Masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini mendorong pemerintah menerapkan kebijakan PPKM di beberapa daerah. Berbagai kebijakan pembatasan yang sudah dilakukan pemerintah telah mendorong banyak perusahaan untuk memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah (work from home).

Pemberlakuan WFH tentu membutuhkan persiapan yang matang, terutama dari segi teknologi sebagai penopang. Dahulu, perusahaan memantau aktivitas karyawannya secara langsung, dimulai dari melihat catatan kehadiran karyawan. Jika Anda bekerja di perusahaan, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem absensi manual, kartu hingga fingerprint

Baca Juga: 5 Fakta Sistem Keamanan Data Absensi Karyawan

Semua sistem absensi tersebut memerlukan kehadiran Anda ke kantor. Seiring dengan dibatasinya aktivitas offline, pemantauan kehadiran karyawan menjadi tidak mudah dilakukan. 

Masalah-masalah baru berkaitan dengan absensi karyawan pun mulai bermunculan, salah satunya praktik kecurangan absen seperti kasus pemalsuan absensi fingerprint yang dilakukan oleh oknum ASN di Cilegon. Banyak oknum yang memanfaatkan jari petugas office boy kantor mereka untuk memalsukan kehadiran.

Kasus serupa juga terjadi di Pangandaran, dimana terungkap praktik kecurangan yang dilakukan oleh oknum ASN dengan cara mengakali absen GPS menggunakan aplikasi yang bisa memalsukan titik koordinat sang oknum.

Pada dasarnya, berkembangnya sistem absensi ternyata juga ikut mengembangkan variasi kecurangan terhadap sistem tersebut. Meski sudah ada terobosan aplikasi untuk absen online seperti diciptakannya aplikasi berbasis GPS, nyatanya masih saja ada cara mengakali absensi online, seperti kasus fake GPS di atas.

Saatnya Beralih Menggunakan Absensi Online 

Melihat semakin besarnya potensi kecurangan yang bisa terjadi, absensi dengan cara manual jelas semakin tidak relevan lagi diterapkan. Alasannya, tidak ada basis data yang bisa dikumpulkan dikarenakan karyawan yang WFH. Tidak mungkin mewajibkan mereka datang ke kantor hanya untuk absen saja, bukan?

Ketiadaan basis data ini akan berdampak pada sulitnya HR melakukan perhitungan gaji karyawan. Apabila sistem absensi dilakukan sekedarnya lewat media sosial, lama-lama perusahaan akan rugi. 

Oleh karena itu, sudah saatnya Anda dan perusahaan beralih menggunakan sistem absensi online untuk mencatatkan kehadiran karyawan. Aplikasi absensi merupakan solusi yang tepat karena proses absen online menjadi lebih mudah dan cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat dua masalah yang kerap terjadi dalam absensi, yakni kecurangan dan keamanan data. Nah, Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan beralih ke aplikasi absensi Hadirr yang sistem keamanannya sekelas Perbankan!

Keunggulan Hadirr sebagai Aplikasi Absen Karyawan 

Sebagai layanan terpercaya untuk pencatatan kehadiran karyawan, Hadirr memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut. 

Sistem Keamanan Web Sekelas Perbankan

Salah satu alasan mengapa absensi fingerprint populer digunakan adalah kemudahan dalam mengunduh data absensi, sehingga data berada di bawah kendali perusahaan. Masih banyak yang mengkhawatirkan keamanan data pada aplikasi absen online yang berada di server pihak ketiga.

Melalui Hadirr, keraguan Anda bisa dihapuskan. Hadirr menggunakan Security Socket Layer (SSL) 256-bit, sistem ini sama dengan sistem keamanan data yang umum digunakan bank untuk melindungi data sensitif nasabah. Hadirr juga menggunakan layanan penyimpanan cloud nomor satu dan terbesar di dunia, yaitu Amazon Web Service (AWS). Sudah tak diragukan lagi, bukan?

Aman dari Fake GPS

Beberapa perusahaan sudah menerapkan absensi online dibantu aplikasi yang bisa mengirimkan titik koordinat karyawan. Aplikasi ini ternyata masih beresiko besar terkena manipulasi fake GPS. Namun, hal ini tidak berlaku pada Hadirr.

Sebagai aplikasi absensi berbasis GPS, Hadirr tidak hanya berfungsi untuk mengirimkan lokasi karyawan saja, tapi juga memiliki fitur biometrik face capture untuk validasi kehadiran karyawan. Apabila karyawan mengaktifkan aplikasi fake GPS, maka aplikasi Hadirr tidak akan terbuka pada gawai mereka. 

Pemantauan Kehadiran Karyawan Jadi Lebih Mudah

Karyawan akan melakukan clock in dan clock out pada berbagai titik di seluruh dunia. Anda juga bisa menentukan titik absensi, setelah itu memverifikasi lokasi mereka. Pada perusahaan yang memiliki banyak cabang, Hadirr akan memudahkan Anda untuk memantau di berbagai tempat, karena data tersimpan secara otomatis dan real-time

Melalui kemudahan yang ditawarkan aplikasi absensi GPS seperti Hadirr, produktivitas karyawan diharapkan akan meningkat. Mereka tetap bisa fokus melakukan WFH atau remote working tanpa takut menghabiskan waktu untuk ke kantor hanya untuk absensi.

Terintegrasi dengan Aplikasi Payroll

Catatan kehadiran berhubungan langsung dengan perhitungan gaji karyawan. Hadirr terintegrasi dengan aplikasi payroll Gadjian. Cukup dengan mengimpor rekaman kehadiran dari Hadirr, maka kalkulasi komponen-komponen gaji karyawan akan dilakukan otomatis dan langsung tersaji dalam slip gaji mereka.

Sudah Digunakan Banyak Perusahaan dan Instansi Pemerintahan

Perubahan strategi dalam absensi tidak hanya dilakukan oleh perusahaan swasta. Tapi juga instansi pemerintah. Aplikasi Hadirr hadir di tengah situasi pelik perusahaan dan instansi sebab lebih praktis dan mudah digunakan, hanya bermodalkan gawai pintar dan kuota internet saja. Pengaturan WFO, WFH hingga shift kerja jadi lebih mudah!

Contoh instansi pemerintah yang menggunakan aplikasi Hadirr antara lain Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Lembaga Sensor Film (LSF), Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Baca Juga: Solusi Digital HR Bantu Perusahaan BUMN

Hadirr memudahkan kegiatan operasional sekaligus menekan biaya secara efektif. Apabila perusahaan Anda memerlukan sistem absensi online berbasis Android dan iOS yang tepat untuk memantau karyawan, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan fitur absen online Hadirr untuk menikmati sejumlah kemudahan lainnya. Tertarik mencoba?

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer : Yosie Rizkha Amaf