Karyawan merupakan tulang punggung perusahaan karena berkat keterampilan mereka akan membuat usaha dapat berkembang. Itulah sebabnya perusahaan perlu melakukan manajemen karyawan yang baik, agar dapat meraih tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Apa saja tips yang bisa dilakukan perusahaan untuk bisa memiliki manajemen karyawan yang efisien? Berikut pembahasan selengkapnya!

Baca Juga: Tips Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan

Tips Manajemen Karyawan Perusahaan

1. Buat Lingkungan Kerja Nyaman dan Positif

Lingkungan kerja yang nyaman dan positif bisa membuat karyawan terpengaruh dan termotivasi untuk memberikan kinerja terbaik bagi dirinya maupun perusahaan. Misalnya, menyediakan fasilitas yang lengkap dan mendapat dukungan dari leader atau business owner

2. Transparan pada Karyawan

Hati-hati jika berbohong atau menyembunyikan informasi yang berkaitan dengan bisnis, karena akan mengurangi rasa hormat karyawan. Jadi, pastikan sebagai leader, Anda memiliki sikap yang terbuka dan jujur ​​pada seluruh tim. 

3. Leader Memberikan Kepercayaan dan Kesempatan untuk Tumbuh

Semua karyawan pasti ingin diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk bertumbuh. Pasalnya, kepercayaan yang diberikan dan kesempatan bertumbuh menjadi salah satu bagian motivasi karyawan.

4. Berikan Contoh Teladan

Selain memimpin, salah satu tugas dari leader yaitu dengan menunjukkan contoh yang baik sehingga dapat menginspirasi karyawan. Bimbinglah mereka dengan contoh nyata dari perilaku Anda sebagai pemimpin. 

5. Berkomunikasi dengan Efektif dan Terbuka

Hindari menjadi atasan yang ditakuti bawahannya. Tapi, jadilah atasan yang dihormati dan dipercaya bawahannya. Bagaimana caranya? Terapkan komunikasi terbuka dengan karyawan. Cara ini menjadi salah satu kunci dari manajemen karyawan.

Baca juga: Panduan Membuat Peraturan Perusahaan dan Contohnya

6. Penghargaan Karyawan Secara Periodik

Manajemen yang baik juga perlu memberlakukan pemberian reward karyawan secara periodik sebagai bentuk apresiasi. Penghargaan bagi karyawan menjadi tanda menghargai upaya mereka.

Salah satu bentuk penghargaan kinerja yang biasa diberikan yaitu sistem kompensasi berbasis prestasi dalam bentuk kenaikan gaji, jabatan, dan pemberian bonus.

7. Memiliki Tujuan dan Sasaran Jelas

Memiliki dan menyampaikan tujuan serta sasaran yang jelas juga menjadi salah satu bagian dari manajemen dalam perusahaan. Coba beritahu karyawan apa yang Anda inginkan dan langkah-langkah untuk mencapainya. Berilah batas waktu agar mereka tahu kapan harus mencapai tujuan ini. 

8. Memberikan Feedback terkait Kinerja Karyawan 

Memberikan feedback tiap beberapa bulan atau satu tahun sekali bisa menjadi langkah untuk manajemen kinerja karyawan. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu membuat key performance indicator (KPI) untuk masing-masing karyawan. 

9. Berikan Pelatihan 

Terakhir, langkah manajemen tenaga kerja yaitu perlu memberikan pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan karyawan. Tujuannya akan membuat mereka lebih siap untuk melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan memberikan kontribusi lebih pada perusahaan.

Permudah Sistem Manajemen Kinerja dengan Aplikasi Hadirr

aplikasi WFH
Absensi online android | Hadirr

Agar sistem manajemen karyawan semakin praktis, bukan hanya menerapkan tips di atas. Penggunaan teknologi juga akan sangat membantu, salah satunya melalui aplikasi Hadirr.

Hadirr adalah aplikasi presensi online yang memudahkan Anda melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara real-time dan bisa memonitornya dari jarak jauh. 

Dengan dilengkapi teknologi GPS dan face recognition, Hadirr dapat mengurangi kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Baca juga: Inilah Cara Mengukur Produktivitas Kerja Karyawan

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur lain seperti shift kerja yang akan memudahkan Anda melakukan pembagian jam kerja karyawan.

Aplikasi Hadirr sangat mudah digunakan karena tidak perlu melakukan pengaturan berkali-kali. Cukup sekali diatur di awal dan bisa langsung digunakan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ER