Catat 3 Kelemahan Absensi Barcode Berbasis Web Karyawan – Sistem barcode sering ditemukan dalam keseharian Anda. Contoh terdekatnya dapat dilihat pada kemasan produk yang Anda beli. 

Di ujung kemasan, terdapat susunan garis vertikal berwarna hitam dan putih dengan ketebalan berbeda yang menyimpan detail data produk, contohnya kode produksi dan tanggal kadaluarsa produk.

Tidak hanya untuk mengidentifikasi produk saja, Anda juga bisa menerapkan sistem absensi menggunakan barcode di perusahaan.

Baca Juga: Fake GPS Android Tak Mempan di Aplikasi Absen Ini

Apa Itu Absensi Barcode Berbasis Web?

Absensi barcode berbasis web adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat dan mengelola kehadiran karyawan melalui penggunaan barcode dan scanner. Aplikasi ini biasanya dapat di-install pada ponsel maupun diakses melalui web.

Fitur absensi barcode tergolong lengkap, seperti fitur jam real time, absensi masuk dan pulang, scan barcode, informasi absensi, master data, hingga laporan analitik kehadiran karyawan.

Dengan adanya sistem absensi barcode, pencatatan kehadiran karyawan diharapkan menjadi lebih mudah dan murah. Seperti yang Anda ketahui, penggunaan sistem absensi lain seperti mesin fingerprint membutuhkan anggaran yang besar untuk pengadaan dan pemeliharaannya.

Kelemahan Sistem Absensi Barcode

absensi barcode berbasis web
Absensi barcode berbasis web karyawan | Hadirr

Absensi barcode memiliki beberapa kelemahan, di antaranya :

1. Risiko karyawan titip absen

Absensi barcode atau qr code dapat memicu timbulnya kecurangan, di mana oknum karyawan nakal menitipkan ID card-nya kepada rekan kerja. Fatalnya jika kerja sama dilakukan dengan admin sistem absensi sendiri.

Kebiasaan buruk ini mengganggu aktivitas operasional perusahaan, menghambat penyelesaian pekerjaan, dan merugikan secara materi.

Baca Juga: 7 Pilihan Sistem Absensi Berbasis Web Terbaik

2. Tidak efektif untuk sistem kerja jarak jauh

Penggunaan absensi barcode kurang cocok untuk perusahaan dengan sistem kerja jarah jauh, sebab menyulitkan pemantauan lokasi karyawan.

Ada sistem barcode yang mampu mengidentifikasi lokasi, tapi karena barcode bisa dititipkan pada orang lain, tentu data kehadiran menjadi kurang valid kebenarannya.

3. Label barcode mudah rusak

Jika karyawan tidak menjaga label barcode-nya dengan baik, tentu rawan kerusakan. Barcode yang rusak tidak bisa terbaca oleh scanner. Fatalnya, karyawan tercatat tidak masuk kerja, padahal labelnya yang bermasalah.

Solusinya adalah dengan cetak label baru, namun hal ini menunjukkan bahwa barcode juga menghabiskan waktu jika bermasalah.

Cegah Risiko Manipulasi Data dengan Aplikasi Absensi Selfie

absensi selfie

Itulah penjelasan mengenai qr code absensi berbasis web pada perusahaan. Selain sistem tersebut, ada juga sistem absensi lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti aplikasi absensi selfie

Kelebihan absen selfie apk adalah kemudahan dalam memantau kehadiran karyawan dalam banyak lokasi, menghemat pengeluaran perusahaan untuk pengadaan dan pemeliharaan mesin absensi yang mahal, menyimpan data karyawan dengan aman, serta minim kecurangan.

Selain itu, aplikasi ini juga cocok digunakan untuk karyawan WFH, remote working, hingga hybrid working

Teknologi nirsentuh dari absensi selfie sangat mudah dan fleksibel digunakan. Karyawan cukup melakukan selfie dengan ponsel masing-masing.

Hadirr, Pilihan Aplikasi Absensi Terbaik untuk Perusahaan

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Semua kelebihan dari absensi selfie ditawarkan oleh aplikasi Hadirr, sebuah sistem absensi berbasis web yang memiliki fitur absensi selfie berbasis GPS (Global Positioning System).

Cara Hadirr mencegah manipulasi data adalah dengan teknologi face biometric untuk pengenalan wajah karyawan dan teknologi GPS untuk mendeteksi lokasi pengambilan absensi selfie.

Data kehadiran akan tercatat real time, bahkan HR admin tidak bisa campur tangan untuk memanipulasi data kehadiran karyawan. Sistem yang dimiliki Hadirr menjadi solusi digital atas permasalahan kenakalan karyawan dan kerepotan rekapitulasi data yang kerap dialami HR.

Baca Juga: Ragam Laporan Absensi Karyawan yang Wajib HRD Ketahui

Tersedia laporan kehadiran otomatis yang nantinya dapat terintegrasi langsung dengan sistem penggajian. Masih banyak fitur manajemen karyawan lainnya yang dimiliki Hadirr.

Bila Anda tertarik beralih dari absensi barcode dan mencoba aplikasi absensi Hadirr, segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA

Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.