Istilah Dalam Dunia Sales agar Tidak Bingung, Wajib Tahu! – Dalam perusahaan, pekerjaan sales biasanya dilakukan sebuah tim yang bertanggungjawab atas aktivitas penjualan barang dan jasa kepada konsumen atau pelanggan. Sales merujuk pada kegiatan penjualan dan orang yang melakukannya disebut salesman.

Pengertian sales berbeda dengan marketing. Perbedaannya terdapat pada fokus aktivitas yang dilakukan. Sales fokus pada penjualan, sementara marketing berfokus pada penarikan minat calon pelanggan.

Proses penjualan tim sales terdiri atas beberapa tahapan, mulai dari membangun hubungan dengan pelanggan, menawarkan produk, hingga proses transaksi.

Kegiatan sales didasari oleh tiga komponen utama, yaitu batasan wilayah penjualan, barang dan jasa yang ditawarkan, dan pelanggan yang ditargetkan. Dapat dikatakan bahwa sales menjadi penentu dari berhasil atau tidaknya bisnis Anda.

Untuk mengenali seputar sales lebih dalam, berikut akan diuraikan rangkuman informasi fungsi sales beserta istilah dan singkatan yang umum dikenal dalam dunia sales. Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: Sales Tracking System : Manfaat dan Cara Mengoptimalkannya

Apa Saja Fungsi Sales bagi Perusahaan?

Aktivitas sales berpengaruh terhadap produksi dan keuntungan yang diraih perusahaan. Inilah fungsi sales untuk perusahaan atau bisnis Anda :

a. Membantu perusahaan memperoleh laba

Apabila aktivitas sales terkelola baik, maka bisnis akan mendapatkan laba atau keuntungan penjualan yang maksimal. Setiap bisnis tentu saja mengupayakan berbagai strategi supaya laba yang diperoleh terus meningkat. 

Tujuannya agar bisnis dapat berjalan lancar dan berkembang pesat.

b. Meraih sales volume yang ditargetkan

Jika laba merujuk pada jumlah uang yang dihasilkan, sales volume menitikberatkan pada jumlah unit yang berhasil terjual dalam periode tertentu. 

Sales volume tidak hanya memberikan informasi laba yang akan Anda peroleh, namun juga membantu pembuatan keputusan yang baik dalam bisnis.

c. Mendukung bisnis berkembang pesat

Semakin tinggi angka penjualan, semakin tinggi laba yang diraih. Uang ini akan dikelola untuk mendukung perkembangan bisnis selanjutnya. 

Pertumbuhan bisnis diperlukan untuk meningkatkan daya saing kompetitif agar bisnis Anda mampu merebut peluang dan mendominasi pasar.

Baca Juga: Pelajari Cara Menaikkan Sales Retail Melalui 9 Tips Ini

Daftar Istilah Umum dalam Dunia Sales

Adanya tahapan-tahapan sales melahirkan sejumlah istilah dalam dunia sales. Anda perlu mengetahui semua istilah tersebut agar tidak kebingungan dalam memahami peran dan tanggung jawab tim penjualan.

istilah dalam dunia sales
Istilah Dalam Dunia Sales agar Tidak Bingung, Wajib Tahu! | Hadirr

a. Sales person (tenaga penjual)

Sales person ialah orang yang menentukan apakah sales yang dilakukan berhasil atau tidak, karena mereka berhadapan langsung dengan calon pembeli. 

Ada dua tugas utama sales person. Pertama, mendatangkan pembeli baru. Kedua, mempertahankan loyalitas pelanggan supaya selalu membeli ulang produk perusahaan Anda.

b. Prospek (calon konsumen)

Prospek ialah calon konsumen, pembeli, atau pelanggan yang memiliki potensi dalam melakukan transaksi penjualan. Orang yang masih belum ada kecenderungan minat terhadap produk Anda juga dapat dikatakan sebagai prospek. 

Prospek bisa berbentuk individu, kelompok, maupun organisasi. Contoh strategi prospecting yang dilakukan sales person seperti warm calls, email marketing, penjualan lewat sosial media (social media selling).

c. Deal (kesepakatan dan persetujuan)

Saat tercapainya kesesuaian antara produk yang dijual dengan harga yang ditawarkan, maka terjadilah deal atau kesepakatan. 

Bentuk kesepakatan ini adalah terjadinya transaksi. Sales person dapat mengatur rencana transaksi sesuai kebutuhan dan kondisi melalui pemanfaatan CRM.

d. Sales pipeline (saluran pipa)

Dalam dunia sales, istilah sales pipeline akan sering Anda dengar dikarenakan istilah ini mengacu pada semua langkah proses penjualan, baik yang sudah maupun yang sedang berlangsung. 

Dengan adanya sales pipeline dengan visual yang terstruktur, tim sales lebih mudah mengawasi jumlah pembeli potensial, melihat progress calon konsumen sampai terjadinya transaksi, dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

e. Sales plan (rencana penjualan)

Sales plan memuat tujuan bisnis, target pasar, strategi penjualan, hingga potensi risiki yang akan dihadapi bisnis dalam jangka waktu panjang. 

Sales plan dibuat selaras dengan rencana perusahaan atau business plan, sebab akan menjadi acuan perkembangan tim dan perkembangan sales call.

Baca Juga: Perbedaan KPI dan OKR dalam Penilaian Kinerja

Jenis-Jenis Salesman Berdasarkan Pembagian Perannya

Setelah memahami fungsi dan istilah dalam dalam aktivitas sales, sekarang waktunya mengenal apa saja jenis-jenis salesman berdasarkan peran yang diemban.

istilah dalam dunia sales
Kumpulan istilah dalam dunia sales | Hadirr

1. Sales representative

Sales representative menempati posisi entry-level atau tingkat dasar dalam perusahaan. Sebutan lainnya yang umum dikenal ialah Account Representative, Sales Trainee, Brand Ambassador, B2B Corporate Sales, dan lain sebagainya.

Sales representative langsung berperan menjual barang dan jasa. Biasanya dibagi menjadi dua bidang. Inside sales menjual produk melalui platform dan telepon, outside sales menjual produk dengan tatap muka bersama prospek dan pelanggan.

2. Sales management atau Koordinator

Fungsi sales management tidak bisa dianggap remeh, sebab mereka mengambil andil dalam memenangkan kompetisi bisnis, menurunkan pengeluaran operasional, dan menaikkan keuntungan.

Posisi ini berada setingkat di atas sales representative, membawahi mereka. Umumnya, Anda mengenal posisi ini dengan sebutan sales manager. Contoh sebutan lainnya yaitu Area Sales Manager, Business Development Manager, dan Account Manager.

3. Tim administratif penjualan (sales administrative)

Sesuai namanya, tim ini berperan dalam bagian administrasi penjualan. Mereka bertanggungjawab menangani dokumen penjualan, melakukan pemeriksaan kebenaran setiap dokumen, hingga membuat laporan penjualan.

Sales administrative yang juga dikenal sebagai Sales Coordinator ataupun Admin Penjualan ini juga melakukan kegiatan analisis data tren dan menjadi penghubung dengan tim marketing.

4. Account executive

Singkatan dalam dunia sales untuk posisi ini adalah AE. Tugas AE adalah menangani dan mengelola klien perusahaan yang sebelumnya didapatkan oleh Sales Representative. Jadi, AE bertanggungjawab untuk klien yang sudah ada.

AE sering ditugaskan keluar untuk mengajukan penawaran dan proposal, sehingga mereka wajib memiliki pengetahuan produk yang luas dan tren industri terkini.

5. Executive-level management

Posisi ini menduduki tingkat teratas di Divisi Sales. Eksekutif bertanggungjawab atas efektivitas dan efisiensi kinerja tim secara keseluruhan, serta mengatur strategi penjualan jangka panjang.

Sebagai pemimpin tim penjualan, eksekutif bertugas memastikan target penjualan mampu tercapai oleh setiap manajer yang dibawahinya. Eksekutif aktif mengembangkan manajemen internal melalui segenap pelatihan.

Menggunakan Aplikasi Sales Lapangan untuk Permudah Penjualan Anda

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Mendorong bisnis agar terus maju dan berkembang, terutama dalam bidang penjualan, dapat dilakukan dengan pengelolaan bisnis yang tepat. 

Salah satu cara memaksimalkan efektivitas pengelolaan tim sales dan penjualan Anda adalah dengan menggunakan aplikasi sales lapangan seperti Hadirr

Baca Juga: Menyusun Strategi Sales yang Efektif dengan Aplikasi Monitoring

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi absensi sales Hadirr berupa :

  • Memangkas proses administrasi penjualan, sehingga membantu menghemat waktu yang bisa dimanfaatkan meraih lebih banyak closing deals.
  • Mengehemat energi sales dalam melakukan pencatatan kehadiran. Dikarenakan pekerjaan sales menuntut fleksibilitas, Hadirr menjadi pilihan terbaik untuk karyawan yang sering bekerja di lapangan, tanpa perlu bolak-balik kantor untuk presensi.
  • Memudahkan pengawasan aktivitas real-time karyawan saat berada di luar kantor untuk kunjungan klien. Keberadaan dan aktivitas mereka bisa dilacak melalui smartphone, sehingga tidak ada celah untuk coba-coba korupsi waktu.
  • Menekan biaya jika closing deals berlangsung lama. Hadirr berperan dalam mempercepat closing tersebut, sehingga pengeluaran pun dapat ditahan.

Hadir menawarkan kemampuan merekam riwayat kunjungan klien dan proses transaksi salesman dengan prospek dan pelanggan melalui fitur client visit. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pekerjaan dapat diklaim dengan memanfaatkan fitur reimbursement online. Terakhir, gunakanlah absensi sales Hadirr untuk mencatat kehadiran karyawan sales Anda.

Kini saatnya menggunakan teknologi aplikasi sales Hadirr untuk bisnis Anda. Ayo segera berlangganan untuk mendapatkan manfaat lainnya.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA