Aplikasi sales mobile merupakan terobosan sistem absensi online yang cocok untuk pekerjaan sales support. Aplikasi ini memudahkan pekerjaan sales admin dalam melakukan rekap aktivitas harian sales. 

Penerapan sistem absensi sales secara online bukan tanpa sebab. Eksistensi pekerjaan sales berperan besar dalam sebagian pemasukan perusahaan. Tak heran, perusahaan gencar memberikan bonus sebagai reward pencapaian target. Namun, kendala yang selalu dialami sales dalam meningkatkan produktivitas mereka adalah sistem absensi.

Baca Juga: Aplikasi Sales Tracking Ini Tingkatkan Produktivitas Bisnismu

Ternyata, masih banyak perusahaan yang meminta sales untuk absen manual di kantor. Apakah perusahaan Anda adalah salah satunya? Tidak masalah, apabila sistem tersebut diterapkan pada karyawan yang banyak menghabiskan waktu di kantor.

Namun, absensi manual tidak cocok bagi tim sales. Karena mereka lah yang turun langsung ke wilayah yang menjadi target pasar, menemui dan mengadakan meeting bersama klien. Untuk pekerjaan sales yang sangat bergantung pada uang dan waktu, absen sales yang manual sangat tidak efisien, bukan?

Melalui aplikasi sales mobile, tim sales tidak perlu datang lagi ke kantor hanya untuk absen. Mereka bisa melaporkan kehadiran dan daftar aktivitas kunjungan klien mereka secara online. Anda bisa mengakses dan mengawasi mereka dari jarak jauh karena laporan absensi sales dan laporan kunjungan sales terekam secara real-time dalam aplikasi

Selengkapnya, mari simak 5 keuntungan penggunaan aplikasi sales mobile bagi perusahaaan berikut :

Hemat Biaya Operasional

Aplikasi sales mobile tidak memerlukan pemasangan mesin absensi di kantor sehingga Anda dapat menghemat biaya operasional perusahaan. Anda hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi dan menggunakannya di telepon genggam. 

Anda juga bisa meminta karyawan sales untuk mengunduh aplikasi agar mereka melaporkan kehadiran melalui fitur absensi selfie dalam aplikasi. Mereka tinggal mengambil swafoto sebagai bukti kehadiran.

Cegah Korupsi Waktu

Aplikasi sales mobile memiliki fitur monitoring waktu kerja sales. Anda pasti khawatir dengan integritas sales di lapangan, terutama yang sering korupsi waktu. Misal, meeting kliennya hanya 1 jam, tapi “bersantainya” bisa 2 jam. 

Selain verifikasi kehadiran melalui swafoto, absensi online juga didukung teknologi Global Positioning System (GPS) agar posisi tim sales dapat dilacak. Mereka tentu tidak bisa memanipulasi data absen, karena data digital tersebut sudah tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

Anda juga bisa meminta mereka untuk mencatat aktivitas hariannya, termasuk memberikan keterangan sedang menemui klien mana dan perusahaan apa. Anda tidak perlu khawatir lagi masalah korupsi waktu.

Efisiensi Mobilitas

Absensi manual memang menghabiskan banyak energi sales untuk datang ke kantor. Bayangkan, apabila mereka harus menemui klien yang posisinya lumayan jauh, tapi berangkat ke kantor dulu pada pagi hari untuk absen. Belum lagi absensi pulang pada sore hari. 

Sistem absensi manual di kantor menyebabkan sales menjadi bolak-balik. Hal ini tentu akan berdampak besar pada efisiensi mobilitas mereka, bukan? Tidak efisien juga dari segi waktu dan biaya perusahaan Anda. Fitur monitoring pekerjaan sales akan membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi mobilitas sales.

Cegah Risiko Hilangnya Invoice

Dalam situasi tertentu, sales terpaksa harus menggunakan uang pribadinya untuk kegiatan yang berkaitan dengan operasional dan pekerjaan kantor saat melakukan rapat dengan klien di luar kantor. Oleh karena itu, mereka harus melakukan klaim reimbursement ke bagian keuangan.

Dokumen bukti pembayaran atau invoice sales berupa kertas, sehingga rentan hilang atau tercecer. Aplikasi sales mobile tidak hanya membantu dalam merekap data kehadiran saja, tapi juga memudahkan prosedur mengajukan reimbursement secara online dengan meng-upload invoice. Risiko hilangnya invoice pun bisa dicegah.

Pantau Kinerja Sales Lebih Mudah

Sales Tracking sangat perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tim sales benar-benar produktif di lapangan. Anda akan mudah memantau kinerja mereka di aplikasi sales mobile dengan mengakses dokumen meeting karyawan sales Anda.  

Anda pun juga bisa melakukan analisis terkait keputusan bisnis perusahaan yang berkaitan dengan laporan kehadiran mereka. Laporan kinerja yang diperlukan bisa diunduh tanpa perlu menunggu tim sales selesai mencapai targetnya.

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika beralih menggunakan aplikasi sales mobile. Aplikasi sales yang terkemuka di Indonesia adalah Hadirr. Aplikasi mobile attendance ini memiliki sejumlah fitur yang akan mendukung Anda merasakan 5 keuntungan di atas.

  1. Fitur absensi digital untuk monitor kehadiran karyawan sales di berbagai lokasi secara cepat dan mudah. Anda bisa deteksi lokasi mereka dengan GPS dan absensi selfie. Informasi kehadiran akan tersedia real-time di dashboard admin.
  2. Fitur client visit untuk mencatat jadwal kegiatan kunjungan klien secara real-time, sehingga akan memudahkan Anda memantau waktu dan kinerja karyawan sales. Laporan akan tersedia otomatis dan bisa Anda unduh dengan sekali klik.

“Dengan Hadirr saya bisa terbantu dalam memantau kinerja dan pencapaian aktif outlet serta target penjualan tim sales saya.”

-Joko Junianto, Supervisor Sales PT Sinar Asia Perkasa

Fitur reimbursement online untuk tekan kecurangan dan kehilangan invoice dalam pengajuan klaim reimbursement. Dokumentasi digital yang anti ribet, anti manipulasi dan hemat kertas!

Masalah monitoring waktu kerja dan efisiensi pekerjaan sales yang banyak dialami oleh perusahaan dapat memberikan dampak yang masif apabila tidak segera diatasi. Hadirr menjadi solusi teknologi yang tepat karena tidak hanya memudahkan Anda dalam monitoring pekerjaan sales, tetapi juga menghemat biaya operasional perusahaan Anda.

Baca Juga: 7 Keunikan Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Apabila Anda masih menerapkan absensi sales langsung di kantor, sekaranglah saat yang paling tepat untuk beralih menggunakan Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Yosie Rizkha Amaf