Sebagai divisi yang bertanggungjawab dalam pengelolaan sumber daya manusia perusahaan, salah satu tugas utama HR adalah merekap data absensi karyawan dan membuat laporan kehadiran setiap bulannya. 

Rekap absensi karyawan berkaitan dengan keberlangsungan bisnis, sebab informasi yang dimuat akan membantu Anda dalam memastikan operasional perusahaan sudah dijalankan dengan benar, mengukur produktivitas karyawan, serta memastikan karyawan menerima upah tepat waktu.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Laporan Absensi Karyawan

Meski menjadi rutinitas tetap bulanan, ternyata tidak menjamin aktivitas rekapitulasi tersebut bisa dilakukan dengan lancar, lho. Penerapan sistem absensi dan sistem pelaporan karyawan yang tidak tepat akan menyulitkan pekerjaan Anda. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut.

Kegunaan Rekap Absensi Karyawan

Banyak kegunaan dalam rekap absensi karyawan, oleh karena itu harus dilakukan dengan benar dan akurat, di antaranya :

Melacak Kehadiran Karyawan

Setiap waktu datang dan pulang, karyawan wajib melakukan absensi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Melalui rekap absensi, Anda akan mengetahui siapa yang datang tepat waktu, terlambat, pulang lebih cepat dan yang lembur. Anda juga bisa menghitung jumlah hari ketidakhadiran sebagai pedoman dalam mengelola kehadiran karyawan agar tetap stabil.

Menghitung Jumlah Jam Kerja 

Karena rekap absensi disajikan secara periodik, Anda dapat menghitung total jam kerja karyawan, lalu menganalisisnya terhadap capaian target kerja mereka setiap bulan. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mempertimbangkan dan mengalokasikan beban kerja yang sesuai dengan karyawan berdasarkan informasi yang disajikan.

Sebagai Acuan Perhitungan Gaji dan Tunjangan

Rekap kehadiran karyawan memuat informasi yang menjadi indikator dalam perhitungan upah karyawan. Misal, terdapat data jumlah hari ketidakhadiran karyawan dan hari lembur, sehingga perhitungan gaji dan tunjangan dapat mengacu pada data tersebut. 

Baca Juga: Contoh Pembagian Shift Kerja di Restoran

Kendala Pengelolaan Rekap Absensi 

Aktivitas rekap absensi karyawan menuntut Anda untuk bekerja cepat dengan hasil akurat. Namun, pekerjaan Anda bisa terkendala karena beberapa faktor :

Jumlah Karyawan yang Banyak

Rekap data untuk usaha yang kecil lebih mudah dilakukan karena jumlah karyawannya sedikit. Lantas bagaimana dengan perusahaan skala besar? Pemilihan cara menghitung absensi karyawan menggunakan Excel biasa akan menyulitkan pekerjaan Anda dalam merekap, karena rawan kesalahan hitung dan menghabiskan banyak waktu.

Data Kehadiran Kurang Akurat

Saat melakukan rekap, Anda kerap menemui data kehadiran yang tidak valid. Penyebabnya adalah penerapan sistem absensi yang memberikan celah bagi karyawan untuk memalsukan data kehadiran mereka. 

Hingga saat ini, sistem absensi yang populer digunakan adalah absensi karyawan manual, absen fingerprint, hingga absensi digital. Setiap sistem tersebut rawan dicurangi, bahkan belakangan marak penggunaan aplikasi fake GPS untuk memalsukan lokasi kehadiran pada absensi digital.

Keunggulan Membuat Laporan Absensi Karyawan Online dengan Hadirr

Dalam rangka mengatasi kendala-kendala yang kerap menyulitkan divisi HR dalam merekap kehadiran karyawan, maka Hadirr sebagai software absensi terpercaya di Indonesia berupaya melakukan terobosan-terobosan baru dalam fitur yang disediakan.

Berikut sederet keunggulan yang bisa Anda peroleh dari fitur-fitur yang tersedia dalam Hadirr :

Rekap Absensi Otomatis

Hadirr memiliki fitur absensi digital sehingga karyawan bisa melakukan absensi face recognition didukung teknologi GPS di berbagai lokasi. Sebagai aplikasi anti fake GPS, Hadirr bisa mendeteksi karyawan yang mencoba berbuat curang. Setelah absen, data kehadiran karyawan otomatis tersimpan dalam server cloud yang aman dan direkap otomatis. 

Kemudahan dalam Pemantauan Harian

Anda bisa melacak dan memantau progress tugas harian karyawan melalui fitur timesheet online. Di dalamnya, tercantum to-do-list karyawan, sehingga aktivitas mereka dalam menyelesaikan satu tugas ke tugas lainnya bisa dipantau dan dianalisis untuk pengalokasian beban kerja berikutnya.

Menunjang Kelancaran Shift Kerja

Membuat, mengatur dan merekap kehadiran pada perusahaan yang melaksanakan shift kerja sudah pasti ribet banget, kan? Fitur shift kerja memudahkan tugas Anda semudah “drag and drop”. Karyawan hanya perlu absen seperti biasa lewat ponsel masing-masing. 

Baca Juga: Anti Fake GPS, Aplikasi Absen Online Ini Banyak Digunakan di Indonesia

Nah, gak hanya sampai itu saja, Anda bisa telusuri keunggulan Hadirr melalui fitur-fitur lainnya. Hadirr juga akan membantu Anda untuk dalam berbagai jenis aktivitas pengelolaan karyawan yang lainnya juga. Selamat mencoba, gratis!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer : Yosie Rizkha Amaf