melakukan uji coba dulu agar dapat mengevaluasi kebijakan yang sudah disusun sebelumnya.

Pencatatan Kehadiran dengan Mobile Presensi Hadirr

Aplikasi absensi mobile merupakan terobosan yang memudahkan semua pihak, baik perusahaan maupun karyawan. Anda bisa memilih Hadirr sebagai aplikasi absen digital yang tepat untuk perusahaan.

aplikasi WFH

Hadirr, aplikasi presensi mobile terbaik di Indonesia terbukti sudah menjadi andalan banyak usaha, dari tingkat UMKM, perusahaan hingga instansi pemerintah. 

Baca Juga: Tanya Jawab: Cara Pakai Aplikasi Absen (Presensi) Hadirr untuk WFH

Fitur mobile presensi yang dimiliki Hadirr mampu mendeteksi lokasi berbasis GPS. Informasi tersebut tersedia secara real-time di dashboard admin. Karyawan hanya perlu melakukan absensi selfie dan serahkan pada Hadirr untuk memvalidasi wajah mereka. 

Presensi bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Jika Anda sudah tertarik dengan mobile presensi, silakan coba Hadirr dan nikmati layanan terbaik lainnya!

Aplikasi Absensi Online Hadirr