Pemanfaatan CRM Salesman untuk Keberhasilan Penjualan Anda – Dalam menjalankan bisnis yang menjangkau pelanggan di seluruh negeri ataupun lintas negara, Anda akan kesulitan melakukan interaksi dengan pelanggan satu per satu, bukan?

Akibatnya, terjadi kesenjangan dalam merespon kebutuhan pelanggan yang menghambat proses penjualan.

Melalui teknologi, kendala-kendala perusahaan dalam membangun hubungan pelanggan kini bisa diatasi dengan mudah menggunakan sistem CRM (Customer Relationship Management).

Sistem ini membantu Anda membangun hubungan pelanggan lebih baik sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca Juga: Begini Strategi Sales Call untuk Raih Untung Maksimal

Apa Itu CRM Salesman?

Alur kerja sales dalam penjualan dimulai dari menarik prospek, mengubah prospek menjadi pelanggan, retensi pelanggan yang sudah ada, dan pengembangan hubungan pelanggan. 

Karena alur kerja tersebut cukup panjang dan tidak mudah dilakukan, maka diciptakanlah solusi praktis sales management bernama CRM Salesman, sebuah aplikasi untuk mengelola seluruh aktivitas sales dalam pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.

CRM sudah menjadi strategi perusahaan dalam meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Anda bisa melihat bagaimana setiap transaksi dari sudut pandang pelanggan, lalu mengidentifikasi langkah yang tepat dalam meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk yang tim sales Anda tawarkan.

Selain itu, CRM salesman mengatur data pelanggan secara otomatis, melacak komunikasi dengan prospek, mengirim pengingat untuk menindaklanjuti prospek, hingga merekam aktivitas sales dengan pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Sistem CRM

Ketika Anda mampu menerapkan CRM dengan baik, terdapat sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan :

1. Sales monitoring lebih praktis

aplikasi CRM Salesman
Manfaat Aplikasi CRM Salesman untuk Keberhasilan Penjualan Anda | Hadirr

Sales monitoring menjadi lebih praktis karena Anda bisa update real-time lokasi sales, titik pengambilan presensi, aktivitas sales dengan pelanggan dan jumlah stok barang setelah transaksi pengiriman. Aplikasi CRM salesman sangat fleksibel untuk mengelola mobilitas dan performa tim sales agar bekerja lebih cepat dan efisien dalam mencapai target.

2. Penyederhanaan alur kerja sales

CRM salesman menyederhanakan proses pemeliharaan prospek dan pelanggan, contohnya otomatisasi pemasaran, tim sales, layanan pelanggan, manajemen saluran, pengetahuan, dan call center. Dengan terpangkasnya tugas administratif, tim sales tinggal fokus membangun hubungan bermakna dengan pelanggan.

Baca Juga: Aturan Pemotongan Gaji Berdasarkan Absensi

3. Pemusatan sumber informasi dan data

CRM salesman dirancang sebagai solusi satu pintu yang cocok untuk berbagai skala bisnis. Seluruh informasi tersimpan rapi dan aman dalam cloud, serta mudah diakses dari mana saja. Informasi terpusat membantu sales mengambil keputusan tanpa khawatir terlambat mengetahui pembaharuan informasi dan perubahan tugas.

4. Kebebasan kustomisasi fitur yang dibutuhkan

CRM salesman memungkinkan Anda kustom fitur sesuai kebutuhan perusahaan dengan harga yang wajar. CRM berbasis cloud lebih hemat biaya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya langganan bulanan yang terjangkau. 

5. Mempercepat closing deals penjualan

Pelanggan lebih yakin bertransaksi jika mendapatkan respon yang cepat dan tepat. Melalui CRM salesman, proses closing deals menjadi lebih cepat. Anda juga bisa memeriksa deals yang sedang berlangsung dalam sales pipeline.

Tips Meraih Keuntungan Maksimal dengan CRM

aplikasi monitoring salesman
Keuntungan menggunakan aplikasi monitoring salesman | Hadirr

Keberhasilan memanfaatkan CRM salesman dapat membangun kelompok pelanggan yang lebih besar dan meraih keuntungan maksimal untuk bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips mengoptimalisasi CRM salesman untuk meraih pendapatan dan keuntungan maksimal.

1. Gunakan media sosial agar selalu terhubung dengan pelanggan

Pelanggan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan media sosial, sehingga database pelanggan dalam sistem CRM dapat dimaksimalkan untuk menjual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah ada. Menjaga hubungan pelanggan sangat berkaitan dengan citra positif perusahaan Anda.

2. Meminta feedback pelanggan secara rutin

Feedback pelanggan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan yang diberikan. Tidak sulit dilakukan karena sales bisa andalkan media sosial, survey, email, hingga kolom komentar. Jika ada keluhan dan testimoni negatif, harus segera diatasi agar bisnis Anda tidak dipandang buruk.

3. Perbaiki kualitas salesman

Kualitas salesman dapat dilihat dari tanggapnya mereka dalam pemasaran, selalu memberi apresiasi pada pelanggan setia, meminta saran kepada pelanggan yang sudah ada, dan tak lupa meminta feedback untuk pengembangan produk. Gunakan data prospek dalam sistem CRM untuk mempercepat transaksi.

4. Mengelompokkan tim sales

Agar produk yang ditawarkan menjangkau lebih banyak pelanggan pada wilayah yang luas dan strategis, buatlah segmentasi sales. Indikator pembagiannya bisa berdasarkan letak geografi, divisi produk, jenis kelompok klien dan sebagainya.

5. Melacak setiap proses deals yang dilakukan

Karena tim sales berpencar di berbagai titik, Anda harus memastikan progress deals yang berlangsung dengan monitoring berkala, seperti memantau alur transaksi sudah sampai mana, apakah sudah pembayaran atau sudah dilakukan pengiriman barang.

Aplikasi Hadirr sebagai CRM Salesman Berbasis GPS Terbaik

Aplikasi sales tracking
Aplikasi sales tracking Hadirr

Peluang kesalahan komunikasi, perbedaan prioritas, dan zona waktu, menjadikan banyak perusahaan beralih menggunakan aplikasi monitoring salesman, terutama yang mampu terintegrasi sistem CRM salesman

Aplikasi Hadirr siap membantu bisnis Anda. Dengan menggunakan Hadirr, Anda bisa menjalankan CRM sales dengan baik, memantau aktivitas sales visit di lapangan real-time, mengetahui jadwal dan aktivitas kunjungan klien, serta merekam data meeting klien otomatis.

Baca Juga: 7 Rahasia Keberhasilan Kunjungan Salesman, Wajib Dicoba!

Hadir berbasis teknologi face biometric dan GPS sehingga bisa diandalkan untuk absensi digital dan pelacakan lokasi. Tim sales juga bisa mengajukan klaim dana dengan fitur reimbursement online.

Fitur yang dimiliki Hadirr menunjukkan visibilitas penjualan dalam operasi bisnis Anda. Hadirr terintegrasi dengan sistem CRM agar bisnis Anda meraih lebih banyak keuntungan!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA