Pelajari Cara Menaikkan Sales Retail Melalui 9 Tips Ini – Usaha ritel, atau disebut dengan pengecer merupakan aktivitas penjualan barang dan jasa langsung kepada konsumen akhir dalam jumlah satuan (eceran).

Contoh bisnis retail yang menjanjikan, terutama setelah adanya pandemi ialah usaha retail sembako, fashion, buah dan sayur, hingga alat kesehatan. 

Usaha ritel menawarkan keuntungan yang besar, namun dengan tantangan yang kompleks pula. Anda bisa melihat salah satu contohnya dalam perubahan cara konsumen dalam berbelanja.

Perkembangan digital membuat konsumen lebih nyaman berbelanja dari rumah, sehingga toko ritel mulai sepi pengunjung.

Dalam menghadapi era ritel digital modern ini, Anda membutuhkan keunggulan yang membedakan bisnis Anda dari pesaing yang lain. Lantas, bagaimana cara mengelola bisnis ritel agar omset bisnis Anda selalu meningkat?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Salesman untuk Bisnismu

Mengapa Meningkatkan Penjualan Itu Penting?

Penjualan memegang peranan penting dalam bisnis ritel, sebab ada produk yang harus dijual dan pebisnis membutuhkan pendapatan berlaba optimal untuk menjaga keberlangsungan usaha dalam jangka panjang.

Dengan adanya peningkatan penjualan, maka omset pun akan naik, bahkan memungkinkan Anda meraih keuntungan berkali lipat.

Peningkatan angka penjualan mendorong bisnis semakin berkembang, sehingga tidak menutup kemungkinan jika bisnis ritel Anda menguasai pasar sebagai market leader.

Perkembangan bisnis memerlukan upaya untuk menambah modal dan meningkatkan persaingan dengan kompetitor lain. Lambat laun Anda memerlukan tambahan karyawan retail sehingga lapangan pekerjaan baru pun dibuka.

9 Rahasia Cara Menaikkan Sales Retail

cara menaikan sales retail
Rahasia cara menaikan sales retail | Hadirr

Banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempertahankan performa usaha, salah satu caranya ialah dengan cara menaikkan sales retail. Berikut ini 9 rahasia cara menaikkan penjualan retail yang dapat Anda pelajari :

1. Mengutamakan kualitas produk dan pelayanan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menumbuhkan brand loyalty atau kepercayaan pelanggan untuk tetap memilih produk dan jasa yang Anda tawarkan, termasuk ketika terjadi perubahan harga. 

Brand loyalty bisa diperoleh melalui dua cara, yaitu mempertahankan kualitas barang dan jasa yang dijual dan memastikan pelayanan pelanggan selalu diberikan dengan baik.

2. Menciptakan suasana belanja yang nyaman bagi pelanggan

Terlibat dengan pelanggan sangat perlu dilakukan, berlaku baik untuk bisnis ritel toko maupun online

Contohnya, memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk melihat produk yang dijual, tanggap dalam membantu pelanggan yang ingin bertanya seputar produk. 

3. Mengoptimalkan seluruh media pemasaran

Untuk mempercepat peningkatan penjualan, lakukanlah promosi agar semakin banyak yang mengetahui produk Anda (brand awareness). Promosi bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan untuk melakukan pembelian. 

Agar target pasar meluas, manfaatkan semua media pemasaran, contohnya memasang media promosi di jalanan, menawarkan produk ke instansi atau komunitas. Selain itu, juga mengoptimalkan seluruh platform dan media online.

4. Menerapkan strategi upselling yang efektif

Mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal yang mudah, sebab membutuhkan lebih banyak upaya dan biaya. Strategi up selling untuk mempertahankan pelanggan lama efektif meningkatkan pendapatan. 

Caranya mendorong pelanggan Anda membeli produk yang lebih mahal dengan kualitas lebih baik dan menawarkan produk lain yang berkaitan dengan produk yang pelanggan beli.

5. Mengatasi persaingan dengan kompetitor

Lingkungan bisnis yang kompetitif akan mendorong Anda untuk terus berinovasi. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi persaingan ini adalah meriset siapa kompetitornya, menunjukkan keunikan dan keunggulan bisnis Anda.

Baca Juga: Perbedaan KPI dan OKR dalam Penilaian Kinerja

6. Merawat kesetiaan pelanggan

Sebagai orang yang bergerak di bisnis ritel, usahakan untuk memiliki informasi kontak pelanggan seperti alamat e-mail untuk memberikan informasi mengenai paket menarik dan promo potongan harga.

Informasi ini biasanya membuat pelanggan merasa senang dan beralih menjadi pelanggan tetap. Pelanggan tetap adalah aser yang berharga, masukan dari mereka pun juga berharga untuk perkembangan bisnis Anda.

7. Memberikan bukti testimoni dan review pelanggan

karyawan retail
Cara meningkatkan omset dan produktivias karyawan retail | Hadirr

Keberadaan rating, testimoni dan review pelanggan adalah bentuk bukti kuat kepercayaan pelanggan terhadap usaha retail Anda. Hal ini dikarenakan keputusan pembelian seorang pengunjung dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan yang lain. 

Tampilkan testimoni dan review pada platform jualan Anda. Selain untuk membangun kredibilitas, testimoni menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat pelanggan.

8. Menerapkan strategi bundling dan garansi produk

Promosi bundling menggabungkan dua produk berbeda dalam satu paket promosi, biasanya dilabeli paket hemat. Pelanggan tertarik membeli dikarenakan harganya lebih murah dibandingkan membeli eceran.

Selain itu, penambahan garansi produk memberikan rasa aman berbelanja bagi pelanggan, sehingga meski harga barang yang Anda tawarkan cukup tinggi, pelanggan telah percaya.

9. Menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa karyawan sales

Keberhasilan penjualan dipengaruhi oleh performa dari karyawan ritel dan sales Anda. Untuk mendorong produktivitas mereka secara praktis dan fleksibel, gunakanlah teknologi perangkat lunak pengelola sales retail, seperti aplikasi sales Hadirr. 

Aplikasi Hadirr membantu bisnis mengoptimalkan keuntungan yang diperoleh melalui manajemen tenaga penjualan. Terdapat beberapa fitur unggulan, di antaranya fitur sales visit untuk memantau real time kunjungan ke pelanggan atau suplier, mencatat lokasi sales lapangan, menyimpan dokumen dan tanda tangan digital. 

Baca Juga: Inilah Contoh Laporan Sales dan Cara Membuatnya

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Hadirr juga menjadi solusi untuk memantau kehadiran karyawan retail dan sales Anda. Melalui fitur absensi sales, ekspresi wajah dan keberadaan sales bisa dilacak dengan mudah, tanpa harus ikut terjun ke lapangan juga. 

Memilih teknologi yang tepat dan menjalankan strategi yang efektif akan meningkatkan sales retail Anda. Serahkan pada Hadirr untuk membantu Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA