Sistem absensi konvensional sudah tak lagi relevan di era sekarang. Sebab sudah ada banyak teknologi mesin absensi bermunculan yang bisa diaplikasikan dalam operasional perusahaan. Salah satu teknologi absensi modern tersebut adalah mesin absensi wajah.

Meski tergolong modern dan impresif, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum menggunakan metode absensi satu ini. Padahal hasil scan absensi wajah jauh lebih akurat dibandingkan mesin absensi kartu dan mesin sidik jari. 

Di mana mesin absensi kartu dan sidik jari rawan akan kecurangan dan gagal scan saat kulit jari mengelupas, terluka, atau kotor.

Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut kelebihan dan kelemahan mesin absensi wajah.

Baca Juga: Kelemahan Absen Wajah di Android

Kelebihan Mesin Absensi Wajah

1. Proses scan yang lebih praktis

Teknologi absensi wajah, salah satu opsi paling praktis jika Anda ingin memberikan kemudahan bagi karyawan dalam perusahaan terkait masalah kehadiran. Karyawan hanya perlu berdiri di depan mesin absensi dan kehadiran pun akan tercatat.

2. Hasil scan yang lebih akurat

Dengan teknologi biometrik , hasil scan mesin absensi wajah jauh lebih akurat dibandingkan Anda menggunakan mesin absensi lain seperti sidik jari. Di mana sidik jari rawan kotor atau mengalami kerusakan yang membuatnya sulit untuk diidentifikasi oleh mesin. 

3. Meminimalisir terjadinya kecurangan

Menggunakan alat absensi wajah, Anda bisa melihat wajah karyawan pada saat datang ke kantor dan/atau saat pulang.

Selain itu, juga terdapat teknologi absensi wajah online di smartphone. Sehingga karyawan yang bekerja dari luar kantor atau sedang memiliki jadwal untuk bertemu dengan klien tetap bisa melakukan pencatatan kehadiran.

4. Lebih higienis

Pandemi yang mewabah beberapa tahun belakangan membuat banyak orang mulai berhati-hati untuk berinteraksi dengan orang lain. Bahkan untuk menyentuh barang atau fasilitas umum pun.

Dengan absensi wajah, ‘Anda dapat meminimalisir kontak antar karyawan melalui perangkat absensi. 

5. Teknologi yang lebih modern

Banyak layanan penyedia jasa absen wajah yang sudah menerapkan teknologi biometrik. Teknologi yang memungkinkan wajah seseorang dapat dikenali dari segi bentuk dan proporsi mukanya. 

Baca Juga: Review Aplikasi Absensi Face Recognition Karyawan

Kelemahan Mesin Absensi Wajah

Mesin Absensi Wajah
Kelemahan Mesin Absensi Wajah | Hadirr

Jika dilihat dari fitur dan kelebihan yang ditawarkan, mesin absensi wajah seakan tidak memiliki kekurangan. Satu-satunya kelemahan teknologi absensi wajah terletak pada harganya yang cukup pricey jika dibandingkan dengan sistem absensi yang lain.

Mengingat teknologi yang diadopsi oleh mesin absensi wajah ini terbilang cukup mutakhir sehingga tak heran jika vendor yang menyediakan layanan absen wajah ini membandrolnya dengan harga tinggi.

Prinsip Kerja Sistem Absensi Berbasis Wajah

Prinsip kerja sistem absensi berbasis wajah ini kurang lebih mirip dengan teknologi face recognition dalam smartphone Anda yang bisa membuka kunci ponsel dengan mengenali wajah pemiliknya.

Untuk proses implementasinya, Anda harus mendaftarkan wajah karyawan ke dalam database karyawan di mesin absensi saat pengaturan awal.

Nantinya, karyawan hanya perlu menghadapkan wajahnya di depan mesin pemindai. Lalu, secara otomatis mesin ini akan mengkonfirmasi dan mencocokkan wajah yang dilihatnya dengan data yang sudah ada di sistem sebelumnya. 

Absensi Praktis Cukup dengan Selfie Pakai HadirrApp

Nah, jika Anda tertarik mengadopsi teknologi face recognition dengan mengutamakan efisiensi budget, tenaga dan waktu. Hadirr jadi salah satu opsi yang patut Anda pertimbangkan.

Hadirr adalah aplikasi absensi wajah online berbasis cloud yang dapat digunakan untuk memudahkan para pelaku usaha maupun staf HR dalam memantau kinerja setiap karyawan secara real-time.

Aplikasi Hadirr dilengkapi dengan teknologi GPS dan face recognition, sehingga meminimalisir kecurangan yang dilakukan karyawan nakal.

Baca Juga: 10 Tips Membangun Disiplin Kerja Karyawan Ala HRD

Selain itu, Hadirr juga memiliki fitur timesheet online yang memungkinkan karyawan mencatat daftar pekerjaan harian mereka melalui smartphone dan Anda bisa memantau tingkat produktivitasnya.

Mulai dari Rp 12 ribuan/karyawan saja, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan memberikan kemudahan bagi para staf HR dan karyawan yang bekerja dalam perusahaan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, beralih ke Hadirr sekarang juga!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YAS