Pernah melihat salesman yang keliling untuk menawarkan produk? Nah, salesman tersebut sedang menerapkan strategi penjualan dengan menggunakan sales canvas.

Istilah sales canvas bukan hal baru dalam dunia bisnis. Potensi kenaikan angka penjualan dengan memanfaatkan tenaga sales canvas cukup tinggi, lho. Anda mau coba? Pahami sales canvas dari A-Z di sini, ya.

Pengertian Sales Canvas

Pengertian sales canvas

Sales canvassing adalah metode penjualan produk atau jasa melalui sistem penawaran. Berbeda dengan sales pada umumnya, sales canvassing menitikberatkan tujuannya pada mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan penawaran.

Baca Juga: Siklus Penjualan (Sales Cycle) Bisnis Distribusi

Canvassing adalah metode penjualan produk atau jasa melalui sistem penawaran. Berbeda dengan sales pada umumnya, canvassing menitikberatkan tujuannya pada mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan penawaran.

Hal terpenting dari canvassing adalah kuantitas penawaran. Semakin banyak penawaran yang dilakukan oleh seorang sales canvas, maka semakin bagus pula potensi mendapatkan konsumen baru.

Sales canvasser adalah staff sales yang terjun langsung ke lapangan untuk menawarkan produk kepada calon pelanggan. Kebanyakan calon pelanggan yang menjadi target penawaran pun bukan pangsa pasar dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Tugas Sales Canvasser

Tugas Sales Canvasser

Tugas sales canvasser agak berbeda dengan staff sales pada umumnya. Pasalnya, seorang sales canvas akan banyak melakukan perjalanan keluar kantor, karena harus melakukan penawaran produk atau jasa sebanyak-banyaknya kepada calon konsumen.

Perbedaan canvasser dan sales yang biasa kita jumpai sebenarnya tidak terlalu signifikan, karena keduanya harus melakukan penjualan. Bedanya, canvasser akan menawarkan produk kepada orang awam yang bahkan bukanlah merupakan target pasar hingga orang tersebut tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kuantitas penawaran merupakan indikator dari sukses atau tidaknya seorang sales canvas. Jadi, kalau kita rangkum, berikut adalah tugas sales canvasser yang harus dipenuhi.

Mengenali Target Pasar

Meskipun sales canvas dituntut untuk menawarkan produk kepada masyarakat awam, bukan berarti seorang canvasser tidak harus mengenali target pasar, ya. Target pasar juga perlu teridentifikasi dengan baik, sehingga proses penjualan pun akan semakin mulus.

Meningkatkan Penjualan

Sama seperti sales force lainnya, sales canvasser artinya juga perlu berkontribusi dalam meningkatkan penjualan. Sebenarnya, canvasser bisa melakukan penawaran di mana saja selain terjun ke lapangan.

Contoh sales canvas yang dilakukan selain melalui cara door to door adalah melalui cold call, networking, atau bisa juga melalui email dan surat.

Beberapa perusahaan juga menentukan gaji sales canvasser berdasarkan berapa banyak penjualan yang telah dicapai menggunakan cara sales canvas.

Menghadiri Berbagai Event

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membangun relasi. Nah, untuk menambah relasi, sales canvasser bisa menghadiri event-event yang relate dengan produk atau jasa yang dijual.

Dengan begitu, kesempatan sales canvas mendapatkan konsumen baru pun akan semakin luas, karena event akan dihadiri pula oleh orang-orang yang berpotensi memiliki ketertarikan yang besar pada produk yang ditawarkan.

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dalam memajukan bisnis yang Anda bangun, intimasi antara perusahaan dengan pelanggan juga perlu untuk ditingkatkan.

Hubungan antara perusahaan dengan pembeli tidak berakhir pada transaksi saja. Tapi, sales canvasser juga harus mempertahankan loyalitas pelanggan agar transaksi bisa terjadi terus menerus.

Memanfaatkan Beberapa Media Sekaligus untuk Pemasaran Produk

Melakukan penawaran dengan cara door to door memang merupakan metode yang disarankan dalam sales canvas, karena canvasser bisa membawa produk dengan jumlah banyak dan akan menjualnya secara langsung kepada calon pelanggan.

Nah, untuk meningkatkan angka penjualan, penggunaan media seperti telepon atau email juga perlu dimanfaatkan.

Baca Juga: Seputar Sales Pipeline : 6 Tahapan dan Cara Membangunnya

Manfaat Menggunakan Sales Canvas dalam Bisnis

Sales Canvas adalah
Tugas dan manfaat sales canvas adalah | Hadirr

Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan canvassing sebagai metode untuk meningkatkan penjualan.

Distribusi Produk Jadi Semakin Rata

Akses produk yang mudah akan menjadi nilai plus bagi sebuah perusahaan. Dengan canvassing, distribusi produk akan lebih teratur, sehingga konsumen pun akan mudah mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Feedback dari Target Pasar Jadi Semakin Akurat

Sistem door to door dari canvassing memberikan peluang bagi sales canvasser untuk mendapatkan data target pasar yang lebih akurat.

Data-data inilah yang nantinya akan diberikan ke produsen, sehingga produksi pun akan lebih menyesuaikan kebutuhan para konsumen.

Penetrasi Produk ke Pasar Jadi Semakin Cepat

Metode canvassing bisa diterapkan mulai dari perusahaan dengan skala kecil hingga besar. Untuk perusahaan berskala kecil, biasanya jangkauan penawaran produk tidak terlalu luas, sehingga perusahaan pun bisa menempatkan canvasser di wilayah-wilayah yang bahkan tidak terjangkau distributor. 

Probabilitas Mendatangkan Prospek Jadi Semakin Tinggi

Dengan canvassing, Anda bisa membangun komunikasi dengan target pasar yang sudah sesuai. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa sales canvas adalah SDM yang menjual barang atau jasa dengan cara menawarkan produk ke calon konsumen yang bukan merupakan target pasar.

Seorang canvasser rokok, canvasser sensus, atau canvasser dari produk dan layanan lainnya bisa melakukan metode canvassing secara langsung dengan metode door to door atau melalui media lainnya.

Optimalkan Kinerja Sales dengan Hadirr App

cta sales canvas

Untuk memiliki sales canvas yang kompeten dan mampu meningkatkan penjualan, pengelolaan staff sales tentu saja harus dilakukan dengan benar.

Dalam praktiknya, canvassing memerlukan manajemen SDM dan keuangan yang baik mengingat biaya operasional canvassing dengan menggunakan sales canvas tidaklah sedikit.

Karena sales canvasser adalah kunci dari kesuksesan penerapan canvassing, maka penting bagi Anda memiliki tenaga sales canvas yang bisa diandalkan. Untuk itu, cobalah gunakan aplikasi sales lapangan, Hadirr Sales, untuk memantau kinerja canvasser perusahaan.

Dengan fitur client visit dari Hadirr, Anda bisa memastikan apakah tugas sales canvasser dalam mengunjungi pelanggan telah dijalani dengan baik atau tidak.

Baca Juga: Menyusun Strategi Sales yang Efektif dengan Aplikasi Monitoring

Selain itu, Hadirr juga memiliki fitur reimbursement online yang memudahkan staff sales mengajukan klaim jika ada biaya yang dikeluarkan saat proses sales canvas berlangsung.

Ada pula fitur absensi online yang akan membuat pencatatan kehadiran staff menjadi lebih efisien. Yuk, coba Hadirr sekarang dan rasakan manfaatnya

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ADR

Alfi Dini R.
Content Writer at Hadirr