Mengenal Aplikasi Kehadiran Pegawai yang Aman dan Akurat – Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih produktif, disiplin, dan berintegritas, pemerintah menggalakkan reformasi birokrasi selama dua dekade terakhir. Langkah strategis yang ditempuh yaitu penegakan disiplin pegawai negeri sipil.

Pentingnya Kedisiplinan Pegawai Negeri

Selama ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) masih lekat dengan label negatif terkait kedisiplinan. Misalnya, kebiasaan datang terlambat, “korupsi waktu” dengan bolos saat jam kerja dan tidak masuk tanpa alasan yang jelas. 

Kebiasaan tersebut terlanjur melekat menjadi stigma sebab kurang tegasnya pemberian sanksi dan lemahnya pengawasan terhadap pegawai. Bahkan, ditemukan kasus pegawai bolos kerja selama setahun dan dibiarkan begitu saja.

Baca Juga: Praktis! Cara Absensi Online bagi Karyawan dan Keakuratannya

Apabila dibiarkan lebih lanjut, hal ini akan berdampak pada kualitas pelayanan publik. yang terhambat dan lambat. Padahal, ASN merupakan unsur utama SDM instansi pemerintah yang berperan dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pembangunan negara.

Sebab itu, diperlukan penegakan disiplin ASN untuk menyadarkan pegawai akan tugas pokoknya sebagai instrumen negara yang memiliki tanggung jawab mengabdi untuk kepentingan publik.

Aturan Disiplin Pegawai Terbaru dan Sanksi Pelanggarannya

Penegasan kembali eksistensi dari ASN diwujudkan melalui PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) per 31 Agustus 2021 lalu. Pasal 4 poin f memuat kewajiban pegawai negeri untuk masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja.

Apabila tidak menaati peraturan, maka PNS akan dikenakan hukuman disiplin yang dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu :

Pelanggaran tingkat ringan

Pelanggaran disiplin ringan dilakukan oleh PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama tiga hingga sepuluh hari kerja dalam setahun. Sanksi yang dijatuhkan berupa :

aturan disiplin pegawai terbaru
Aturan disiplin pegawai terbaru

Pelanggaran tingkat sedang

Pelanggaran disiplin sedang dilakukan oleh PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 11-20 hari kerja dalam setahun. Sanksi yang dijatuhkan berupa pemotongan tunjangan kinerja (tukin) :

aplikasi kehadiran pegawai
Aplikasi kehadiran pegawai

Baca Juga: 5 Fakta Sistem Keamanan Data Absensi Karyawan

Pelanggaran tingkat berat

Pelanggaran disiplin berat dilakukan oleh PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 21-28 hari kerja dalam setahun atau 10 hari kerja terus menerus. Sanksi yang dijatuhkan berupa :

disiplin pegawai negeri sipil
Disiplin pegawai negeri sipil

Contoh Absensi Pegawai 

Umumnya, laporan kehadiran pegawai dibuat dan dikelola manual dengan Excel, berikut contoh rekap absen pegawai bulanan :

Absensi online pegawai
Absensi online pegawai Excel

Permudah Pengelolaan Kehadiran Pegawai dengan Baktiku

Merujuk pada reformasi birokrasi yang diusung untuk memperketat disiplin pegawai, pengelolaan absen pegawai bisa dikelola lebih mudah dengan menggunakan aplikasi kehadiran pegawai seperti Baktiku.

Baktiku adalah versi lain dari aplikasi absen digital Hadirr yang dikembangkan khusus untuk melayani kebutuhan presensi instansi pemerintah. 

Jika Anda merupakan atasan atau pejabat berwenang instansi yang sedang mencari tahu kelebihan aplikasi kehadiran pegawai, berikut alasan mengapa Baktiku adalah solusi yang tepat untuk kelola kehadiran pegawai:

Mencatat kehadiran pegawai real-time dan bebas kecurangan

Baktiku bisa mencatat kehadiran dan menghitung jam lembur di lokasi yang sudah disetujui melalui gawai. Jadi, Anda bisa langsung tahu mengenai ASN yang datang terlambat dan tidak masuk kerja saat itu juga. Serahkan pada Baktiku untuk rekap absensi otomatis mingguan atau bulanan.

Baktiku didukung teknologi face recognition. Pegawai cukup melakukan absen selfie saja di gawai masing-masing, lalu sistem di aplikasi akan memvalidasi wajah mereka dan merekam kehadiran otomatis. Hal ini menyebabkan pegawai tidak bisa lagi mencurangi data kehadiran.

Memantau mobilitas kunjungan dinas pegawai

Ingin tahu posisi pegawai Anda saat perjalanan dinas? Baktiku akan membantu Anda untuk memantau lokasi pegawai dengan teknologi GPS. Tambahannya, pegawai bisa menyimpan tanda tangan digital dan dokumen perjalanan dinas agar tidak tercecer.

Mengurus reimbursement anti ribet

Pegawai bisa mengajukan klaim online dengan mengunggah dan menyimpan dokumen pengeluaran serta pembayaran dari kantor. Baktiku menekan celah pegawai untuk memanipulasi pengeluaran.

Mengukur produktivitas pegawai

Anda bisa mengukur seberapa baik manajemen waktu kerja pegawai dalam aplikasi Baktiku, misalnya melihat durasi yang dibutuhkan pegawai untuk menyelesaikan setiap tugasnya.

Bagaimana Aplikasi Kehadiran Pegawai Baktiku Menjaga Keamanan Data Pegawai?

Aplikasi kehadiran pegawai Baktiku didukung oleh sistem keamanan berlapis, yaitu : 

  1. Layanan penyimpanan cloud terbaik di dunia dari Amazon Web Services (AWS).
  2. Sistem keamanan data sekelas perbankan dengan Security Socket Layer (SSL) 256-bit.
  3. Enkripsi untuk mengacak data sehingga tidak bisa dibaca pihak lain.
  4. Backup multiserver 24/7

Baca Juga: Transformasi Digital HR di BUMN

Dengan sistem berlapis tersebut, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kehilangan data saat salah satu server down. Data pegawai Anda dalam aplikasi Baktiku hanya dapat diakses oleh pemilik username dan kata sandi, sehingga akan tetap aman.

Agar tidak ragu lagi, Anda bisa coba gratis layanan absensi online pegawai Baktiku terlebih dahulu. Nikmati kemudahan mengelola PNS dengan Baktiku.

Aplikasi Presensi Pegawai

Writer: Yosie Rizkha Amaf